10 Air Terjun Keren di Bogor untuk “Melarikan Diri” Sejenak di Akhir Pekan

Setiap hari bertemu dengan kemacetan, teriknya matahari, dan gedung-gedung yang menjulang tinggi di ibukota, tentunya membuat kamu yang tinggal di Jakarta terkadang ingin “melarikan diri” ke tempat yang jauh lebih adem dan sejuk. Tapi apa daya, sisa cuti sudah habis dan waktu yang paling mungkin digunakan untuk escape adalah di akhir pekan – terpaksa deh niat untuk liburan ke tempat yang jauh harus diurungkan.

Jangan khawatir, kamu nggak usah pergi jauh-jauh kok untuk menemukan suasana alam yang serba hijau dan menyejukkan. Cukup melipir saja ke Bogor. Aksesnya pun mudah, bisa dengan kendaraan pribadi, bis, atau kalau mau praktis naik commuter line dengan waktu tempuh hanya sekitar 1 jam perjalanan.  Dan di Bogor, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang menyejukkan untuk menjernihkan pikiran dan memulihkan energi.

Buat referensi liburan akhir pekan yang akan datang, inilah beberapa air terjun paling cantik (dari sekian banyak) yang terdapat di Bogor.

Dan jangan lupa, untuk mempermudah liburan akhir pekan kamu di Kota Hujan, pesanlah kamar hotel murah dari ZEN Rooms yang tersebar di Bogor.

 

  1. Curug Pangeran

Lokasi: Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor

Photo Credit: @yudhieyudhiestira

Meski lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Bogor, namun aksesibilitas untuk menuju ke air terjun yang elok ini tergolong mudah. Air terjun ini cocok sekali buat kamu yang ingin “nyepi” dalam suasana yang tenang dan sejuk, karena belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Meski tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini memiliki keindahan tersendiri dengan airnya yang jernih, apalagi kolam alami di bawah air terjun tersebut terlihat begitu mengundang untuk direnangi.

 

  1. Curug Bidadari

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor

Photo Credit: @andiastori

Awalnya, air terjun ini bernama Curug Bojong Koneng, tapi setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park, namanya diganti jadi Curug Bidadari. Mungkin untuk mengundang para bidadari mandi di sini. Meskipun tempat wisata alami, namun air terjun ini dikelola dengan cukup profesional. Terdapat kolam buatan yang cukup besar di dekat air terjun tersebut yang dapat dimanfaatkan untuk tempat bermain air dengan berbagai wahana yang aman bagi anak-anak. Fasilitas makan minum pun sudah lengkap. Jadi tinggal berangkat!

 

  1. Curug Ngumpet

Lokasi: Gunung Salak Endah, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor

Photo Credit: @divia_bink

Sesuai namanya, lokasi air terjun ini agak sedikit ngumpet alias tersembunyi. Mungkin itu yang membuat pesonanya semakin bikin siapapun penasaran. Kondisi airnya pun benar-benar jernih. Di bawah air terjun juga terdapat sebuah kolam mini alami kalau kamu mau menceburkan diri. Untuk kamu yang tak dapat berenang dapat duduk-duduk sembari menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi curug tersebut sekaligus merasakan udara segar pegunungan sambil foto-foto.

 

  1. Curug Leuwi Hejo

Lokasi: Kampung Wangun Cileungsi, Sentul, Bogor

Photo Credit: @buditryantoro

Size doesn’t matter. Meski kecil, tapi keindahan air terjun ini tak perlu disangkal lagi. Sebutan Leuwi Hejo bermula dari pancaran air jernih aliran Sungai Cileungsi yang berwarna kehijauan. Nama itu yang diabadikan warga setempat pada air terjun ini sejak lama. Curug Leuwi Hejo ini merupakan air terjun mini yang ditampung kolam berwarna jernih. Tak hanya bening, air terjun ini juga terasa dingin. Dari Sentul kita hanya butuh waktu 1 jam untuk sampai di parkiran wisata air terjun curug Leuwi Hejo. Di sepanjang perjalanan pengunjung akan di suguhi pemandangan yang asri. Hamparan sawah hijau terlihat begitu indah tertata.

 

  1. Curug Cibadak

Lokasi: Kampung Loji, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong

Photo Credit: @lianasofiani

Curug Cibadak terletak dalam Taman Nasional Halimun dan Gunung Salak (TNHGS).  Curug ini dapat terlihat jelas dari ibukota kecamatan, terutama setelah turun hujan. Yang unik dari air terjun ini adalah aliran airnya yang bercabang menjadi dua. Dibingkai oleh pepohonan rindang nan hijau di sekelilingnya, dari jauh saja air terjun ini sudah terlihat spektakuler. Untuk menuju ke sini kamu harus melintasi sebuah jembatan gantung yang asyik juga untuk spot foto-foto. Usai bermain air, kamu bisa singgah ke pusat penangkaran Elang Jawa yang lokasinya tak jauh.

 

  1. Curug Cigamea

Lokasi: Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor

Photo Credit: @annisasha_

Dari pintu gerbang Curug Cigamea, keindahan curug ini sudah bisa kamu lihat dari atas. Namun, jika ingin lebih jelasnya maka kamu harus turun ke bawah dan waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit sampai di lokasi. Tenang, kondisi jalan menuju lokasi curug sendiri sudah cukup baik yaitu dengan jalan setapak yang terbuat dari batu serta tersusun rapi dalam bentuk susunan anak tangga dengan diberi pembatas pagar besi. Bahkan di beberapa bagian jalan tersedia tempat peristirahatan berupa shelter untuk beristirahat sambil menikmati keindahan air terjun dari kejauhan.

 

  1. Curug Cihurang

Lokasi: Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor

Photo Credit: @dhee_luck

Lokasi Curug Cihurang tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Lokasinya masih berdampingan dengan jalan sepanjang Taman Nasional Gunung Salak. Memasuki kawasan wisata air terjun Curug Cihurang, kamu bakal disambut oleh pesona keindahan dari pohon pinus yang banyak terdapat di sana. Daun yang rimbun dan cuaca sejuk membuat suasana sekitar begitu nyaman untuk dijelajahi. Di bagian bawah air terjun juga terlihat sebuah kolam alami. Kamu pun bisa menikmati keindahan yang ada di sini sambil duduk-duduk di saung yang ada di sekitar air terjun.

 

  1. Curug Cadas Ngampar

Lokasi:  Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor

Photo Credit: Aroengbinang Travelog

Berada di kawasan wisata Gunung Salak Endah Bogor, suasana asri akan kamu temukan di air terjun ini, karena masih sangat sedikit sekali sentuhan kaki dan tangan manusia. Tak terlalu jauh Curug Cadas Ngampar terdapat pula Curug Putri dan Curug Panganten yang letaknya sedikit terpisah,. Bila berkunjung ke sana, kamu akan melewati jalan berbatu menurun ditemani hutan pinus di sebelah kiri dan kanan jalan.

 

  1. Curug Leuwi Lieuk

Lokasi: Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Bogor

Photo Credit: @photolucu

Dijuluki sebagai Green Canyon-nya Bogor, Leuwi Lieuk berada dalam satu wilayah dengan Curug Leuwi Hejo. Akan tetapi, untuk berkunjung ke lokasi ini diperlukan tenaga ekstra, karena kamu perlu mendaki dan memutari bukit dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Mengingat lokasinya yang agak sulilt dan masih jarang dikunjungi, Leuwi Lieuk bisa disebut sebagai air terjun tersembunyi.  Keunikan dari air terjun ini adalah lokasinya yang diapit dinding tebing. Perpaduan antara dinding tebing kecokelatan dan birunya air membuat Leuwi Lieuk sangat Instagrammable.

 

  1. Curug Cibaliung

Lokasi:  Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Photo Credit: @hizkiawizano

Air terjun ini tak telalu tinggi tetapi deras serta jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska serta lebih tampak terang ketika musim panas. Menyusuri sungainya adalah kelebihan sendiri. Selain kejernihan airnya, bebatuan raksasa di sekitarnya juga menampilkan keindahan tersendiri, sekilas bikin kita lupa kalau lokasinya tak terlalu jauh dari Kota Jakarta. Dianjurkan tidak untuk berkunjung ke tempat ini ketika musim penghujan, karena jalur menuju ke sini cukup licin.

 

 

 

Leave a Reply