10 Barang yang Wajib dibawa Saat Backpackeran

Apakah salah satu resolusi kamu tahun ini adalah backpacker-an?

Tak peduli apakah kamu berencana jalan-jalan selama satu minggu atau satu bulan penuh sekalipun sambil “ngebolang”, beberapa hal sebaiknya masuk dalam daftar bawaanmu.

Selain memilih tas ransel/carrier yang sesuai atau pakaian dan alas kaki yang tepat, ada hal-hal “printilan” lain yang kelihatannya sepele namun amat berguna di perjalanan, terutama jika kamu memilih gaya liburan backpackeran.

Apa sajakah itu? Catat baik-baik dan cek apakah kamu sudah punya atau belum!

 

  1. Sleeping Bag Liner

Harga: Rp119.500

Mereka yang memutuskan backpackeran biasanya memilih tinggal di hostel atau penginapan murmer. Namun sayangnya nggak semua hostel atau penginapan murmer itu kebersihannya terjamin. Tak hanya bisa dipakai sebagai alas tempat tidur, kantung tidur praktis ini didesain dengan bahan yang kuat dan nyaman serta dapat melindungi kamu dari udara dingin, terutama bila terpaksa harus bermalam di luar ruangan (terminal, bandara, dll.). Dan satu hal yang pasti, beratnya hanya 0.5 kg. Bahkan dalam keadaan terlipat bisa muat di kantong depan tas ransel! Praktis, kan?

 

  1. Security Money Belt

Harga: Rp126.000

Karena lebih sering berada di “jalan”, keamanan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh para traveler yang melakukan backpacker. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan, misalnya kecopetan, maka sabuk penyimpanan ini adalah barang yang amat bermanfaat. Dengan sabuk ini, kamu bisa menyimpan uang, kartu kredit, tanda pengenal, paspor dan sebagainya, lalu kenakanlah sabuk yang berukuran tipis tersebut di bawah pakaian atau kemeja. Risiko kecopetan pun akan berkurang!

 

  1. Universal Plug Adaptor

Harga: Rp30.000

Saat bepergian, apalagi jika ke luar negeri, kamu akan menjumpai berbagai jenis colokan listrik yang berbeda. Jangan sampai kamu manyun dan mati gaya karena nggak bisa nge-charge ponsel, kamera atau bahkan laptop untuk mengupdate travel blog hanya gara-gara colokannya nggak pas.

 

  1. Dry Towel

Harga: Rp90.000

Membawa handuk yang lembap dan menyimpannya di dalam ransel selama berhari-hari bisa menimbulkan bakteri dan aroma yang tidak sedap. Untung saja sekarang sudah ada handuk yang terbuat dari bahan mikrofiber yang tipis, namun mampu menyerap cairan dengan maksimal serta cepat kering. Selain cocok buat para traveler, handuk mikrofiber ini biasanya juga jadi favorit di kalangan para atlet.

 

  1. Eye Mask

Harga: Rp35.000

Karena ingin berhemat, tak dapat dipungkiri banyak pelaku backpacker yang lebih memilih tidur di perjalanan ketimbang harus menyewa akomodasi. Kalau kamu termasuk orang yang sulit tidur saat di kendaraan, mungkin alat yang satu ini bisa membantumu untuk lebih mudah beristirahat meskipun langit di luar masih terang benderang.

 

  1. Travel Lock

Harga: Rp109.000

Saat berada di kereta atau pesawat terbang, ada kalanya kita begitu nyenyak tertidur sampai-sampai tak mampu mengawasi tas ransel/carrier yang kita simpan di tempat penyimpanan atau di bawah kaki. Dengan menguncinya menggunakan gembok, kemungkinan tangan-tangan jahil mengutak-atik isi tasmu juga akan semakin kecil. Gembok ini juga amat bermanfaat untuk menjaga barang bawaan jika kamu memilih menginap di hostel/dormitory dan berada sekamar dengan banyak orang asing yang belum kamu kenal.

 

  1. Dry Bag

Harga: Rp41.000

Jika salah satu destinasi atau tujuan liburan kamu kali ini bakal ada acara naik perahu atau menyeberangi sungai, maka sebelumnya simpan dahulu barang-barang bawaanmu yang bisa rusak jika kena air (ponsel, kamera, jam tangan, buku, laptop, dll.) ke dalam dry bag ini. Tas ini juga amat berguna jika kamu bepergian saat musim hujan. Bahannya memang dirancang khusus agar tak setetespun air atau bahkan debu bisa menembusnya. Nggak perlu bawa yang besar, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

 

  1. Ear Plugs

Harga: Rp59.000

Tangisan bayi di dalam pesawat atau kereta api tentunya bakal mengganggu perjalananmu, apalagi kalau waktu tempuhnya berjam-jam. Agar kamu bisa beristirahat sepanjang di perjalanan (atau di hotel, kalau hotelmu berada di jalanan yang bising), maka alat penyumbat telinga ini bisa membuat suasana menjadi lebih sunyi dan damai. Sebaiknya pilihlah ear plugs yang terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan agar bisa digunakan berkali-kali.

 

  1. Slim Power Bank

Harga: Rp205.000

Tak selamanya kamu bisa dengan mudah colokan listrik dalam perjalanan. Jika kondisi baterai ponsel atau kamera sudah mulai sekarat, maka solusi yang tercepat adalah dengan menggunakan power bank. Pilihlah power bank yang ukurannya tidak terlalu “gendut” namun mampu menyimpan daya listrik yang banyak. Dan jangan lupa untuk mengisi ulang power bank setiap malam sebelum tidur.

 

  1. Mosquito Repellent

Harga: Rp135.000

Para penggemar backpacker biasanya suka berkunjung ke daerah-daerah tropis, alam terbuka dan tempat-tempat yang banyak serangganya. Jangan sampai pulang liburan kamu malah terserang malaria atau penyakit lain yang ditularkan lewat gigitan serangga. Oleh karena itu bawalah selalu semprotan atau losion anti serangga di bagian-bagian tubuh yang terbuka. Semprotan ini juga amat berguna saat hendak tidur untuk menghindari gigitan nyamuk yang mengganggu.

Leave a Reply