10 Cafe dan Restoran di Ubud dengan Pemandangan Keren Memanjakan Mata

Deretan perbukitan, hamparan sawah bak permadani hijau, serta aliran sungai yang jernih dan eksotik merupakan sebagian dari hal yang membuat Ubud selalu menjadi tempat liburan favorit banyak orang.

Ya, berbeda dengan kawasan Kuta, Legian, Nusa Dua atau Seminyak, Ubud terletak di dataran tinggi Kabupaten Gianyar, sehingga sudah pasti memiliki bentang alam yang berbeda dibandingkan dengan lokasi-lokasi populer di pesisir pantai tersebut.

Meskipun terbilang jauh dari pantai, buktinya tetap banyak saja orang datang ke Ubud. Entah untuk merasakan suasana Bali yang jauh lebih tenang, atau sekadar menikmati pemandangan alamnya. Salah satu cara ideal menikmati keindahan alam Ubud adalah dengan menghabiskan waktu di café-café ber-view keren yang jumlahnya cukup banyak.

Tapi agar kamu tak bingung mau memilih yang mana, kami telah memilihkan beberapa di antaranya yang paling memesona.

Jika kamu memutuskan hendak lebih banyak menghabiskan waktu di Ubud, inilah beberapa rekomendasi kamar hotel murah di Bali dari ZEN Rooms yang bisa kamu pilih.

 

  1. Terracotta Restaurant

Alamat: Jl. Raya Lungsiakan, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 898 9700

Jam Buka:  07.00 – 23.00

Photo Credit: Terracotta Restaurant

Dengan pemandangan sawah yang memukau, Terracotta Restaurant menawarkan suasana tenang untuk menemani makan siang atau malam kamu. Begitu datang,singgahlah dulu di bar dan cicipi beberapa pilihan cocktails yang disajikan dengan buah segar sambil bersantai di sofanya yang nyaman. Puas “pemanasan”, baru kita pilih tempat duduk yang menyajikan pemandangan terbaik untuk bersantap. Menu andalan di sini adalah Rijsttafel, yaitu sajian berupa nasi putih dengan berbagai lauk pauk serta sayuran pendamping. Dijamin puas!

 

  1. Murni’s Warung

Alamat: Jl. Raya Campuhan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 975 233

Jam Buka:  09.00 – 23.00

 

Photo Credit: hendrikfatur, AnnetteJE

Kalau kamu kerap bolak-balik ke Ubud, maka nama tempat yang satu ini pasti sudah taka sing lagi. Maklum saja, karena Murni’s Warung merupakan salah satu “pemain lama” di sini. Awalnya tempat ini hanya merupakan warung makan sederhana, namun seiring perjalanan waktu, kini menjadi tempat makan dan nongkrong yang menawarkan pemandangan terindah di Ubud. Lokasinya di termasuk di pusat kota dan mudah dijangkau, namun berada di 4 lantai menurun di bibir lereng dengan view pepohonan rindang dan aliran sungai yang sungguh menenangkan. Priceless deh pokoknya.

 

  1. Café Pomegranate

Alamat: Jl. Subak Sok Wayah, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: 0878 6080 3632

Jam Buka:  09.00 – 21.00

Photo Credit: hellokiranka, yuli_jun

Rasanya tak ada yang lebih eksotis selain makan sambil duduk lesehan di bawah tenda yang berada di tengah-tengah persawahan sambil memandangi matahari terbenam. Dan itu bisa kamu rasakan kalau menyempatkan diri ke café yang lokasinya agak terpencil ini. Saking terpencilnya, untuk menuju ke sini hanya bisa dengan bersepeda, atau berjalan kaki karena jalannya sempit dan tak bisa dilalui mobil – lebih menyerupai pematang sawah. Namun semua usaha tersebut totally worth it kok. Waktu ideal untuk ke sini adalah menjelang sore hari, karena café ini menghadap matahari terbenam.

 

  1. Swept Away at The Samaya

Alamat: Banjar Baung, Desa Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 973 606

 

Photo Credit: Swept Away at The Samaya

Restoran ini berada di sebuah anjungan kayu yang berdiri begitu dekat dengan sungai, sehingga pas sekali untuk kamu yang ingin benar-benar bersantai dan melepas penat. Area lounge-nya dibuat terbuka, sehingga kamu bisa menikmati segelas (atau lebih) cocktail sambil ditemani hembusan angin nan sejuk dan suara gemericik air. Kalau punya budget ekstra dan ingin memberi kejutan istimewa kepada pasangan, pesanlah paket makan malam romantis di tepi diterangi cahaya ratusan lilin dan lampu-lampu obor yang membuat suasana tambah berkesan.

 

  1. Kubu at Mandapa

Alamat: Jl. Raya Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 479 2777

Photo Credit: Kubu at Mandapa

Satu lagi tempat makan yang siap memberikan pengalaman tak terlupakan di Ubud. Kubu adalah restoran yang hampir seluruh bangunannya terbuat dari bambu, dan berada tepat di bibir Sungai Ayung nan indah. Kalau kamu ingin menikmati makan malam romantis, tempat ini juga menyediakan sembilan buah “kepompong” pribadi di sisi sungai. Menu yang ditawarkan di sini kebanyakan bercitarasa Mediterranean-Eropa dan dibuat dari bahan-bahan terbaik.

 

  1. Three Monkeys

Alamat: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 975 554

Jam Buka: 07.00 – 23.00

Photo Credit: Three Monkeys

Meskipun berada di Jalan Monkey Forest, namun nama Three Monkeys justru bukan terinspirasi oleh nama jalan tersebut, melainkan untuk menggambarkan persahabatan antara tiga pendirinya, yaitu Chef Kali Sary, arsitek Ketut Arthana dan seorang dokter bernama Denise Abe. Dan wujud kecintaan mereka terhadap bisnis kuliner dituangkan dalam café dengan view yang amat mengesankan ini. Bersantailah sembari menyesap kefir-lime mojito yang menyegarkan sambil memandangi hamparan sawah. Di siang hari, kamu bisa mencoba aneka sandwich, salad, atau gelato. Sedangkan di malam hari, suasana dinner akan terasa lebih istimewa dengan menu Asia sambil diterangi pendar cahaya obor.

 

  1. Laka Leke

Alamat: Jl. Nyuh Kuning, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 977 565

Jam Buka: 09.00 – 23.00

Photo Credit: @joy5422

Dalam bahada Bali, Laka Leke berarti tempat persembunyian – dan nama tersebut cocok sekali mengingat restoran ini letaknya tersembunyi di antara dua destinasi populer di Ubud, yaitu Monkey Forest dan desa pengrajin ukiran di Nyuh Kuning. Restoran ini mengusung konsep terbuka khas Bali, dengan saung-saung lesehan yang menghadap taman, kolam teratai dan juga persawahan. Pada waktu-waktu tertentu, pengunjung juga akan dihibur oleh pertunjukan kesenian tradisional sambil bersantap. Oh iya, karena letaknya tak jauh dari Monkey Forest, kadang ada kera-kera lucu yang ikut bermain di restoran ini.

 

  1. Tropical View Café

Alamat: Jl. Monkey Forest No. 88, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: (0361) 974 040

Jam Buka: 07.00 – 23.00

Photo Credit: wonjun_joh, ssssomething_

Berada di sekitaran Monkey Forest, café ini pastinya layak kamu singgahi selepas menghabiskan waktu berjalan-jalan melihat tingkah polah kera di Monkey Forest atau berbelanja buah tangan di deretan toko yang ada di sepanjang jalan. Meskipun berada di pusat kota, namun suasana di sini jauh dari hiruk pikuk. Café-nya sendiri berkonsep open air dengan panorama hamparan sawah hijau. Menu yang jadi andalan di sini cukup beragam, antara lain pizza, steik, sampai hidangan tradisional. Oh iya, bagi kamu yang vegetarian, tersedia pula aneka hidangan non-hewani.

 

  1. Yellow Flower Café

Alamat: Desa Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: 0812 3889 9695

Jam Buka: 08.00 – 21.00

Photo Credit: @hannahabigailh

Café ini berada di sebuah lokasi tersembunyi di daerah Penestanan. Bahkan untuk menuju ke sini kamu harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Selain melayani sarapan, makan siang dan makan malam, setiap hari minggu mereka memiliki program buffet khas Bali.  Oh iya, semua menu yang disajikan di sini terbuat dari bahan-bahan organik lho, jadi dijamin lebih sehat. Uniknya, setiap hidangan disajikan bersama dengan segelas air bunga yang konon dapat memberikan energi positif setelah diminum. Saat langit cerah, kamu bisa melihat panorama Gunung Agung dan Gunung Batur yang megah dari sini.

 

  1. Karsa Kafe

Alamat: Jalan Bangkiang Sidem, Campuhan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Telepon: 0817 344 658

Jam Buka: 07.30 – 19.30

Photo Credit: @claireswilson

Karsa Kafe berdiri di atas sebuah bukit di Ubud, tepatnya di Desa Bangkiang Sidem, di mana kamu akan merasakan suasana yang sunyi dan tenang khas desa tradisional Bali. Dari sini kamu akan dimanjakan oleh pemandangan lereng bukit nan hijau, sungai kecil, sawah bertingkat, kolam teratai dan juga sunset yang indah menjelang senja. Dan asyiknya, tempat ini bisa dicapai hanya dengan berjalan santai saja dari pusat kota Ubud.

 

Leave a Reply