10 Desa Terindah & Terunik di Indonesia, Nggak Kalah Sama di Luar Negeri

Kekayaan alam dan budaya di Indonesia memang luar biasa, dan perpaduan antara keduanya tersebut bisa kamu lihat sekaligus di desa-desa terindah yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri ini.

  1. Desa Kete Kesu, Toraja

Photo Credit: @shelly_marzellyna

Kete Kesu adalah tempat yang tepat buat kamu yang ingin melihat kehidupan masyarakat Tana Toraja yang masih menjunjung tinggi adat dan istiadat warisan leluhur mereka. Kete Kesu juga terkenal dengan seni ukiran bambu, seni pahat, dan kerajinan tradisionalnya. Selain itu, daya tarik lain dari Kete Kesu adalah adanya tongkonan asli dengan pintu yang dibuka ke atas.

 

  1. Desa Penglipuran, Bali

Photo Credit: @whereisalex86

Desa yang berada di Banjar Penglipuran, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali ini masuk sebagai salah satu desa terbersih di dunia dari tiga desa di negara berbeda. Hal lain yang unik dari Penglipuran adalah gerbang masuk ke setiap rumah yang bentuk semuanya sangat mirip. Dengan dinding terbuat dari lumpur dan atap dari bambu, ini memberikan tampilan desa yang sangat rapi.

 

  1. Desa Wae Rebo, NTT

Photo Credit: @charliiemagne

Terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, desa ini layaknya sebuah surga yang  berada di atas awan. Di sini dapat kita jumpai rumah adat bernama Mbaru Niang yang hanya terdiri dari 7 buah dan telah bertahan selama 19 generasi. Hal ini pula yang menjadi daya tarik para wisatawan khususnya dari mancanegara.

 

  1. Desa Ayapo, Papua

Photo Credit: @aang.pinandari

Ayapo adalah satu dari 24 desa adat yang tersebar di Danau Sentani. Alih-alih menghadap darat, rumah-rumah kayu yang ada di Desa Ayapo malah menghadap ke arah danau dan mengapung dengan cantiknya di atas permukaan air. Rumah-rumah kayu itu berbentuk panggung, memunggungi daratan dengan bukit-bukit hijau yang warnanya memantul ke air danau memberi kesan eksotis.

 

  1. Desa Sembalun Lawang, NTB

Photo Credit: @rizalfebrianto

Sembalun Lawang adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di sebelah utara kaki Gunung Rinjani. Desa kecil yang indah di ketinggian sekira 1.156 m ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran betingkat-tingkat. Nuansa pedesaan kental terasa terutama saat melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisonal.

 

  1. Desa Nagari Pariangan, Sumatera Barat

Photo Credit: @sumbar_rancak

Berada tepat di lereng Gunung Marapi yang masih aktif, Nagari Pariangan berhasil masuk ke dalam daftar desa terindah di dunia versi Budget Travel. Bangunan rumah gadang lengkap dengan dinding yang terbentuk dari anyaman rotan, serta berhiaskan ukiran kayu menjadi ciri khas kampung ini. Apalagi dengan adanya masjid terbesar di abad ke-19. Amazing!

 

  1. Desa Sawinggrai, Papua Barat

Photo Credit: @3triwoel

Bayangkan bangun tidur, buka pintu, dan yang tampak di depan mata adalah hamparan pasir putih serta laut biru nan sebening kristal. Kalau ingin merasakannya, datang saja ke Desa Sawinggrai yang berada di kawasan Raja Ampat, Papua Barat. Salah satu daya tarik utama dari desa ini tak lain adalah pengunjung melihat langsung dari dekat burung Cenderawasih yang hidup bebas di habitatnya.

 

  1. Desa Tenganan, Bali

Photo Credit: @ekky_akbar

Salah satu desa tertua di Bali, Desa Tenganan memiliki keunikan tersendiri, karena mereka tetap menjaga lestari aturan-aturan adat pendahulunya. Diantaranya bisa dilihat dari bentuk dan ukuran pekarangan, begitu juga dengan tata letak bangunan termasuk pura dalam pekarangan, semuanya dibuat sesuai aturan adat, dan mempunyai ukuran relatif sama.

 

  1. Kampung Naga, Jawa Barat

Photo Credit: @fadgojez

Kampung Naga ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Yang unik adalah letak kampung ini yang berada di lembah subur yang dibatasi oleh hutan keramat, karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur. Tidak hanya itu Kampung Naga ini ternyata masih mempertahankan kearifan lokal dan budaya yang mereka jaga sejak dahulu.

 

  1. Desa Adat Ratenggaro, NTT

Photo Credit: @baayooe

Memasuki wilayah Desa Adat Ratenggaro, kamu akan merasakan seperti kembali ke zaman purba di mana masih terdapat kuburan batu tua di sekitar perkampungan Ratenggaro. Ratenggaro sendiri memiliki arti ‘Rate’ berarti kuburan dan ‘Garo’ berarti orang-orang Garo. Salah satu daya tarik dari desa ini adalah rumah adat yang dimilikinya. Rumah-rumah yang terdapat di Desa Ratenggaro memiliki ciri khas atap tinggi dari jerami yang mencapai 20 meter.

 

 

 

Leave a Reply