10 Hal yang Bikin Kita Tambah Bangga dengan Indonesia

Salam merdeka! Di hari yang istimewa ini, kami ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-72 kepada negara tercinta kita Republik Indonesia. Bagi sebuah negara,  72 tahun memang tergolong masih “muda”, namun meskipun demikian pencapaian-pencapaian yang sudah diraih oleh Indonesia amatlah membanggakan.

Photo Credit: @farhansiddiq1606

Kali ini kami tidak akan mengulas semuanya (karena ada banyak sekali!), melainkan hanya sebagian  prestasi-prestasi tanah air di dunia internasional yang berhubungan dengan pariwisata dalam periode setahun terakhir. Setelah membaca artikel ini sampai tuntas, pasti kamu akan makin cinta lagi dengan Indonesia. Sekali lagi, MERDEKA!

 

  1. World’s Best Destination di Dunia versi TripAdvisor: Bali

Photo Credit: @danmaniel

Terkenal akan lanskapnya yang spektakuler dengan gunung berapi, pantai eksotis, terumbu karang, serta tradisi yang terjaga, tak heran jika forum pariwisata terbesar dunia TripAdvisor menganugerahkan gelar Destinasi Terbaik di Dunia 2017 kepada Pulau Dewata. Sebagian besar para voter mengatakan Bali sangat ideal untuk semua jenis wisatawan, entah itu petualang, honeymooners, atau bahkan mereka yang ingin bersantai di tepi pantai.

 

  1. World’s Best Island versi DestinAsian Readers Choice Awards 2017: Bali

Photo Credit: @canon_photos

Rasanya keindahan Pulau Bali memang tak bisa disangkal lagi. Buktinya bukan cuma tahun ini saja, karena gelar Pulau Terbaik di Dunia versi DestinAsian RCA telah berhasil digondol oleh Pulau Bali selama 12 tahun berturut-turut. Woohoo!!  Dan hebatnya, Bali sukses mengalahkan Phuket dan Maldives yang bertengger di peringkat 2 dan 3.

 

  1. World’s Best Halal Destination: Sumatera Barat

Photo Credit: @akihiezawa77

Dalam perhelatan World Halal Tourism Award 2016 yang berlangsung akhir tahun lalu di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab, nama Indonesia sukses bergaung dengan memenangkan 12 dari 16 kategori yang diperlombakan. Dan kategori yang paling bergengsi, yaitu World’s Best Halal Destination berhasil dibawa pulang oleh Provinsi Sumatera Barat. Kemenangan ini bukanlah hal kecil, karena pesaing di kategori ini cukup berat, seperti Turki, Dubai, Abu Dhabi dan Malaysia.

 

  1. The Best Exhibitor 2017 di ITB Berlin: Wonderful Indonesia

Photo Credit: Tourism Vaganza

Paviliun “Wonderful Indonesia” berhasil mempertahankan gelar sebagai ekshibitor terbaik di ajang pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) di Berlin, Jerman pada pertengahan Maret lalu. Ini merupakan prestasi kedua yang diraih Wonderful Indonesia setelah tahun lalu. Lawan tangguh yang berhasil dikandaskan adalah pavilion “Imagine South Korea” dan “Amazing Thailand”.

 

  1. World’s Best Diving Destination 2017 versi DIVE Magazine: Indonesia

Dari Raja Ampat sampai Bali, dari Sulawesi sampai Pulau Komodo, pesona bawah laut Indonesia memang telah memikat hati para penyelam dunia. Dan ini terbukti lewat gelar yang diperoleh oleh majalah diving yang berbasis di Inggris ini. Kemenangannya bahkan cukup telak. Dari 47.547 suara yang masuk, hampir separuhnya yaitu 22.552 memilih Indonesia. Sedangkan Papua Nugini harus puas di urutan kedua dengan 6.089 suara dan diikuti Filipina dengan 3.313 suara.

 

  1. Top 10 World’s Best Cities 2017 versi Travel+Leisure: Ubud, Bali

Photo Credit: @the_first_samurai_boy

Udara yang bersih, hamparan sawah menghijau di mana-mana, suasana kota yang masih kental dengan tradisi dan budaya, serta keramahan penduduknya menjadikan Ubud layak bertengger di posisi ke-9 kota terbaik di dunia untuk dikunjungi dan kota terbaik ke-4 di Asia. Bahkan Ubud berhasil menjungkalkan Roma dan Barcelona dari daftar 10 besar. Luar biasa!

 

  1. Top 10 World’s Best Airlines 2017 versi Skytrax: Garuda Indonesia

Photo Credit: @garuda.indonesia

Survei yang dilakukan terhadap 19,87 juta penumpang pesawat dari 105 negara menempatkan Garuda Indonesia sebagai peringkat 10 maskapai penerbangan terbaik di dunia. Penilaian tersebut diperoleh dari berbagai aspek, mulai dari kenyamanan tempat duduk sampai kualitas pelayanan. Dan tampaknya yang membuat para responden kesengsem dengan Garuda Indonesia adalah kursi kelas ekonominya yang nyaman serta makanannya yang lezat.

 

  1. World’s Best Cabin Crew 2017: Garuda Indonesia

Photo Credit: @garuda.indonesia

Keramahan orang Indonesia memang sudah dikenal di mana-mana. Makanya jangan heran kalau Garuda Indonesia dengan pramugarinya yang cantik berkebaya dan selalu mengulas senyum sukses memenangkan penghargaan sebagai World’s Best Cabin Crew. Penghargaan ini diterima langsung di acara Skytrax World Airline Awards yang diselenggarakan di Paris Air Show 2017 akhir Juni lalu.

 

  1. Video Terbaik International Tourism Film Festival 2017: Wonderful Indonesia


Video promosi Wonderful Indonesia berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu International Grand Prix Award pada acara XIII International Tourism Film Festival yang diselenggarakan di Bulgaria. Video yang berdurasi 3 menit tersebut berhasil unggul setelah mengalahkan 91 film dari 18 negara. Video tersebut diproduseri oleh Kementerian Pariwisata, disutradarai oleh Condro Wibowo, dan diberi latar musik hasil aransemen musisi legendaris Louis Amstrong yang berjudul “What a Wonderful World“.

 

  1. World’s Best Food 2017 versi CNN Travel: Rendang dan Nasi Goreng

Photo Credit: @trimaputra

Kalau ada yang nggak suka dengan makanan Indonesia, mungkin ada yang nggak beres dengan lidahnya. Bahkan salah satu media terbesar di dunia saja mengakuinya. Tak tanggung-tanggung, dua peringkat teratas makanan terenak di dunia versi CNN Travel berhasil disabet oleh makanan Indonesia, yaitu Rendang dan Nasi Goreng yang sukse mengalahkan sushi, spaghetti, pizza, brownies, dan sebagainya.

 

Nah, makanya cintai Indonesia dengan liburan ke setiap pelosok tanah air. Biar liburannya makin hemat, jangan lupa pesan kamar di www.zenrooms.com di kota-kota tujuan liburan kamu ya, seperti dari Batam, Bali, Jogja, Makassar, hingga Lombok. Selamat berlibur!

Leave a Reply