10 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan di Dalam Kamar Hotel

Bagi kebanyakan orang, kamar hotel hanyalah sebuah ruang untuk menghabiskan malam, menginap dan menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia.

Ya, anggapan tersebut memang tidak salah. Tapi perlu diingat bahwa saat menginap, bagaimanapun kita hanyalah tamu, jadi tetap ada etika dan aturan yang harus dijalani agar tidak merugikan pemilik hotel maupun orang lain yang menginap di situ.

Agar tidak melanggar batas-batas tersebut dan menjadi “tamu teladan”, inilah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan di dalam kamar hotel.

 

  1. Memasak

Beberapa kamar hotel memang menyediakan fasilitas teko pemanas. Namun teko itu didesain semata-mata untuk merebus air agar kamu bisa menyeduh teh atau kopi, bukan untuk merebus mi instan! Menggunakan setrika yang ada di kamar untuk memanaskan pizza juga nggak boleh! Bagaimana jika kamu membawa kompor listrik sendiri? Well… TETAP NGGAK BOLEH! Karena memasak di dalam kamar hotel cukup berisiko dan bisa mengganggu tamu lain.

 

  1. Membuka jendela kamar dan menjorokkan badan ke luar

Aturan ini wajib dipatuhi terutama jika kamu menginap di hotel yang berupa bangunan bertingkat tinggi. Biasanya tamu melakukan ini untuk melakukan hal-hal konyol, seperti melihat ke bawah, atau merokok. Faktanya, cukup banyak kasus tamu hotel yang terjatuh dari ketinggian akibat menjulurkan badan keluar jendela kamar hotel. Nggak mau kan itu terjadi pada kamu?

 

  1. Mencuri handuk, sarung bantal, bed cover, remote TV, dsb.

Kalau membawa pulang botol-botol kecil berisi sampo, sabun, sendal kamar, sisir, silakan saja. Tapi selain itu tidak boleh. Ada banyak kasus di mana tamu hotel kedapatan mencuri kepala shower hingga remote televisi. Ingat, selain perbuatan itu tidak terpuji, nama baikmu dipertaruhkan. Apalagi biasanya kamu menyimpan deposit di front office. Nggak mau di-blacklist dan dipidana, kan?

 

  1. Memalsukan isi kulkas

Hayo ngaku, pasti setidaknya kamu pernah melakukan hal ini kan walaupun hanya dalam skala kecil. Misalnya mengambil makanan ringan di dalam kulkas karena malas beli di luar, lalu keesokan harinya membeli produk serupa dan menggantinya.  Well, kalau produknya benar-benar sama dan baru nggak jadi masalah. Tapi kalau kamu membuka botol soda, meminumnya dan mengisinya kembali dengan air putih atau air teh. Itu sudah melanggar batas etika.

 

  1. Merokok

Jika jelas-jelas di kamar tempat kamu menginap ada tulisan No Smoking alias Dilarang Merokok, maka janganlah sekali-sekali melanggarnya. Karena walaupun kamu melakukannya diam-diam di kamar mandi, pasti bakalan ketahuan dan bisa kena denda! Kalau benar-benar harus merokok, pergilah keluar ke tempat terbuka atau sejak awal memesan kamar untuk perokok.

 

  1. “Menyelundupkan” hewan peliharaan

Banyak orang yang tidak bisa dipisahkan dengan hewan kesayangan mereka, sehingga saat menginap di hotel biasanya mereka secara sembunyi-sembunyi membawa hewan peliharaan tersebut ke dalam kamar. Bayangkan apa yang bisa terjadi seandainya hewan peliharaanmu lepas dan kabur. Apalagi kalau hewan peliharaannya iguana atau ular, dijamin bakal bikin kehebohan yang luar biasa.

 

  1. Berisik di malam hari

Bagi banyak orang, kamar hotel adalah tempat mereka untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Tentu akan sangat mengganggu apabila kamu dan teman-teman berteriak-teriak, menyetel TV keras-keras, atau mendengarkan musik kencang-kencang saat malam hari ketika kebanyakan orang sudah tidur. Ingat, kamu bukan satu-satunya tamu di situ. Kalau ingin bebas, sebaiknya menginap di villa saja.

 

  1. Menjemur pakaian di balkon kamar

Eugh…. Memangnya ini rumah susun? Selain tidak sedap dipandang, bayangkan jika tiba-tiba pakaian yang kamu jemur tersebut tertiup angin dan jatuh ke area kolam renang atau restoran yang ada di bawahnya? Mau ditaruh di mana tuh muka?

 

  1. Memberitahu nomor kamar kepada orang asing

Aturan penting yang harus kamu ingat adalah: jangan pernah memberitahukan nomor kamar tempat kamu menginap kepada orang asing atau bahkan orang yang baru kenalan beberapa jam. Jika kamu berencana bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, lakukan di luar kamar hotel atau luar hotel sekalian. Nggak mau kan dirampok?

 

  1. Jangan menggunakan handuk/seprai/sarung bantal di luar fungsinya

Handuk gunanya untuk mengeringkan badan selepas mandi. Seprai berfungsi untuk melapisi ranjang agar nyaman dan bersih, begitu pula sarung bantal. Oleh karena itu jangan gunakan ketiga benda tersebut untuk mengelap sepatu, membersihkan makanan/minuman yang tumpah, dan sebagainya. Jika itu terjadi, tinggal hubungi room service dan mereka akan membersihkannya dengan senang hati menggunakan alat yang seharusnya.

Leave a Reply