10 Museum Paling Unik di Jakarta untuk Alternatif Tempat Liburan

Akhir September ini beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Buat kamu yang ingin mencari alternatif tempat wisata, sebaiknya pilihlah destinasi wisata yang berada di dalam ruangan agar kegiatan liburanmu tidak terganggu oleh hujan.

Salah satu tempat indoor yang menarik dikunjungi di Jakarta adalah museum. Ya, Jakarta memiliki banyak sekali museum menarik dan tak membosankan. Inilah beberapa di antaranya yang mungkin kamu belum tahu.

Belum dapat akomodasi? Tenang, karena di ZEN Rooms kamu akan menemukan banyak hotel murah di Jakarta untuk dipesan. Dan selama bulan September 2017 ini, kamu bisa mendapatkan tambahan diskon sebesar 15% plus voucher Uber dengan menggunakan kode promo JKTSEP15!

 

  1. Museum di Tengah Kebun

Alamat: Jl. Kemang Timur Raya Raya Nomor No.66, Jakarta Selatan

Photo Credit: @fariscapomelo

Nama museum ini unik ya? Itu karena memang museum ini terletak di tengah kebun yang indah nan asri. Jika biasanya museum dimiliki dan dikelola oleh pemerintah, maka museum ini merupakan milik pribadi. Sang pemilik mempunyai kecintaan pada benda antik dan bersejarah, sampai-sampai ia berkeliling dunia untuk mengoleksi barang seni bernilai sejarah tinggi.  Museum ini pernah terpilih sebagai Museum Swasta Terbaik di Museum Awards dengan koleksi dari 63 negara dan 26 provinsi di Indonesia. Uniknya, penataan koleksi di sini serba tak beraturan, seperti lantai, tengah taman, toilet, dinding luar rumah, dan lain sebagainya.

 

  1. Museum Katedral

Alamat: Gereja Katedral, Jl. Katedral No.7B, Jakarta Pusat

Photo Credit: @kat.tyas

Keberadaan museum ini diprakarsai oleh pastor kepala Katedral saat museum ini dibentuk, yaitu Pater Rudolf Kurris yang memiliki rasa cinta terhadap sejarah dan benda-benda antik. Museum ini berada di ruang balkon katedral. Untuk masuk ke dalam museum katedral tidak dipungut biaya alias gratis, cukup mengisi daftar buku tamu.  Meskipun kecil, tapi koleksi artefaknya lumayan, mulai dari Injil, baju Pastor yang diberikan Paus sampai kepada photo-photo Pastor zaman dulu.

 

  1. Museum Harry Darsono

Alamat: Jl. Cilandak Tengah No.71, Jakarta Selatan

Photo Credit: @priciliaarii

Bagi para pencinta fashion, maka wajib ke museum milik perancang adibusana kebanggaan tanah air ini. Karya-karya Harry Darsono yang dipamerkan di museum ini mencakup gaun, topi, tiara, kursi, patung, lukisan, piano, hingga tea set. Sejak 1974, Harry mendesain gaun-gaun bangsawan dan selebriti di Eropa, Timur Tengah dan Asia. Harry juga mendesain kostum panggung untuk opera.

 

  1. Museum Hakka

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur

Photo Credit: @aliyuddin.alhuda

Kalau ingin mengetahui sejarah Tionghoa di Indonesia, maka kamu dapat megunjungi museum ini. Di sini kamu akan menemukan cerita kedatangan orang Tionghoa ke Nusantara, profesi orang Tionghoa pada masa penjajahan Belanda, tokoh-tokoh Tionghoa yang berjasa kepada Indonesia hingga berbagai artefak dan kesenian Tionghoa. Museum Hakka Indonesia dibagi menjadi tiga bagian yaitu Museum Tionghoa Indonesia, Museum Hakka Indonesia, dan Museum Yodding Hakka Indonesia.

 

  1. Museum Taman Prasasti

Alamat: Jl. Tanah Abang I No.1, Jakarta Pusat

Photo Credit: @triwidyatmoko

Memasuki bagian utama museum yang Instagrammable ini, nuansa sunyi dan suram pun begitu terasa. Terlebih, terdapat beberapa pohon rindang yang meneduhkan hamparan batu-batu nisan di sana. Sebelum menjadi sebuah museum, tanah tersebut merupakan pemakaman bangsawan Belanda yang telah ada sejak 1795. Sekarang terdapat 900 batu nisan dengan aneka bentuk yang dipajang di museum ini.

 

  1. Museum Tekstil Jakarta

Alamat: Jl. Aipda Ks. Tubun Raya No.18A, Jakarta Barat

Photo Credit: @trivina

Di sini  khusus mengumpulkan, mengawetkan, serta memamerkan karya-karya seni yang berkaitan dengan sejarah kain Indonesia yang amat kaya dan beragam. Koleksinya ada sekitar 1.000 buah yang dikelompokkan dalam empat bagian: koleksi kain tenun, koleksi kain batik, koleksi peralatan, dan koleksi campuran. Tak hanya itu, bagi kamu yang ingin belajar membatik bisa melakukannya di area Pendopo Batik.

 

  1. Museum Seni Rupa dan Keramik

Alamat: Jl. Pos Kota No. 2, Jakarta Barat

Photo Credit: @dewisoeharto

Museum ini memiliki 500-an karya seni rupa terdiri dari berbagai bahan dan teknik yang berbeda seperti patung, totem kayu, grafis, sketsa, dan batik lukis. Diantara koleksi-koleksi tersebut ada beberapa koleksi unggulan dan amat penting bagi sejarah seni rupa di Indonesia, antara lain lukisan yang berjudul ‘Pengantin Revolusi’ karya Hendra Gunawan, ‘Bupati Cianjur’ karya Raden Saleh, ‘Ibu Menyusui’ karya Dullah, ‘Seiko’ karya S.Sudjojono, dan ‘Potret Diri’ karya Affandi.

 

  1. Museum Kebangkitan Nasional

Alamat: Jl. Abdul Rachman Saleh No.26, Jakarta Pusat

Photo Credit: @igoy_ubans

Awalnya, bangunan tempat museum ini adalah gedung sekolah dan asrama STOVIA atau sekolah dokter di jaman Belanda. Di sini ada ruang-ruang khusus tentang praktek medis yang ada ratusan tahun silam sebelum Belanda datang, termasuk keris Nyai Brojol yang digunakan untuk membantu ibu-ibu melahirkan dan keris Kiamong untuk terhindar dari mahluk halus. Ada pula alat pemecah kepala yang digunakan siswa STOVIA untuk membedah kepala dan mempelajari tentang otak manusia dan sebuah kerangka asli manusia yang dahulunya digunakan untuk praktek. Hiiiy!

 

  1. Gallery Keramik F. Widayanto

Alamat: Jl. Setiabudi II no. 11, (Depan SMAN3), Jakarta Selatan

Photo Credit: @melanisetiawan

F. Widayanto merupakan seorang seniman keramik tanah air yang karyanya telah melanglang buana. Saat memasuki ruang galeri yang cukup luas dan nyaman, segera terlihat karya-karya Widayanto sebelumnya. Ada patung porselen tokoh Semar dengan beragam gaya, ada pula patung-patung lainnya, serta berbagai koleksi keramik berukuran kecil untuk hadiah dan suvenir, keramik penghias interior rumah, dan perlengkapan kamar mandi dari keramik yang semuanya tertata apik.

 

  1. Museum Wayang

Alamat: Jl. Lada No.23, Jakarta Barat

Photo Credit: @everylittlethingsheloves

Museum Wayang menyimpan berbagai koleksi boneka dan wayang dari Indonesia serta dari luar negeri. Saat ini Museum Wayang memiliki koleksi lebih dari 4.000 buah wayang dan boneka dari berbagai jenis dan macam. Jenis wayang yang dipamerkan mulai dari wayang golek dan wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan wayang beber. Selain itu museum ini juga memiliki koleksi gamelan, topeng, dan beberapa boneka.

 

Leave a Reply