10 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Cocok Jadi Buah Tangan

Photo Credit: @mochadventure

Satu hal yang banyak ditanyakan oleh orang-orang terdekat setiap kita pulang dari liburan atau business trip adalah “Bawa oleh-oleh nggak?”.  Ya, membawa buah tangan alias oleh-oleh merupakan sebuah tradisi yang masih sering dilakukan oleh orang Indonesia. Bukan cuma buat keluarga dan pasangan saja, tapi tak jarang kita juga harus memikirkan oleh-oleh buat teman kerja, teman main, dan sebagainya.

Kalau dipikir-pikir, repot juga ya? Well, tapi di lain pihak setidaknya kita bisa berbagi sepenggal pengalaman dari perjalanan kita kepada orang-orang terdekat dengan oleh-oleh yang berkesan. Apalagi setiap kota di Indonesia memiliki oleh-oleh yang unik dan berbeda-beda. Salah satunya Surabaya.

Apa yang terbersit di kepala kamu kalau berbicara soal oleh-oleh dari Surabaya? Mungkin hanya Sambel Bu Rudy yang pedesnya maknyoss? Atau Almond Crispy yang manis, renyah dan lumer di mulut? Padahal itu hanya sebagian kecil saja lho. Makanya, baca artikel ini sampai tuntas supaya tahu mau nitip apa saja nanti ke teman yang mau pergi ke Surabaya 😀

  1. Siropen Telasih

Bisa dibeli di:  Pabrik Limoen J.C. Van Drongelen & Hellfach, Jl. Mliwis No. 05 Surabaya (belakang gedung Prima Master Bank).

Photo Credit: @arthurbonaventura

Kalau Medan terkenal akan Sirup Markisanya dan Bali tersohor akan Bremnya, maka Surabaya juga punya minuman botolan yang khas dan bisa dijadikan oleh-oleh.  Diproduksi sejak tahun 1923 oleh seorang warga Belanda, Siropen Telasih merupakan pabrik sirop pertama di Indonesia. Hebatnya, hingga sekarang Siropen Telasih masih eksis dan terjaga kualitasnya karena sama sekali tidak menggunakan pemanis buatan maupun pengawet. Ada 8 jenis rasa yang bisa kamu pilih, yaitu Mawar, Frambosen, Vanilla, Cocopandan, Jeruk Keprok, Lychee, Arbei dan Melon.

 

  1. Spikoe Resep Kuno

Bisa dibeli di: Jalan Rungkut Madya No.41, Rungkut, Surabaya

Photo Credit: @mellyfactory01

Sesuai dengan namanya yaitu Resep Kuno, Spikoe menghadirkan empat varian bolu lapis Surabaya yang dibuat menggunakan resep turun temurun. Keempat varian tersebut adalah Spikoe Raisin, Spikoe Prunes, Spikoe Tanpa Kismis, dan Speculaas. Spikoe sendiri merupakan bolu lapis yang terdiri dari dua lapis, dimana lapis atasnya berwarna coklat sedangkan lapis bawahnya berwarna kuning atau seperti adonan dasar. Diantara lapisan tersebut terdapat kismis yang ditabur secara merata sehingga setiap potongannya pasti kamu akan mendapat kismis yang melimpah. Nggak kalah legit deh dibandingkan Bolu Meranti atau Brownies Kukus Bandung.

 

  1. Jenang dan Sirup Mangrove

Bisa dibeli di: Jl. Sonnetaria, Rungkut, Surabaya

Photo Credit: Sirup Bogem

Pernah nggak terbayang mengonsumsi mangrove atau tanaman bakau? Ya, siapa sangka kalau tanaman pencegah abrasi air laut ini ternyata dapat didayagunakan sebagai kudapan dan minuman yang tiada duanya? Ya, inovasi tersebut sukses mengubah mangrove dan mengolahnya menjadi jenang alias dodol, dan juga sirup. Bahkan tampilan jenangnya pun sangat organik karena dibungkus dengan pelepah pisang kering. Sedangkan sirupnya dikemas dalam botol kaca dengan citarasa manis dan asam. Tahukah kamu kalau mangrove ternyata kaya akan vitamin A, C, yodium, dan antioksidan? Ini baru namanya oleh-oleh yang bermanfaat!

 

  1. Abon Sapi Padmosusastro “Dua Bersaudara”

Bisa dibeli di: Jl. Padmosusastro No. 104 Surabaya

Enak dimakan dengan nasi putih hangat, nasi goreng, roti tawar, maupun ditabur di atas donat. Kelezatan abon daging memang telah memikat hati siapapun. Rasa yang manis dan gurih, serta serat-serat dagingnya yang legit membuat tua muda menggemarinya. Plus, abon daging merupakan olahan daging yang tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dan kalau kamu berkunjung ke Surabaya, maka tempat abon daging sapi asli yang paling terkenal ada di Jalan Padmosusastro. Bisa pilih yang biasa atau yang pedas tergantung selera.

 

  1. Kue Blinjo Wisata Rasa

Bisa dibeli di: Wisata Rasa, Jl. Genteng Besar No.83A, Genteng, Surabaya

Photo Credit: @kahvehlicious

Kata siapa biji blinjo atau mlinjo hanya cocok dijadikan emping atau sebagai bahan sayur asem saja? Ternyata diolah menjadi cookies enak juga lho. Rasanya yang sedikit getir dan khas justru menjadi sensasi tersendiri. Bahkan pada tahun 2016, Kue Blinjo Wisata Rasa berhasil memenangkan penghargaan dari Jawapos Culinary Awards dalam kategori The Best Snack, sebagai salah satu oleh-oleh tradisional kota Surabaya yang dicintai arek-arek Suroboyo. Nah, mulai sekarang saatnya yang bukan arek Suroboyo untuk ikut merasakan kelezatannya. Kemasannya pun sangat cantik, bukan?

 

  1. Bandeng Asap Sudi Mampir

Bisa dibeli di: Toko Sudi Mampir, Jalan Gubeng Besar No. 72-74, Surabaya

Photo Credit: @alilttt

Meskipun di daerah lain seperti Sidoarjo atau bahkan Semarang kamu juga akan menemukan bandeng asap, namun bagi arek Suroboyo nggak ada yang bisa mengalahkan kelezatan Bandeng Asap Sudi Mampir asli Surabaya. Ikan bandeng yang diawetkan dengan diasap ini tahan tiga hari di luar kulkas, jadi cocok sekali kalau kamu ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh orang rumah. Daging bandeng yang lembut berpadu dengan aroma smoky yang kuat sangat paling pas dinikmati bersama sepiring nasi panas dan sambel kecap.

 

  1. Semprit Keju Ovomalt Guna-Guna

Bisa dibeli di: Depot Bu Rudy, Jl. Kupang Indah Surabaya

Kue kering berbahan dasar sagu ini biasanya hanya mudah kita jumpai disajikan setiap Lebaran saja.  Namun di Surabaya, kamu bisa membelinya kapan saja. Yang unik dari kue semprit produksi Guna-Guna Snack ini, bahan dasarnya tak hanya  menggunakan sagu saja, namun juga dipadukan dengan keju dan juga ovomaltin. Kebayang kan, kue semprit sagu biasa saja sudah begitu menggiurkan dan lumer di mulut apalagi jika diolah bersama dengan keju dan ovomaltin? Juara deh pokoknya! Kemasannya juga sangat unik lho, yaitu berupa wadah kaleng dengan desain retro dan warna-warna ngejreng. Cocok banget deh buat oleh-oleh. Awas, sekali coba langsung terguna-guna!

 

  1. Tenggiri Asap Ala Mama

Bisa dibeli di: Jl. Candi Lontar 44M/7, Surabaya

Meskipun produk yang satu ini tergolong baru, namun kelezatannya sukses membuatnya sebagai salah satu oleh-oleh yang sering diburu pengunjung yang datang ke Kota Pahlawan. Perpaduan rasa antara suwiran daging ikan tenggiri dan rempah-rempah serta aneka cabai membuatnya bercitarasa pedas dan gurih. Ada empat tingkatan rasa pedas sesuai dengan kemampuan indera pengecapmu. Tenggiri Asap Ala Mama ini bisa langsung dinikmati sebagai pendamping nasi begitu dibuka dari wadahnya.

 

  1. Almond Crispy Cheese Wisata Rasa

Bisa dibeli di: Wisata Rasa, Jl. Raya Jemursari No. 164, Surabaya

Katanya, nggak afdol kalau ke Surabaya nggak membeli camilan renyah super tipis yang rasanya bikin nagih ini. Baru melangkahkan kaki di depan toko saja aroma harum almond sudah tercium begitu menggoda. Beli satu saja dijamin nggak bakalan cukup. Ada tiga pilihan rasa yang bisa kamu beli, antara lain Almond Crispy Cheese Original, Almond Choco Cheese, dan Almond Green Tea. Eits, ingat lho kamu beli ini buat oleh-oleh, jangan keasyikan dicemil di jalan ya :p

 

  1. Sambal Khas Bu Rudy

Bisa dibeli di: Depot Sambal Udang Bu Rudy, Jl. Dharmahusada 140, Surabaya

Photo Credit: @rezkyalfath

Bisa dibilang, inilah ikonnya oleh-oleh khas Surabaya. Kami sengaja menaruhnya di urutan terakhir karena… siapa sih yang nggak kenal dengan sambel dengan citarasa bawang putih racikan Bu Rudy ini? Sebelum membeli beberapa botol untuk di bawa pulang, jangan lupa bersantap langsung di tempat menikmati aneka hidangan khas Jawa Timuran yang rasanya nendang dengan cocolan sambel bawang dan goreng udang andalannya. Bahkan para selebriti dan tokoh terkenal tanah air banyak lho yang sudah berkunjung ke sini. Masa kamu belom pernah sih?

Leave a Reply