10 Perpustakaan Tertua di Dunia

Buat kamu para geek traveler, 10 perpustakaan tertua di dunia ini wajib banget dikunjungi. Nggak cuma bangunannya yang cantik, tapi koleksi buku di perpustakaan ini juga mind-blowing! Simak 10 perpustakan terbaik sekaligus tertua di dunia pilihan ZEN.

Β 

Al Qarawiyyin Library

Lokasi: Fez, Maroko.

Ditemukan oleh seorang perempuan bernama Fatima al-Fihri pada tahun 859, perpustakaan ini dinobatkan sebagai perpustakaan tertua yang masih beroperasi hingga saat ini. Tempat ini memiliki banyak sekali informasi tentang Islam, dan dulunya tempat ini tidak dibuka untuk umum.

Β 

Librije in Zutphen

Lokasi: Kerkhof 3, 7201 DM Zutphen, Belanda.

Perpustakaan ini ada sejak abad ke-16 dan terletak di dalam gereja St. Walburga di provinsi Gelderland, Belanda. Sedangkan untuk gerejanya sendiri sudah berdiri sejak abad ke-11 dan perpustakaan ini memiliki interior dan eksterior yang tak berubah sejak pertama kali dibangun. Banyak dari koleksi bukunya masih tertata rapi di atas meja baca yang ada di dalam perpustakaan ini.

Β 

Hereford Cathedral Library

#internationalwomensday #display #feminism

A post shared by Hereford Library (@herefordlibrary) on

Lokasi: Hereford Cathedral, Hereford, Inggris.

Ini adalah salah satu perpustakaan paling unik di dunia. Buku-bukunya masih memiliki rantai dan kunci yang masih ada dan bisa digunakan. Seperti Al Qarawiyyin Library, buku-buku di tempat ini banyak yang mengusung tema teologi dan referensi mulai dari tahun 1100. Bahkan kamu masih bisa melihat dengan jelas tulisan-tulisan zaman dahulu yang begitu indah di buku-buku tersebut.

 

Francis Trigge Chained Library

Lokasi: Grantham, Lincolnshire, Inggris.

Berdiri tahun 1598, Francis Trigge Chained Library memiliki sejarah luar biasa karena diberi nama dari seseorang yang membuat tingkat literasi di daerahnya naik. Francis membuat perpustakaan ini untuk menunjukkan pada orang-orang bahwa pengetahuan itu penting. Perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan referensi publik pertama di Inggris.

Β 

Royal Grammar School Chained Library

Photography in print amongst photography in print… πŸ“š

A post shared by @photobookclub on

Lokasi: Guildford, Inggris.

Perpustakaan di Royal Grammar School ini sudah berdiri sejak 1575. Fyi, rak buku di tempat ini tak diganti sejak tahun 1897! Buku tertua di perpustakaan ini dirilis tahun 1480 dan dicetak di Venezia. Tempat ini pun juga memiliki koleksi buku dengan rantai dan gembok untuk melindungi isi buku.

 

Wells Cathedral

Vicars' Close, Wells Cathedral

A post shared by Wells Cathedral (@wellscathedral) on

Lokasi: Wells, Somerset, Inggris.

Buku-buku di perpustakaan dalam Katedral Wells kebanyakan adalah buku yang dipublikasikan sebelum tahun 1800. Buku-buku ini dikoleksi sejak abad ke-16 dan memiliki banyak ragam bacaan. Salah satu buku tertua yang ada di tempat ini adalah Pliny Naturalis Historiae yang dicetak di Venezia tahun 1472.

 

Laurentian Library

#europe #travelphotography #travel #italy #florence #laurentianlibrary #medici

A post shared by R.W. Black Photography (@rwblackphotography) on

Lokasi: Piazza San Lorenzo, 9, 50123 Firenze, Italia.

Bertempat di Florence, Itali, perpustakaan ini dibuka pertama kali pada tahun 1571. Manuskrip yang ada di dalamnya mencapai 11 ribu, bahkan bukunya pun hampir 5.000 buku. Bagi kamu yang suka dengan zaman Renaisans bisa berkunjung ke tempat ini, karena Michelangelo adalah salah satu orang yang punya andil dalam berdirinya perpustakaan megah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *