10 Spot Wisata Alam Seru di Sekitar Makassar Buat Kamu yang Berjiwa Petualang!

Makassar identik dengan Pantai Losari dan aneka kulinernya yang menggugah selera. Namun tentunya sayang kalau liburan jauh-jauh ke Makassar hanya ke tempat yang itu-itu saja. Oleh karenanya, kami telah merangkum beberapa spot wisata alam paling keren di sekitaran Makassar yang pastinya bakalan cocok buat kamu yang berjiwa petualang sejati.

 

Kayaknya asyik juga nih mengisi liburan akhir tahun dengan jalan-jalan ke Makassar. Jangan lupa pesan kamar di ZEN Rooms, karena ada promo EARLY BOOKING berupa potongan harga sebesar 20% jika menginap di kamar hotel ZEN Rooms antara Desember 2017 – Januari 2017. Penawaran istimewa ini hanya berlaku jika kamu booking paling lambat tanggal 15 November 2017.

 

Siap menjelajah? Let’s go!

 

  1. Air Terjun Parangloe, Gowa

Photo Credit: @aslam_galang

Berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Makassar, air terjun ini memiliki susunan batu bertingkat yang amat menarik. Untuk bisa ke sini, kamu harus melalui jalanan berbatu dan menuruni jalan setapak yang lumayan terjal. Air yang mengalir pun sangat jernih, sejuk dan menyegarkan. Kamu bakalan merasa nyaman dan tenang deh berada di sini!

 

  1. Agrowisata Muntea, Bantaeng

Photo Credit: @kindonesia28

Untuk menuju ke sini, kamu harus menempuh waktu sekitar 3-4 jam dari Kota Makassar dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tempat yang sejuk ini kerap digunakan untuk berkemah oleh para petualang. Selain itu, dari sini kamu juga bisa menyaksikan keindahan kota Bantaeng dari ketinggian.

 

  1. Goa Abadi Balo Jaha, Selayar

Photo Credit: @indrasutamaa

Tempat yang satu ini bisa dibilang spot kece yang belum banyak diketahui orang. Wajar saja, karena untuk mencapainya bukan perkara mudah. Namun setibanya di sana, kamu akan disambut oleh pemandangan yang begitu mengundang decak kagum, yaitu berupa liang raksasa di Pulau Pasi, Selayar yang dipenuhi air nan jernih. Kalau mau turun, harus hati-hati ya!

 

  1. Bendungan Kampili, Gowa

Photo Credit: @aarievo

Dijuluki sebagai Grand Canyon Mini, Bendungan Kampili akhir-akhir ini sangat populer di kalangan Instagrammer yang berdatangan untuk foto-foto atau sekadar duduk menikmati pemandangan bebatuan yang eksotis. Kalau mau ke sini sebaiknya saat musim kemarau, karena air yang mengalir akan jauh lebih jernih dan bebatuan yang terbentuk secara alami tersebut akan terlihat lebih menawan.

 

  1. Penangkaran Kupu-Kupu Taman Nasional Bantimurung

Photo Credit: @vanessatantowidjojo

Hah? Nggak salah Penangkaran Kupu-Kupu cocok buat petualang? Eits, selain bisa menjumpai 21 jenis kupu-kupu, di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas yang cukup memacu adrenalin, yaitu berjalan melintasi jembatan gantung bernama Helena Skybridge yang berdiri di ketinggian 20 meter dan membentang sepanjang 50 meter di atas area penangkaran kupu-kupu. Berani coba?

 

  1. Sungai Pada’elo, Bone

Photo Credit: @pajokka_kalem

Berjarak kurang lebih 200 km dari Kota Makassar, untuk bisa tiba ke lokasi yang keren banget ini kamu harus menyusuri aliran sungai yang deras sepanjang 150 meter. Bahkan karena derasnya air, lokasi ini tidak dibuka setiap saat. Makanya, sebaiknya datang ke sini saat musim kemarau untuk menghindari aliran air yang deras. Basah? Sudah pasti!

 

  1. Air Terjun Maddenge, Maros

Photo Credit: @mdidanr

Ingin menikmati suasana alam yang penuh petualangan namun nggak mau terlalu jauh dari Makassar? Kalau begitu kamu harus berkunjung ke Air Terjun Maddenge yang berada di Maros. Yang membuat air terjun ini unik adalah lokasinya yang terhimpit di antara dua buah tebing. Selain bisa menyaksikan pemandangan air terjun, pengunjung juga bisa melihat pemandangan terasering persawahan di sekitarnya, ataupun berkemah!

 

  1. Air Terjun Cinta, Gowa

Photo Credit: @nasar_mochammad

Pasti kamu penasaran kenapa dinamakan Air Terjun Cinta. Nggak ada hubungannya sama kisah cinta yang menye-menye kok, melainkan karena di bagian bawah air terjun ini terdapat sebuah kolam yang berbentuk seperti hati. Unik, bukan? Perjalanan ke sini memakan waktu sekitar 60-90 menit dari pusat Kota Makassar. Oh iya, di dekat lokasi ini juga ada beberapa air terjun lain yang juga nggak kalah kerennya lho.

 

  1. Lembah Ramma, Gowa

Photo Credit: Muh. Dzaki

Beberapa orang yang pernah ke sini mengatakan kalau Lembah Ramma adalah Ranu Kumbolo-nya Sulawesi Selatan. Apakah kamu sependapat? Yang jelas, di Lembah Ramma ada dua spot utama yang sering diincar para petualang, yaitu Puncak Talung dan Danau Tanralili. Di lokasi yang berada di ketinggian 1600 mdpl ini, hawanya sangat sejuk dan aliran sungai pegunungan dan danau begitu jernih. Sempurna deh buat kamu yang mau back to nature.

 

  1. Hutan Pinus Bissoloro

Photo Credit: @arifardiansyah92

Berada sekitar 90 kilometer di selatan Makassar, hutan pinus ini adalah spot Instagrammable yang lokasinya tergolong cukup mudah untuk dicapai. Selain terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi, di sini juga bisa ditemukan beberapa tanaman peninggalan Belanda yang cukup langka, seperti edelweiss, juga bunga Masamba yang warnanya bisa berubah-ubah setiap bulannya.

Leave a Reply