10 Tempat Ngopi Kece di Jogja yang Instagrammable

Bagi beberapa orang Indonesia, ngopi sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dilewatkan. Bahkan sebagian dari mereka tidak akan bisa melalui hari dengan normal kalau belum “kena” kopi.

Seperti halnya di kota-kota besar lain di Indonesia, coffeeshop maupun tempat-tempat ngopi kini amat mudah ditemui dan mulai menjamur di Jogja. Asyiknya, selain menawarkan kopi yang enak, tempat-tempat ini juga memiliki konsep atau desain yang unik dan Instagrammable.

Apalagi sekarang nongkrong dan ngopi rasanya nggak komplit kalau belum foto-foto dan diunggah ke Instagram. Nah, untuk memudahkan kamu memilih dari sekian banyaknya café kece di Jogja, inilah beberapa di antaranya di mana kamu bisa ngopi sambil “pamer” foto ke social media.

Dan untuk alternatif akomodasi selama liburan di Jogja, inilah beberapa rekomendasi kamar hotel murah dari ZEN Rooms yang bisa kamu pilih.

 

  1. Café Brick

Alamat: Jl. Damai No. 8 Yogyakarta

Jam Buka: 24 Jam

Photo Credit: @radityaharis_

Punya impian untuk jalan-jalan ke negara Ratu Elizabeth II dan berfoto di bilik telepon ikonik berwarna merah yang ada di London? Kini kamu bisa melakukannya di Jogja. Café yang buka 24 jam ini masih terhitung baru, namun namanya langsung melejit karena desainnya yang unik, yaitu serba berbau Inggris dengan sentuhan vintage. Bahkan, saking “keminggris”-nya di sini kamu bisa ngopi sore sambil berjumpa dan berfoto dengan (patung) Mr. Bean yang jenaka!

 

  1. Simetri Coffee Roasters Jogja

Alamat: Jl. Sabirin No. 20 Yogyakarta

Jam Buka: 09.00 – 23.00

Sukses di Jakarta, akhirnya Simetri Coffee Roasters pun memutuskan untuk membuka gerai kedua mereka di Jogja dan langsung populer foto-fotonya di sosial media. Konsep yang diusungnya adalah perpaduan antara modern kontemporer dan minimalis dengan dominasi warna monokrom seperti putih, hitam dan cokelat kayu. Dengan kombinasi seperti itu, sudah pasti foto di sudut manapun di café ini rasanya nggak bakalan gagal!

 

  1. Kava Coffee & Vintage Store

Alamat: Jl. Monumen Jogja Kembali No. 47, Yogyakarta

Jam Buka: 15.00 – 24.00

Tak seperti tempat ngopi pada umumnya yang sudah buka dari pagi, Kava Coffee justru baru mulai beroperasi di sore hari. Seperti tagline-nya “All you need is love and more coffee”, suasana hangat khas rumahan langsung terasa begitu kita menjejakkan kaki ke sini. Konsep vintage-nya bisa dilihat dari penggunaan furnitur dan berbagai ornamen bernuansa jadul dan ubin bermotif khas rumah-rumah tempo doeloe.  Dengan harga yang sangat terjangkau (antara Rp9.000 – Rp20.000), tak heran kalau Kava Coffee jadi salah satu tempat favorit untuk nongkrong sambil ngopi bareng temen-temen.

 

  1. Saorsa

Alamat: Jl. Sulawesi Raya No. 16 Yogyakarta (belakang Inul Vista)

Jam Buka: 15.00 – 23.00 (Minggu – Jumat)

Photo Credit: @arzelloo

Tempatnya yang mungil, dan lokasi yang strategis namun “nyempil” jauh dari keramaian membuat tak terlalu banyak orang yang tahu soal coffeeshop ini. Padahal tempatnya sangat asyik dan nyaman untuk nongkrong di sore hari. Selain ubin vintage bercorak warna merah bata dan hitam, serta keberadaan sepeda onthel antik sebagai pemanis ruangan, yang membuat Saorsa tambah unik adalah langit-langitnya yang dipenuhi sulur-sulur tanaman merambat. Instagrammable banget deh pokoknya!

 

  1. Kopi Klotok Pakem

Alamat: Jl. Kaliurang Km. 16, Yogyakarta

Jam Buka: 07.00 – 22.00

Photo Credit: @happy_pinalang

Ini dia satu lagi tempat makan dan ngopi yang lagi hits di sosial media. Berada di tepi areal persawahan, Kopi Klotok Pakem memiliki bangunan utama berbentuk limas khas Jawa yang menghadap utara. Sehingga saat langit cerah mata kita tak hanya dimanjakan oleh panorama sawah nan hijau ala di Ubud, namun juga penampakan Gunung Merapi. Terutama kalau kita memilih duduk di teras belakang atau bahkan di lesehan di hamparan rumput. Karena mengusung konsep kampung nan sederhana (memasaknya pun menggunakan kayu bakar!), tempat ini adalah tempat yang pas untuk merasakan sensasi ngopi ala warga pedesaan sambil ngemil pisang goreng panas.

 

  1. Kedai TOV

Alamat: Jl. Dlingo – Patuk, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta

Jam Buka: 13.00 – 22.00 (Selasa – Kamis), 13.00 – 00.00 (Jumat – Minggu)


Photo Credit: @hestirismanti

Sama seperti Kopi Klotok, tempat ngopi yang satu ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah sebagai daya tariknya. Bedanya, di sini pengunjung akan disuguhi panorama lembah dan kota dari ketinggian. Lokasinya berada di kawasan Bukit Bintang, yang juga dijuluki Puncak-nya Yogyakarta. Jadi bisa dipastikan, entah itu siang atau malam, pemandangan di sini nggak bakal mengecewakan. Kalau siang atau sore kamu bisa menikmati view perbukitan nan hijau dan juga sunset, maka di malam hari gemerlap lampu kota dan cahaya bintanglah yang mengambil alih. Bener-bener tov markotov!

 

  1. Aroma Kasongan

Alamat: Jl. Kasongan Raya 69 (dari gerbang Kasongan ke Barat 250m) Yogyakarta

Jam Buka: 10.30 – 18.00 (Weekday), 10.30 – 19.00 (Weekend), Selasa tutup

Photo Credit: @atikha_p

Apakah kamu ingin menikmati secangkir kopi ataupun bersantap dengan suasana pedesaan yang begitu tenang? Maka mampirlah ke Aroma Kasongan, sebuah restoran yang terletak di desa wisata gerabah Kasongan, Bantul. Tempat yang berinterior unik layaknya rumah nenek ini terdiri dari dua bagian, yaitu indoor dan outdoor. Bagian outdoor-nya berbatasan langsung dengan pemandangan sawah yang menyegarkan mata. Dan salah satu sudut favorit pengunjung untuk foto-foto adalah dinding yang dihiasi oleh daun-daun jendela bekas berwarna-warni.

 

  1. Baki Dimsum & Coffee

Alamat: Jl. Pintu Selatan UPN Kav. Madukismo No.11c, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta 55281

Jam Buka: 16.00 – 00.00

Jogja selalu istimewa, begitu pula dengan suasana senja di kota yang kaya akan tradisi dan budaya ini. Dan salah satu tempat favorit kami di Jogja untuk menghabiskan waktu di sore hari sambil ngopi dan bercengkerama adalah area rooftop di Baki Dimsum & Coffee yang begitu santai dan menyenangkan. Pilihan kopi yang disajikan di sini pun termasuk banyak dan beragam, jadi hampir bisa dipastikan apapun yang kamu suka ada. Selain kopi, menu andalan di Baki adalah dimsum dan juga aneka susu.

 

  1. Kafe 80’s Bocor Alus

Alamat: Dusun Tarudan,Sewon – Bantul, Jl Paris Km. 5,5 (200m selatan Pyramid ke timur) Yogyakarta

Jam Buka: 10.00 – 23.00

Anak generasi 80an pasti bakal suka dengan tempat ini, pasalnya di setiap sudut ruangannya terpajang  tak kurang 1000 barang jadul yang sebagian besar berasal dari era 80an. Tak heran, mengingat sang pemilik adalah pemilik hobi jual beli barang antik. Dan namanya orang Jogja pasti tak jauh dari dagelan, jadi jangan heran kalau di dalam café ini kamu akan menemukan kalimat-kalimat jenaka ala tulisan di badan truk, seperti “Elek yo ben pokoke nggaya”, “Balekno kemulku, Sri”, “Boleh miskin asal bahagia”, dan lain-lain. Oh ya, di café tanpa WiFi ini (supaya ngobrol) pengunjung juga bisa menyewa kostum jadul buat foto-foto.

 

  1. Kedai Filosofi Kopi

Alamat: Palagan KM 8.2, Jl. Pandhawa, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Jam Buka: 16.00 – 23.00

Berangkat dari kesuksesan film Filosofi Kopi yang diangkat dari novel berjudul sama, tempat ngopi yang terinspirasi dari film tersebut didirikan. Kedai Filosofi Kopi yang ada di Jogja merupakan cabang kedua mereka setelah Jakarta. Berbeda dengan di Jakarta, suasana di cabang kedua ini terasa kental dengan unsur Jawa – terlihat dari bangunan utama yang berbentuk joglo di tengah-tengah pepohonan yang teduh dan asri. Menariknya selain bisa duduk di area outdoor yang adem, pengunjung juga bisa lesehan tepat di depan bar sambil ngobrol dengan barista.

 

 

2 thoughts on “10 Tempat Ngopi Kece di Jogja yang Instagrammable

Leave a Reply