10 Tempat Nongkrong Paling Asyik dan Keren di Makassar

Aga kareba? Itulah sapaan ramah yang akan kamu temui kalau berkunjung ke Makassar. Sebagai kota terbesar dan termaju di wilayah timur Indonesia, ternyata ibukota Sulawesi Selatan nggak kalah sama kota-kota di Pulau Jawa lho kalau sudah ngomongin soal tempat-tempat nongkrong dan café yang asyik. Pilihannya pun kini semakin beraneka dan masing-masing menawarkan pengalaman tersendiri.

Kali ini kami tidak akan membahas soal jajanan atau streetfood Makassar yang kelezatannya sudah tersohor (kamu tinggal pilih saja jajanan kaki lima yang ada di depan mata, pasti nggak bakal kecewa), melainkan café-café dengan desain dan konsep yang unik serta nyaman sebagai tempat nongkrong dan berkumpul bersama teman-teman maupun keluarga.

Anyway, kalo kamu mau merencanakan liburan ke Makassar, jangan bingung lagi mencari akomodasi yang murah dan nyaman, karena ini ada beberapa rekomendasi kamar hotel murah di Makassar dari ZEN Rooms yang  bisa kamu pilih. Tunggu apa lagi, buruan pesan tiket pesawat!

 

  1. La Buana Café & Resto

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo No.60, Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan 90232

Jam Buka: 09.00 – 00.00

Telepon: (0411) 434 260

Kalau kamu mencari tempat nongkrong yang asyik di sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam di kejauhan, maka La Buana Café adalah tempatnya.  Café ini mengusung konsep taman dengan aneka tanaman hijau nan asri menghiasi baik area indoor maupun outdoor.  Yup, bagian outdoor  dari café ini ada dua, yaitu di bagian bawah dan di lantai paling atas alias rooftop – dan keduanya menawarkan suasana taman yang bikin adem. Tapi kalau mau duduk di dalam ruangan juga nggak kalah seru kok, dengan jendela-jendela berukuran besar, pemandangan kota pun bisa kamu nikmati sambil menyeruput secangkir kopi panas ditemani pisang goreng. Yummy!

 

  1. Undercoffee Music Cafe

Alamat: Jl. Tamalanrea Raya, Bundaran BTP, Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Makassar, Sulawesi Selatan

Nongkrong bareng temen-temen, sambil ngopi, ngemil dan menyaksikan pertunjukan music live ataupun nobar, semua bisa kamu lakukan di tempat yang lumayan baru ini. Secara tampilan, Undercoffee memang tidak terlalu mewah, bahkan termasuk sederhana, namun suasana hangat dan kebersamaan yang ditawarkan di sini menjadi sebuah nilai plus yang membuat siapapun betah berlama-lama nongkrong di sini sambil berbagi ide dan cerita. Nggak percaya? Buktikan aja sendiri.

 

  1. Masakini Food and Gallery

Alamat: Jl. Pengayoman No.38A, Masale, Panakkukang Mas, Makassar, Sulawesi Selatan 90231

Jam Buka: 09.00 – 23.00

Telepon: (0411) 891 1470

Photo Credit: @nurdiansyahhhh

Hangout atau bersantap bersama anak kecil kini tak jadi masalah, karena di Masakini Food & Gallery kamu bisa menemukan berbagai permainan seru yang ada di area permainan di bagian timur café ini. Meski bernama Masakini, namun café berlantai tiga yang mengusung konsep industrial building ini begitu kental dengan sentuhan vintage yang terlihat kental dari pemilihan ubin jadul dan aneka furnitur yang ada di setiap sudutnya. Pada waktu-waktu tertentu, café yang terkenal dengan menu andalan Masakini Rice Bowl ini juga menghadirkan hiburan music live untuk menemani suasana santaimu.

 

  1. The Society at Melia Makassar

Alamat: Melia Makassar, Jl. Andi Mappanyukki No. 17, Makassar, Sulawesi Selatan 90125

Telepon: (0411) 6017 999

Jam Buka: 17.00 – 02.00

Photo Credit: @fitriyanirh

Jika ingin mencari tempat nongkrong di Makassar yang sedikit berkelas dengan sajian menu berstandar internasional dan suguhan panorama spektakuler, then this is it! Berada di lantai 20 hotel Melia Makassar, inilah tempat paling asyik untuk menikmati senja di Kota Makassar dari ketinggian.  Apalagi kalau sambil ngemil tapas dan menyesap cocktail! Dan ketika matahari mulai bersembunyi, maka gemerlap cahaya bintang dan lampu Kota Makassar pun bisa kamu saksikan lewat panorama 360 derajat!  Ini baru namanya kemewahan yang hakiki.

 

  1. Party Girls

Alamat: Jl Boulevard Ruko Jasper 2 No. 21 (depan Mall Panakkukang), Makassar, Sulawesi Selatan

Telepon: (0411) 430 388

Jam Buka: 11.00 – 23.00

Yass gurls! Inilah tempat nongkrong di Makassar yang cewek banget – terlihat sekali dengan desainnya yang begitu feminine dengan dominasi unsur warna-warna pastel yang begitu sweet, persis seperti aneka sajian milk tea dan smoothies yang jadi menu utamanya. Entah itu sekadar bercengkerama, arisan atau pesta ulang tahun sekalipun, semua bisa kamu lakukan di café yang lisensinya berasal langsung dari Taiwan ini. Dan asyiknya, kalau kamu mau merayakan ulang tahun atau acar di sini, kamu bebas mau mendekorasi ruangannya sesuai dengan keinginan.

 

 

  1. Eulogia Café

Alamat: Jl. Gunung Lompo Battang No.127, Makassar, Sulawesi Selatan 90157

Jam Buka: 08.00 – 00.00

Photo Credit: @frisildacarolina

Desain interior yang nyentrik dengan menjadi konsep yang diusung café yang baru buka tahun 2016 lalu ini. Unsur kayu tampak begitu mendominasi baik dari lantai, ornamen jam-jam dinding antik, hingga aneka furniturnya. Pertama kali melangkahkan kaki di sini, yang pasti langsung mencuri perhatian adalah mural bergambar kamera yang seolah ingin menunjukkan bahwa café ini adalah tempat yang sangat Instagrammable. Sentuhan British juga terasa lewat sofa besar bermotif Union Jack dan juga replika bilik telepon umum khas London.

 

  1. Cut N’ Cup Barbershop & Coffee

Alamat: Jl. Monginsidi No.128, Maricaya, Makassar, Sulawesi Selatan 90143

Telepon: (0411) 891 0084

Jam Buka: 09.00 – 21.00

Semua pasti setuju kalau kami katakan menunggu adalah pekerjaan paling membosankan di dunia, termasuk menunggu giliran potong rambut atau menunggu pasangan sedang dicukur rambutnya. Tenang, hal itu nggak bakalan terjadi di Cut N’ Cup Barbershop & Coffee ini. Tidak banyak kan tempat ngopi yang lokasinya menyatu dengan barbershop seperti di sini? Interiornya yang clean dan minimalis sekilas mengingatkan kita akan design ala Skandinavian. Meskipun menyatu dengan tempat potong rambut, namun mereka tidak main-main lho soal menu yang disajikan. Selain kopi, ada juga aneka cake yang tampilannya terlalu cute untuk disantap.

 

  1. Urbanistbox – Eat, Work & Play

Alamat: Jl. Pelita Raya No.2, Balla Parang, Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan 90231

Telepon: 0853 9495 5657

Jam Buka: 10.00 – 01.00

Photo Credit: @ariifachri

Namanya nongkrong, tak hanya bisa diisi dengan senda gurau dan haha-hihi saja. Ada baiknya kalau sesekali kita hangout bareng temen sambil melakukan hal-hal yang produktif sekaligus kreatif, seperti mengerjakan tugas/proyek bareng misalnya. Dan semuanya itu bisa diakomodasi di Urbanistbox. Dengan konsep industrial dan semi-outdoor, di sini terdapat sejumlah area, yakni KEMAE Co-working, LAMAROWA Eatery, dan area pujasera yang disebut UBOX. UBOX-nya sendiri terdiri dari bangunan unik berbentuk container, yang menjual aneka makanan dan minuman. Mengingat tempat ini merangkap juga sebagai coworking space, jadi soal kecepatan internet nggak perlu diragukan lagi.

 

  1. Mark Trees Café

Alamat: Jl. Gn. Batu Putih No.2, Mangkura, Makassar, Sulawesi Selatan 90114

Jam Buka: 10.00 – 00.00

 

Ngopi di taman tanpa harus khawatir kehujanan atau kepanasan? Kamu bisa menikmatinya di Mark Trees Café. Nuansa alami begitu terasa di café yang beroperasi sejak 2 tahun lalu, bahkan di bagian dalamnya terdapat pohon-pohon asli yang dibiarkan seperti adanya! Lokasinya agak jauh dari jalan besar, sehingga memberikan ketenangan dan jauh dari kebisingan dan polusi. Hebatnya, kopi yang disajikan di sini berasal dari para petani langsung yang ada di Toraja dan Bantaeng – yang kemudian di-roast dengan cara tradisional.

 

  1. Cinnamon Café & Dessert

Alamat: Jl. Sultan Alauddin No.108, Mannuruki, Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan 90223

Telepon: 0822 9162 7319

Jam Buka: 11.00 – 22.00

Photo Credit: @udhazikir

Menikmati dessert di tempat yang sangat berwarna-warni? Hmm.. sudah terbayang betapa banyak Instagram-worthy moment yang bakal tercipta di tempat ini. Jadi tak heran kalau Cinammon Café ini nyaris selalu ramai oleh pengunjung. Ada dua are adi sini, yaitu outdoor dan indoor, jadi kamu bisa memilih duduk di manapun. Selain ruangan utamanya, salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto di sini adalah tangga untuk menuju ke lantai atas, karena di setiap anak tangganya dituliskan kata-kata mutiara yang menarik. BTW, kalau ke sini mesti nyobain Cheese Cake-nya!

 

Leave a Reply