10 Tempat Wisata Alternatif di Bogor yang Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya

Apa tempat favorit kamu setiap kali menghabiskan liburan akhir pekan di Bogor? Pasti tak jauh-jauh dari café dan wisata kuliner, Kebun Raya Bogor, JungleLand, ataupun Puncak. Tahukah kamu kalau Bogor lebih dari itu!

Kami yakin pasti kamu belum pernah berkunjung atau bahkan mendengar sebagian besar dari tempat-tempat wisata menarik di bawah ini. Lumayan kan, buat jadi alternatif pilihan tempat liburan mendatang?

Atau mungkin kamu berencana sekalian liburan akhir tahun di Bogor bulan depan? Kalau begitu, segeralah memesan kamar hotel murah dari ZEN Rooms karena ada promo EARLY BOOKING, di mana kamu akan mendapat diskon 20% untuk menginap di bulan Desember 2017 atau Januari 2018 jika menggunakan kode promo EARLY20. Tapi ingat, promo ini hanya berlaku jika pemesanan dilakukan paling lambat tanggal 15 November 2017. Makanya buruan!!

 

  1. The Ranch Mega Mendung

Alamat: Jl. Raya Puncak Cianjur No. 428, Desa Leuwimalang, Cisarua, Bogor

Photo Credit: @gitapelangii

Tempat wisata keluarga ini merupakan cabang dari D’Ranch yang ada di Lembang Bandung. Sama seperti “saudaranya”, di sini kamu juga bisa menjumpai berbagai wahana menarik, mulai dari aneka kuliner, aneka satwa, arena berkuda, rumah Eropa, rumah kelinci dan masih banyak lagi. Suasana yang sejuk dijamin bikin anak-anak nggak bakal rewel menghabiskan waktu lama di sini.

 

  1. Bukit Alesano

Alamat: Desa Cijeruk, Bogor (dekat Balai Embrio Ternak)

Photo Credit: @rumah.main

Bukit Alesano merupakan tempat yang sangat recommended  buat kamu yang ingin mencari lokasi kemping nan asri tak terlalu jauh dari Jakarta. Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, maka hawa di sini lumayan dingin. Dan kalau beruntung alias langit cerah, kamu bisa melihat panorama Gunung Pangrango di kejauhan! Bukan cuma siang aja mata kamu bakal dimanjakan, saat malam pun gemerlap lampu kota di kejauhan tampak seperti jutaan kunang-kunang yang amat indah.

 

  1. Puncak Mustika Manik

Alamat: Jalan Gunung Picung, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor

Photo Credit: @windirosah

Terbayang nggak rasanya bersantai di sebuah saung yang tergantung di tepi jurang? Kedengarannya sih memang mengerikan, namun begitu mencobanya di Puncak Mustika Manik pasti kamu bakal ketagihan. Bukan itu saja lho spot selfie keren di Puncak Mustika Manik, masih ada beberapa lainnya yang masing-masing menawarkan keindahan hamparan pepohonan hijau dan pegunungan. Asyik deh pokoknya!

 

  1. Panorama Pabangbon

Alamat: Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor

Photo Credit: @praroots

Bagi yang hobi foto-foto, rasanya rumah pohon ini wajib kamu singgahi jika liburan ke Bogor karena di sini ada banyak spot keren dan menarik. Salah satunya adalah gardu pandang yang bertumpu pada pohon yang besar dengan suguhan perbukitan hijau dan angin sepoi-sepoi yang bikin woles abis atau ayunan di ketinggian yang mendebarkan.

 

  1. Leuwi Balong Endah

Alamat: Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor

Photo Credit: @mulmamul

Andalan wisata alam di Bogor apa lagi kalau bukan curug alias air terjun. Untuk menuju ke sini memang harus butuh ekstra energi karena kamu harus melintasi jalan makadam yang menanjak. Namun setibanya di Balong Endah, pasti nggak menyesal sama sekali deh. Airnya benar-benar jernih – bahkan kamu sampai bisa melihat dasar sungai! Ditambah lagi dengan warna hijau yang kontras dari dinding batu yang ditumbuhi lumut di kanan-kirinya. Eksotis abis. Dan pastinya, aman untuk direnangi!

 

  1. Rumah Pohon Curug Ciherang

Alamat: Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Bogor

Photo Credit: @ki_gentar_alam

Berada tak terlalu jauh dari tempat wisata Curug Ciherang, rumah pohon ini sempat menjadi viral di media sosial karena bentuknya yang unik. Untuk menuju ke sini kamu harus menyeberangi sebuah jembatan kayu terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu bisa menginjakkan kaki di rumah pohon yang berada di antara dahan-dahan pohon besar yang seperti berasal dari negeri dongeng.

 

  1. Kolam Air Panas Gunung Peyek

Alamat: Gunung Peyek, Ciseeng, Bogor

Photo Credit: @budak_bogor

Impian memiliki jacuzzi dengan air panas pribadi belum kesampaian? Tenang, kamu dapat mendapatkan yang lebih keren dari itu di Gunung Peyek. Di tengah-tengah sebuah area persawahan di kawasan Ciseeng Bogor terdapat tiga lubang yang membentuk kolam alami dengan air panas yang mengalir sepanjang tahun. Tempat ini bisa dibilang sebagai lokasi tersembunyi karena belum banyak yang tahu. Makanya buruan ke sana sebelum menjadi HITS!

 

  1. Hobbit Hill Eco Village & Resto

Alamat: Jl. Boulevard No. 88 Harvest City, Cileungsi, Bogor

Photo Credit: Renky Spheriks

Jika ingin mencari tempat liburan untuk keluarga yang mendidik dan sarat akan aktivitas, maka bawa saja keluargamu ke sini. Ada beberapa fasilitas permainan di sini untuk ketangkasan seperti wall climbing untuk anak dan dewasa, lorong ban, dan juga arung jeram, flying foxcamping ground, dan arena outbound untuk keluarga. Selain itu, di sini anak-anak juga bisa belajar bercocok tanam dan berladang di sawah dan kebun.

 

  1. Kampoeng Air Katulampa

Alamat: Jl. Bendung Katulampa No. 45, Bogor

Photo Credit: @kampoengkatulampa

Bagi warga Jakarta, nama Katulampa identik dengan bendungan penampung air hujan di Bogor sebagai barometer banjir ibukota. Padahal di sini ada banyak tempat wisata menarik yang patut dikunjungi, salah satunya adalah Kampoeng Air Katulampa. Di sini  para pengunjung tidak hanya bisa memancing ikan saja, namun juga dapat mencicipi berbagai wahana yang terdapat di lokasi ini seperti, outbound, arung jeram, serta camping ground.

 

  1. Kuntum Farmfield

Alamat: Jl. Raya Tajur No. 291, Bogor

Photo Credit: @i_am_pom

Terletak di daerah Tajur, cuma butuh 20 menit untuk ke sini begitu keluar dari tol Jagorawi. Seperti wisata farmhouse lainnya, di Kuntum Farmfield ini terdapat hewan ternak mulai dari sapi, kambing, kelinci, kolam ikan, burung, dan perkebunan. Anak-anak bisa diajak memberi makan kambing dan sapi.  Untuk Kambing kecil dan kelinci dibiarkan lepas di area kandangnya, jadi anak-anak bisa lebih leluasa mainnya.

Leave a Reply