10 Tempat Wisata Keren di Bintan untuk Liburan Akhir Tahun

Identik sebagai destinasi liburan favorit warga Singapura, Pulau Bintan menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang memesona. Bintan juga merupakan pulau terbesar di provinsi Kepulauan Riau. Sayangnya, bagi wisatawan lokal destinasi ini belum sepopuler tetangganya yaitu Batam maupun negeri jiran Singapura.

Oleh karena itu kali ini kami akan mengajak kamu jalan-jalan mengeksplorasi keindahan Pulau Bintan.

Sebagai pilihan akomodasi selama liburan di Pulau Bintan, jangan lupa untuk memesan kamar hotel murah dari ZEN Rooms. Apalagi sekarang ada promo istimewa, jika kamu menggunakan kode promo EARLY15 saat memesan kamar di ZEN Rooms di Indonesia dan asia untuk periode booking hingga 31 Desember 2017 dengan periode menginap bebas, maka kamu akan mendapatkan diskon tambahan sebesar 15%!

 

  1. Tanjung Uban

Photo Credit: @linadaffa

Kota Tanjung Uban merupakan dari Pulau Bintan akses untuk ke Pulau Batam dan Singapura. Nah, di Tanjung Uban ini, kamu bisa menemukan tempat yang sangat luar biasa, yaitu bekas tempat penambangan pasir, di mana terdapat gundukan bukit pasir yang berbentuk tak beraturan namun memancarkan keindahan yang begitu eksotis bak di Gurun Sahara.

 

  1. Toapaya Asri

Photo Credit: @lukman_hakim2909

Tempat dengan pemandangan menakjubkan ini berada di Desa Toapaya. Nama Toapaya sendiri berasal dari kata “Toa” yang berarti besar dan “Paya” yang bermakna rawa-wawa. Jadi Toapaya berarti rawa-rawa yang membentang lebar di sepanjang desa. Untuk menyaksikan keindahan alam desa ini yang masih asri, kamu bisa naik ke atas bukit dan melihat hamparan permadani hijau sejauh mata memandang.

 

  1. Danau Biru

Photo Credit: @girandaaraff

Danau yang terletak di Desa Busung ini sebetulnya terbentuk tidak secara alami, melainkan akibat dari bekas galian tambang pasir. Dijuluki Danau Biru karena lubang-lubang bekas galian tersebut terisi oleh air hujan dan ika dilihat saat cuaca cerah akan memancarkan warna biru turqoise yang menawan berpadu kontras dengan bukit-bukit pasir berwarna cokelat muda.

 

  1. Pantai Pengudang

Photo Credit: @thiozard

Tak hanya keindahan pantainya saja yang memukau para pengunjung, namun perbukitan di sekeliling serta hamparan bebatuan unik yang ditemukan di kawasan ini juga menjadi salah satu pesonanya selain hamparan ilalang bak savana. Lokasi Pantai Pengudang sebenarnya cukup dekat dari Ibukota Kabupaten Bintan, yakni hanya membutuhkan perjalanan selama kurang lebih 30 menit. Namun karena lokasi menuju pantai ini cukup terjal dan berliku, banyak orang yang belum mengetahui keberadaan tempat ini

 

  1. White Sands Island (Pulau Beralas Pasir)

 

Photo Credit: @fahmiujiyanto

Kalau kamu pecinta pantai dan laut, maka Pulau Beralas Pasir atau White Sands Islands adalah surga kecil yang wajib dikunjungi. Pulau ini memiliki bentuk memanjang dan didominasi oleh pepohonan hijau dan pasir putih serta dikelilingi lautan berwarna biru kehijauan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, di antaranya berjemur, watersports, menjelajahi hutan bakau, snorkeling, dan sebagainya.

 

  1. Grotto Santa Maria

Photo Credit: Sunarto Stephanus

Gua ini merupakan tempat ziarah umat Katolik di Bintan. Selain Gua Maria, ada kapel dan sarana untuk ibadat jalan salib. Lokasi Gua Maria ini dekat dengan daerah wisata Pantai Trikora, maka dikenal juga dengan nama Gua Maria Trikora. Kalau kamu suka melakukan rekreasi sambil berwisata religi ke tempat yang tenang, maka jangan lewatkan kunjungan ke sini.

 

  1. Lagoi Bay Lantern Park

Photo Credit: @tjinlee

Lagoi Bay Lantern Park didirikan di atas lahan seluas 4000 m2 dengan panjang lintasan 300 m. Di sini mata kamu bakal dimanjakan dengan 21 macam replika hewan yang berwarna warni dan berlampu di malam harinya. Waktu terang juga sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin belajar dari papan ilmu atau knowledge board yang tersedia di masing-masing satwa.

 

  1. 500 Lohan Temple (Vihara 1000 Wajah)

Photo Credit: @sourbacon

Nama resmi tempat ini sebetulnya Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, namun pengunjung lebih mengenalnya dengan nama 500 Lohan Temple. Alasannya adalah di dalam vihara ini terdapat 500 buah patung Lohan dengan berbagai ekspresi wajah serta lebih dari 40 patung dewa-dewa dalam kepercayaan umat Buddha lainnya. Kabarnya, patung-patung tersebut dibuat langsung oleh para seniman dari Tiongkok!

 

  1. Pantai Senggiling

Photo Credit: @drawan0311

Karena akses jalan menuju Pantai Senggiling agak susah, sehingga membuat pantai ini kurang dikenal wisatawan. Pantai ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya, di Pulau Batam, karena memiliki bibir pantai yang sangat panjang dan pasir putih yang terasa lembut. Di sekitar pantai ini juga terdapat kampung Senggiling yang menjadi tempat pelestarian penyu, kamu bisa ikut melepas anak-anak penyu ke laut setelah penyu menetas dan berumur tiga hari.

 

  1. Pulau Mapur

 

Photo Credit: @robbi_hafzan

Pulau Mapur menyimpan keindahan pantai dan pesona bawah laut yang luar biasa, ada lebih dari 5 pantai dengan garis pantai yang luas dan berpasir putih dengan tebing tebing batu granit di tepian pantainya. Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung selama berada di Pulau Mapur. Mulai dari memancing, berenang, jalan-jalan keliling pulau, atau sekadar bersantai menikmati suasana pantai. Jika ingin menikmati keindahan bawah lautnya, snorkeling bisa jadi pilihan.

 

 

Leave a Reply