10 Tempat Wisata Keren di Solo dan Sekitarnya Buat Mengisi Liburan

Dengan situasi Gunung Agung di Bali yang tak menentu, tentu kamu waswas memikirkan rencana mengisi long weekend nanti. Mungkin Solo bisa jadi alternatif destinasi liburan kamu.

Walaupun tidak sepopuler “saudaranya”, Yogyakarta, ternyata ada banyak kok spot-spot kece di Solo untuk dikunjungi. Nah, tentu saja ini adalah momen yang tepat untuk berkunjung ke sana. Selain tak perlu khawatir akan gunung meletus, akses ke sana dari Jakarta pun cukup mudah, bisa naik pesawat, kereta api, atau bahkan bis kota.

Sebagai opsi tempat menginap yang terjangkau dan strategis di Kota Solo, jangan lupa untuk memesan kamar hotel murah dari ZEN Rooms.

 

  1. Museum Batik Danar Hadi

Alamat: Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 261, Surakarta

Photo Credit: @rahmadyadyy

Buat kamu pecinta kain tradisional batik, berada di tempat yang begitu indah ini serasa seperti di surga. Kamu bisa melihat koleksi batik kuno yang terbagi dalam sembilan jenis batik, yaitu Batik Belanda, Batik Cina, Batik Djawa Hokokai, Batik Pengaruh India, Batik Kraton, Batik Pengaruh Kraton, Batik Saudagaran dan Batik Petani, Batik Indonesia dan Batik Danar Hadi yang semua ditata apik dan rapi.

 

  1. Kraton Kasunanan Surakarta

Alamat: Kelurahan Baluwarti, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta

Photo Credit: @berlianindah_

Tidak seperti keraton pada umumnya, Keraton Kasunanan didominasi oleh unsur berwarna biru langit yang mencolok. Salah satu bangunan bertingkat yang menarik di Keraton Kasunanan yaitu Menara Sanggabuwana, konon menjadi tempat bertemunya Ratu Laut Selatan dengan Raja. Menara ini didirikan oleh Sri Susuhan Pakubuwono III pada tahun 1782. Menara setinggi 30 meter ini berfungsi sebagai menara dan tempat memata-matai Belanda pada masa penjajahan.

 

  1. Pasar Triwindu Ngarsopuro

Alamat: Jalan Diponegoro, Surakarta

Photo Credit: @misstiw

Dibangun pada tahun 1939, Pasar Triwindu telah berganti wajah beberapa kali. Dahulu, pasar ini dibangun bertepatan dengan 24 tahun Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VII bertahta. Menarik berkunjung ke Pasar Triwindu, seakan-akan pengunjung menuju lorong waktu dan kembali ke masa lalu, melihat berbagai barang tradisional seperti cangkir, telepon tua, mesin ketik, radio dan masih banyak lagi.Ya, inilah pasar antik terbesar di Solo.

 

  1. Bukit Hope Karanganyar

Alamat: Matesih – Tawangmangu, Jatiyoso, Karanganyar

Photo Credit: @wahyu.nug02.13

Berjarak hanya 14 KM dari pusat kota Surakarta, wisata terbaru di Karanganyar ini kian populer di sosial media karena keindahannya. Bukit Hope menawarkan pemandangan alam dataran tinggi yang sangat indah  dengan berbagai gardu pandang dalam berbagai bentuk, seperti kupu-kupu, bintang, perahu, dan lain sebagainya. Instagrammable banget deh!

 

  1. Umbul Tirto Mulyo Boyolali

Alamat: Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Boyolali

Photo Credit: @ashari.riri

Ingin merasakan berenang di pemandian ala keluarga kerajaan tempo doeloe? Di Umbul Tirto Mulyo impian kamu bisa terwujud. Pemandian ini tidak begitu dalam kurang lebih 1.5 – 2 meter berbentuk persegi dengan pagar tembok gaya lawas dengan dua buah gerbang besar di sebelah utara dan selatan yang kental dengan corak Kerajaan mataram, karena wilayah ini sebelumnya merupakan daerah kekuasan Kerajaan Surakarta. Di tengah pemandian ini terdapat mata air (umbul) sumber air dari kolam ini.

 

  1. Puro Mangkunegaran

Alamat: Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Surakarta

Photo Credit: Dinas Pariwisata Kota Solo

Selain Keraton Kasunanan, Kota Solo juga memiliki istana yang indah dan megah bernuansa Eropa, yaitu Pura Mangkunegaran. Nama Pura berasal dari bahasa Jawa yang artinya istana atau kerajaan. Pura Mangkunegaran menjadi pusat budaya dan seni di Kota Solo. Berbagai koleksi berharga yang ada di dalam istana dipercaya berasal dari Kerajaan Mataram dan Majapahit.

 

  1. Lembah Semilir Ngargoyoso Karanganyar

Alamat: Desa Milir, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar

Photo Credit: @anisawalimah123

Berjarak sekitar 25 KM dari Kota Solo, Lembah Semilir menyuguhkan panorama perbukitan dan hamparan kebun teh yang membentang bak permadani hijau. Salah satu spot selfie di Lembah Semilir adalah Rumah Hobbit yang keren banget. Selain itu ada pula gardu-gardu pandang yang menawarkan daya tarik yang tak kalah menggoda, apalagi buat para Instagrammer.

 

  1. Taman Balekambang

Alamat: Jalan Balekambang No. 1, Surakarta

Photo Credit: @ashari.riri

Belasan pepohonan yang tumbuh di tanah seluas lima hektar lebih ini menjadikan siapa saja yang datang senantiasa merasa sejuk. Berbagai macam satwa hewan seperti rusa, monyet kecil, dan juga angsa sengaja dipelihara sebagai objek hiburan bagi para pengunjung khususnya bagi anak-anak.

 

  1. Jembatan Gantung Kerjo Karanganyar

Alamat: Sengon, Kecamatan Kerjo, Karanganyar

Photo Credit: @penebardebu

Jembatan gantung yang fotojenik ini menghubungkan Dukuh Bangkle, Desa Karangrejo dengan Dukuh Sengon, Desa Plosorejo, Kecamatan Kerjo. Jembatan dengan struktur gantung ini akan bergoyang jika dilewati. Oleh karena itu, masyarakat setempat sering menyebutnya dengan “Kretek Hiyul – hiyul”.

 

  1. Umbul Ponggok Klaten

Alamat: Jalan Raya Ponggok – Delanggu, Kec. Polanharjo, Klaten

Photo Credit: @echo.tebe

Tempat ini merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Kamu nggak perlu takut terbawa gelombang, sebab tempat snorkling kali ini bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih. Serunya, ada banyak properti lucu-lucu yang tak biasa terdapat di dalam air!

Leave a Reply