10 Tempat Wisata Menarik di Sanur Bali untuk Suasana Liburan yang Berbeda

Bali bukan cuma Kuta, Seminyak, Nusa Dua atau Ubud Saja. Kalau kamu ingin menikmati suasana Bali yang jauh lebih tenang dan tak terlalu sesak oleh wisatawan, maka Sanur bisa dijadikan opsi destinasi liburan mendatang. Dari Bandara Ngurah Rai pun jaraknya cukup dekat, tak lebih dari 30 menit saja.

Meskipun sama-sama “menjual” suasana pantai, namun vibe yang ditawarkan Sanur jauh lebih ramah keluarga dengan pantai-pantai berpasir putih yang landai, ombak yang tenang, dan sederetan tempat makan yang menarik.

Beberapa tempat ini hanyalah sebagian kecil saja dari hal-hal seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di Sanur.

Oh ya, kalau liburan ke Bali jangan lupa menginap di berbagai kamar hotel murah dari ZEN Rooms! Dan asyiknya, selama bulan September ini ada promo istimewa buat kamu. Tinggal masukkan kode promo BALISEP15 dan kamu akan mendapatkan diskon 15% plus voucher Uber. Tunggu apa lagi???

 

  1. Big Garden Corner

Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai, Sanur, Bali

Photo Credit: @majareth

Big Garden Corner adalah objek wisata buatan berkonsep taman yang menawarkan panorama indahnya arca-arca buatan pematung yang begitu indah, hamparan sawah, dan juga tempat bersantai bersama keluarga dan teman. Tak kurang ada 600 patung bisa kamu temukan di sini, dan tak ketinggalan miniatur Candi Borobudur Rumah Pohon. Bisa dibilang, hampir setiap sudut tempat ini Instagrammable!

 

  1. Dolphin Lodge Bali

Alamat: Jl. Tirta Empul, Pantai Mertasari, Sanur, Bali

Photo Credit: Dolphin Lodge

Apakah kamu ingin merasakan pengalaman menjadi Little Mermaid dan berenang bersama lumba-lumba? Di sini impian kamu itu bisa terwujud. Dolphin Lodge merupakan sebuah pondok terapung di tengah laut di mana pengunjung bisa berinteraksi langsung (memeluk, mencium, bermain, berenang bersama) dengan lumba-lumba yang ramah dan menggemaskan selama kurang lebih 40 menit. Nggak usah takut tenggelam karena areanya cukup dangkal.

 

  1. Pantai Segara Ayu

Alamat: Jalan Pantai Segara Ayu, Banjar Taman, Sanur, Bali

Photo Credit: @surengrana

Karena masih dalam satu garis dengan Pantai Sanur dan Pantai Matahari Terbit, maka Pantai Segara Ayu juga memiliki pasir berwarna putih. Di pagi hari, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik asing maupun lokal yang datang hanya untuk menyaksikan munculnya sang surya di ufuk timur yang memancarkan sinar yang sangat indah.

 

  1. Le Mayeur Museum

Alamat: Jl. Hang Tuah, Pantai Sanur, Sanur, Bali

Photo Credit: @purisantrian

Pecinta seni lukis pasti sudah tak asing  lagi dengan nama Le Mayeur. Adrien Jean Le Mayeur de Merpres (1880-1958) adalah pelukis legendaris berkebangsaan Belgia yang sempat menetap selama 26 tahun di Bali dan menikahi wanita lokal bernama Ni Polok yang kerap dijadikan model lukisannya. Museum ini terletak ditepi Pantai Sanur, berupa bangunan dengan arsitektur Bali yang menampung kurang lebih 88 buah lukisan karya Le Mayeur. Ada pula toko souvenir kecil di samping bangunan utama buat kamu yang ingin sekadar membeli kenang-kenangan berupa kartu pos dan barang lainnya.

 

  1. Dream Island Bali

Alamat: Jl. Tirta Empul, Sanur, Bali

Photo Credit: @diahkristiyanti_

Memasuki area Dream Island kamu akan menemukan banyak spot foto keren. Tak heran kalau banyak fotografer dan pasangan mengabadikan momen istimewa mereka di sini. Ada view jembatan, pohon kering yang eksotis, barisan pepohonan di pinggir garis batas pantai, sebuah pohon kecil yang berada hampir agak di tengah laut, hingga trip menunggang unta! Tapi yang paling favorit adalah ayunan persis seperti yang terdapat di Gili Trawangan.

 

  1. Bali Sharks Rescue Center

Alamat: Jl. Tukad Punggawa No. 25, Serangan, Denpasar Selatan, Bali

Photo Credit: @lordcdoge

Buat kamu yang hobi wisata memacu adrenalin, maka berenang dengan ikan hiu tentulah sesuatu yang menyenangkan sekaligus sebuah pengalaman baru yang unik. Jenis ikan hiu yang ditangkarkan di sini adalah ikan hiu bersisip putih yang tidak berbahaya bagi manusia. Walaupun kamu tak punya cukup nyali untuk berenang bersama mereka, masih bisa kok untuk menyaksikan keberadaan ikan-ikan hiu tersebut sambil memberinya makan.

 

  1. Cooking Class di Bamboo Shoots Bali

Alamat: Sanur Beach Villas, Pantai Mertasari, Sanur Bali

Photo Credit: @gemmaheinson

Ingin mengisi liburan dengan cara yang produktif? Bagaimana kalau sambil belajar memasak di Bamboo Shoots. Jangan khawatir kalau nggak tahu apa-apa soal memasak, di sini kamu akan diajarkan memasak aneka sajian tradisional Indonesia mulai dari nol. Program istimewa ini dimulai dengan belanja ke pasar tradisional untuk membeli bahan-bahan yang akan dimasak nantinya. Seru, kan?

 

  1. Seawalker Sanur

Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai, Dunkin’ Donuts Building lantai 2, Sanur, Bali (Office)

Photo Credit: @gedesubaga

Keindahan Pulau Dewata tak hanya ada di daratan saja, namun juga di bawah laut. Lantas bagaimana cara menikmatinya kalau kamu nggak bisa berenang atau menyelam? Seawalker adalah jawabannya! Dengan Seawalker  siapa saja bisa merasakan sensasi berjalan-jalan di dasar laut sambil melihat keindahan dunia bawah laut Pulau Bali. Tenang, kamu akan dipasangkan helm dengan desain khusus sehingga bebas bernapas seperti biasa. Bahkan kamu tetap bisa pake kacamata!

 

  1. Warung Mak Beng

Alamat: Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, Bali

Photo Credit: @yenticia

Puas jalan-jalan, jangan sampai lupa makan. Katanya, ke Sanur belum lengkap kalau belum singgah ke Warung Mak Beng yang legendaris. Rasa dan aroma sup ikan buatan Mak Beng memang sangat istimewa. Harum kuah sup ikan yang disajikan panas-panas dengan nasi dan ikan goreng lengkap dengan sambal dan jeruk purutnya sangat menggugah selera. Mereka yang mengenal warung sup ikan ini, biasanya tahu dari mulut ke mulut. Bahkan,di Bali hanya ada satu lokasi warung sup ikan yang usianya lebih tua daripada negara kita ini.

 

  1. Nasi Ayam Men Weti

Alamat: Jl. Segara Ayu, Sanur, Bali

Photo Credit: @andreyongz

Satu lagi tempat makan legendaris di Sanur yang nggak boleh kamu lewatkan. Nasi campur Men Weti yang mulai buka pada jam 07.00 pagi dan akan tutup kurang lebih jam 14.00. Seporsi nasi ayamnya terdiri dari ayam kampung betutu yang disuir-suir, sambal matah, jukut sayuran/urapan, suiran ikan laut yang dibumbu dengan sambal tomat, sambal cabe goreng dicampur dengan minyak kelapa, telor pindang Bali, yang tidak ketinggalan kulit ayam goreng serta kacang tanah goreng sebagai pelengkap. Pokoknya lezat deh! Makanya, jangan heran kalau antreannya bisa mengular.

Leave a Reply