10 Tips Agar Staycation Kamu Berjalan Dengan Sukses!

Setelah mengetahui apa saja keuntungan staycation dan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan saat staycation, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan beberapa persiapan sebelum memulai staycation.

 

  1. Rencanakan Terlebih Dahulu

Iya sih, kami pernah mengatakan bahwa salah satu keuntungan dari staycation adalah bisa dilakukan tanpa banyak rencana, tapi percaya deh, membuat rencana untuk staycation nggak seribet bikin plan liburan ke luar kota/negeri kok. Mulaihlah dengan membuat daftar tempat-tempat dan aktivitas-aktivitas yang bisa dikunjungi/dilakukan di kawasan sekitar atau kota tempatmu tinggal. Jadi saat waktu staycation itu tiba, kamu nggak perlu bingung lagi memutuskan mau ke mana.

 

  1. Gunakan Media Lokal Untuk Mencari Tahu Jadwal Kegiatan Menarik

Karena staycation bisa dilakukan di dalam kota, maka mulailah rajin mengecek media lokal, entah itu suratkabar, website, milis atau forum yang rajin memuat informasi tentang hal-hal menarik maupun event-event seru yang ada di kotamu. Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak referensi dan juga rekomendasi.

 

  1. (Kalau Bisa) Jangan Lakukan Sendirian

Staycation akan lebih mengasyikkan jika dilakukan bersama teman-teman dekat. Bayangkan, dengan begitu beban yang dikeluarkan untuk biaya transportasi, BBM, makan, atau bahkan akomodasi bisa menjadi lebih ringan. Plus, asyik kan kalau punya temen ngobrol.

 

  1. Tentukan Budget

Meskipun staycation tidak seribet liburan ke luar kota/negeri, tetap saja ada baiknya kalau kamu sudah menentukan berapa besar anggaran yang akan dikeluarkan nantinya. Mulai dari tiket atraksi wisata, makan, akomodasi, dan lain-lain. Cari tahu juga informasi mengenai harga/tiket masuk dari aktivitas yang akan dilakukan/tempat-tempat yang akan kamu kunjungi.

 

  1. Periksa Prakiraan Cuaca Sebelum Keluar Rumah

Hal paling mengesalkan ketika kita sudah merencanakan liburan dengan matang adalah kondisi cuaca yang tiba-tiba buruk. Untuk mengantisipasinya, siapkanlah juga beberapa alternatif aktivitas staycation yang bisa dilakukan di dalam ruangan, seperti menonton bioskop misalnya.

 

  1. Katakan “Ya”

Di hari-hari biasa, mungkin kamu kerap mengatakan “Tidak” atau “Jangan” kepada dirimu sendiri. Karena bagaimanapun staycation itu adalah liburan, bebaskanlah dirimu untuk melakukan apa saja yang diinginkan. Eits, asal tidak melanggar hukum atau merugikan orang lain ya.

 

  1. No Diet

Sama seperti poin di atas, usahakan staycation ini kamu lupakan pantangan-pantangan, terutama soal diet. Masa lagi liburan masih cemas dengan berat badan?

 

  1. Lupakan Aturan-Aturan

Tidak bosan melakukan aturan dan rutinitas yang sama selama 5-6 hari dalam seminggu? Saat staycation, buanglah jauh-jauh rutinitas yang membosankan itu. Bangun jam 11 siang? Silakan. Pulang larut malam? Nggak ada yang larang. Makan nasi goreng tengah malam? Memakai piyama hingga sore hari? Lakukanlah apapun yang membuat kamu senang.

 

  1. Lupakan Sejenak Urusan Kantor/Kuliah

Cara paling aktif agar staycation kamu terbebas dari yang namanya urusan pekerjaan atau sekolah adalah dengan menghindari kebiasaan mengecek e-mail kantor. Bahkan kalau ada telepon yang berhubungan dengan pekerjaan, beri pengertian kepada mereka bahwa saat itu kamu sedang liburan atau cuti. Makanya, jangan lupa untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah tanggungan pekerjaan di kantor sebelum mulai berlibur.

 

  1. Akhiri Staycation Dengan Manis

Setelah merencanakan staycation dan menjalaninya, di penghujung hari mungkin kamu akan merasa letih atau pegal. Tak ada salahnya untuk menutup hari dengan berendam air hangat sambil mereguk minuman favoritmu sembari mendengarkan musik yang bikin relaks. Dijamin, besok hari-hari kamu akan kembali menyenangkan dan bisa melakukan kembali rutinitas dengan otak yang jernih.

 

Selamat staycation! Dan jangan lupa, sebagai rekomendasi pilihan akomodasi untuk staycation nanti, pesan saja kamar hotel murah dari ZEN Rooms.

One thought on “10 Tips Agar Staycation Kamu Berjalan Dengan Sukses!

Leave a Reply