11 Tempat Liburan Keluarga di Malang Paling Seru dan Menyenangkan

Saat cuaca sedang terik-teriknya seperti sekarang ini, memang paling asyik kalau kita bisa liburan ke tempat-tempat yang berhawa sejuk. Dan salah satu tempat berhawa sejuk yang memiliki banyak tempat liburan untuk keluarga tak lain dan tak bukan terletak di provinsi paling timur pulau Jawa, yaitu di kawasan Batu dan Malang.

Pilihan obyek wisatanya pun cukup beragam, ada taman rekreasi, wisata alam, waterpark, museum, dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa diantaranya ada di satu area yang cukup dekat, jadi bisa dikunjungi sekaligus! Nah, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, kapan kamu akan meluangkan waktu untuk jalan-jalan ke sana bareng keluarga?

Jangan pusing memikirkan tempat menginap, karena kami punya rekomendasi beberapa kamar hotel murah dari ZEN Rooms yang ada di Malang.

 

  1. Eco Green Park

Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314

Jam Buka: 09.00 – 17.00

Tiket Masuk: Weekday Rp40.000, Weekend Rp60.000

Berada satu lokasi dengan Jatim Park 2, Eco Green Park  menyajikan beragam wahana permainan dan pengetahuan yang bisa menambah wawasanmu. Ya, sambil bersenang-senang kita bisa menambah ilmu di sini. Tujuh buah atraksi utama yang ada di sini antara lain: taman burung World of Parrot, Rumah Terbalik, area Recycle di mana pengunjung bisa belajar soal daur ulang, Exotic White Peacock, Bird Show, Eco Journey, serta Water Outbound.

 

  1. Batu Secret Zoo

Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314

Jam Buka: 10.00 – 18.00

Tiket Masuk: Weekday Rp75.000, Weekend Rp105.000

Photo Credit: @farakarlina @eatandjournal

Digadang-gadang sebagai salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia, Batu Secret Zoo adalah tempat liburan yang pastinya amat disukai oleh anak-anak karena memadukan dua hal: binatang dan permainan. Ya, Selain dimanjakan dengan arsitektur yang apik dan satwa-satwa unik, Batu Secret Zoo Juga memanjakan pengunjungnya dengan berbagai wahana permainan di Fantasy Land seperti  Brigade Mobil Pemadam, Animal Show, Safari Car, Safari Farm, kolam renang anak bertema film Toy Story, dan masih banyak lagi.

 

  1. Museum Angkut

Alamat: Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314

Jam Buka: 12.00 – 20.00

Tiket Masuk: Mulai dari Rp60.000

Photo Credit: @adrianandhika

Museum Angkut merupakan temmpat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Makanya, jangan heran kalau di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi moda transportasi , mulai dari yang ditarik hewan sampai tenaga listrik. Terbagi dalam beberapa zona tematik, pengunjung juga bakal puas berfoto di sini. Ada zona Hollywood dengan tokoh-tokoh superhero favorit si kecil, zona Gangster Town, zona Buckingham yang membawa kita serasa di Kerajaan Inggris, dan banyak lagi. Pada jam-jam tertentu di museum ini juga diadakan parade bermobil yang menampilkan para tokoh-tokoh jagoan kegemaran anak-anak.

 

  1. Jatim Park 1

Alamat: Jl. Kartika No. 2, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314

Jam Buka: 08.30 – 16.30

Tiket Masuk: Weekday Rp60.000, Weekend Rp80.000

Photo Credit: @hendry_ar

Terletak di bagian timur lereng Gunung Panderman, Jatim Park 1 memadukan hawa sejuk dan taman rekreasi dengan puluhan wahana permainan yang sangat mengasyikkan. Di antaranya cukup mengujui adrenalin, seperti Superman Coaster, Sky Ride atau 360 Pendulum, sehingga lebih cocok untuk orang dewasa. Namun pilihan permainan untuk anak-anak pun nggak kalah banyak, mulai dari Sky Ride, Volcano Coaster, Waterboom, serta masih banyak lagi. Oh ya, setiap hari Minggu dan libur juga ada pertunjukan Volcano Show , Reptil Show, Bird Show, Live Music di amfiteater.

 

  1. Batu Night Spectacular

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314

Jam Buka: 15.00 – 23.00

Tiket Masuk: Weekday Rp30.000, Weekend Rp40.000, Terusan Rp100.000

Photo Credit: @zulfysept

Rupanya kawasan Batu tidak hanya asyik dinikmati di siang hari saja. Setelah puas seharian berkeliling kota dan mengunjungi berbagai tempat yang ada di Malang, maka di malam hari kamu bisa melanjutkan keriaan tersebut di Batu Night Spectacular. Wahana andalan yang ada di sini antara lain Lampion Garden yang berwarna-warni, pertunjukan laser dan air mancur menari, Bioskop 4 Dimensi, Rumah Hantu, beragam permainan seru, dan juga Night Market yang menjajakan berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

 

  1. Predator Fun Park

Alamat: Jl. Raya Tlekung No. 315, Kec. Junrejo, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65327

Jam Buka: 08.30 – 16.30

Tiket Masuk: Weekday Rp30.000, Weekend Rp50.000

Photo Credit: @naning_widiyawati 

Apa yang ada di bayanganmu saat mendengar kata predator? Taring tajam, badan besar, dan hewan ganas? Predator Park menunjukkan kalau predator seperti buaya tidak menyeramkan seperti yang dibayangkan. Mulai dari replika menetasnya telur buaya hingga menyentuh langsung buaya hidup, di sini kita akan diajak melihat sisi lain di balik taring tajam sang buaya. Tak hanya itu saja, Predator Park juga dilengkapi dengan beragam wahana outbound, baik untuk anak maupun dewasa. Puas berkeliling, nikmati waktu bersantai bersama keluarga di Family Fun House, saung angklung, pancing selfie, dan waterpark.

 

  1. Taman Kelinci Pujon

Alamat: Jalan Paralayang Batu, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang

Jam Buka: 08.00 – 17.00

Tiket Masuk: Rp5.000

 

Photo Credit:@ayuartjelly @s__yuono 

Karena masih tergolong baru, belum banyak orang yang mengetahui tentang Taman Kelinci yang ada di daerah Pujon, Malang ini. Terletak di kawasan yang amat sejuk dan asri, Taman Kelinci Pujon menyuguhkan pemandangan alam perbukitan yang sangat menarik, dengan daya tarik utama berupa rumah kelinci, juga wisata petik buah stroberi langsung dari pohonnya. Ada juga rumah-rumah unik yang menyerupai rumah Hobbit yang jadi favorit pengunjung untuk berfoto selfie.

 

  1. Taman Rekreasi Selecta

Alamat: Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu

Jam Buka: 06.00 – 18.00

Tiket Masuk: Rp25.000

Photo Credit: @rizal_achmad_bahrul

Meskipun sudah berusia hampir satu abad, namun taman rekreasi legendaris di kawasan sejuk Batu ini tetap menyimpan pesona yang membuat siapapun tertarik untuk berkunjung. Suasana alam yang segar, bunga-bunga berwarna-warni, serta fasilitas permainan yang bisa dinikmati oleh siapa saja membuat semua orang betah dan tak pernah bosan untuk selalu kembali ke sini.

 

  1. Bonderland Water Park

Alamat: Jl. Embong Turi, Dusun Bunder, Genengan, Pakisaji, Malang, Jawa Timur 65162

Jam Buka: 09.00 – 16.00

Tiket Masuk: Weekday Rp10.000, Weekend Rp12.000

 

Photo Credit: @arumayus

Mungkin sebagian besar dari kalian baru pertama kali mendengar tentang tempat ini. Wajar saja, karena pamornya memang tak sebanding dengan tempat-tempat wisata lain yang belakangan menjamur di Malang. Padahal, taman rekreasi yang berada di tengah-tengah hamparan sawah itu memiliki fasilitas sangat lengkap seperti permainan anak, tempat rekreasi keluarga, ayunan, motor mini, taman satwa, mini kolam air panas (jacuzzi), panggung hiburan, hall, wahana funfair, mandi bola, dan beragam permainan anak lainnya.

 

  1. BeSS Resort & Waterpark

Alamat: Malang Anggun Sejahtera Residence, Lawang, Malang, Jawa Timur

Tiket Masuk: Anak-anak Rp25.000, Dewasa Rp35.000

 

Dengan latar belakang berupa pemandangan gunung, persawahan dan juga aliran sungai, waterpark yang satu ini menawarkan pengalaman liburan keluarga yang tentunya tak akan terlupakan. Selain memiliki kolam renang infinity pool yang menghadap view gunung, di sini juga terdapat wahana permainan air lain, seperti water canon, perosotan, dan lain-lain.

 

  1. Hawai Waterpark

Alamat: Jl. Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur 65126

Jam Buka: Weekday 10.00 – 16.00, Weekend 08.00 – 17.00

Tiket Masuk: Weekday Rp75.000, Weekend Rp100.000

Taman rekreasi air untuk seluruh keluarga ini memiliki berbagai wahana seru untuk dinikmati.  Di antaranya yaitu Hawai Water House, Waikiki Beach, Waimea Stream River, Mavi Island, Rainbow Fall, Akaolu pool, Ekolu slide, Hula-hula slide, Wailele Slide. Dari sembilan wahana yang ada, ada dua wahana yang menjadi unggulan di Hawai Waterpark Malang yaitu Hawai Water House dan Tsunami pool (Waikiki Beach).

Leave a Reply