12 Spot Kece di Surabaya yang Paling Instagrammable

Meskipun lebih populer sebagai kota bisnis ataupun transit sebelum ke tempat-tempat wisata lain di Jawa Timur, seperti Malang dan Bromo, sebetulnya Surabaya juga menarik untuk dijelajahi. Selain bangunan-bangunan peninggalan kolonial dan aneka jajanan kaki lima yang menggiurkan, Kota Pahlawan ini juga menyimpan banyak spot-spot kece yang Instagrammmable banget.

Mumpung masih awal bulan, selama Oktober ini ZEN Rooms memiliki promo istimewa untuk kamu yang ingin berkunjung ke Surabaya. Gunakan kode promo ZENSBY15 saat memesan kamar ZEN Rooms di Surabaya dan dapatkan diskon tambahan sebesar 15% plus voucher Uber. Asyik, kan?

 

  1. Kampung Bulak

Alamat: Kelurahan Bulak, Jl. Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Bulak, Surabaya

Photo Credit: @pradanariky

Siapa bilang kampung warna-warni cuma bisa ditemui di Malang dan Jogja saja? Nggak mau ketinggalan tren, sebuah kampung nelayan di Surabaya juga mendandani dirinya dengan cat berwarna-warni cerah. Bahkan lebih unik dari kampung warna-warni lain, di sini bukan hanya rumah-rumah penduduknya saja yang colourful, sampai deretan perahu-perahu nelayan yang melabuh pun turut indah dipandang.

 

  1. Taman Harmoni Surabaya

Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Sukolilo, Surabaya

Photo Credit: @yuyungabdi

Taman ini dulunya adalah bekas tempat pembuangan sampah di daerah keputih. Kemudian Walikota Surabaya Ibuu Risma menyulapnya menjadi taman atau wisata ruang publik yang indah dan menarik bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya. Taman Harmoni Keputih ini memiliki tanaman yang tidak dimiliki oleh taman-taman lainnya di kota Surabaya yaitu hutan bambu yang eksotis dan bunga sakura.

 

  1. Pagoda Tian ti

Alamat: Kenjeran Park, Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya

Photo Credit: @kiga.alex

Apakah ini di Beijing, Tiongkok? Kamu salah besar, karena ini adalah Pagoda Tian Ti yang berlokasi di daerah Kenjeran. Terinspirasi dari Pagoda Tian Tan di Beijing, Cina, Pagoda Tian Ti di Surabaya ini berlantai tiga dan berbentuk bundar dengan diameter 60m dan tinggi 58m. Bahkan sebagian besar ukiran, aksesori, ornamen, warna, dan keselurahan tampilan bangunannya sangat mirip dengan pagoda yang ada di Beijing.

 

  1. Stasiun Sidotopo

Alamat: Jl. Sidotopo Wetan, Kenjeran Surabaya

Photo Credit: @pifebrianto

Stasiun ini bukanlah stasiun pemberangkatan penumpang, melainkan untuk perbaikan dan memarkirkan kereta yang akan di perbaiki. Tapi bukan itu yang membuat stasiun ini unik. Di sana kamu akan menjumpai bangkai-bangkai kereta api yang sudah tidak digunakan lagi yang ditumpuk-tumpuk. Dan spot inilah biasanya yang kerap dijadikan lokasi favorit para penyuka fotografi untuk mengambil gambar.

 

  1. Food Junction Grand Pakuwon

Alamat:  Jl. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Surabaya

Photo Credit: @andypinaria

Memanjakan mata sekaligus perut di waktu yang hampir bersamaan? Hal itu bisa kamu lakukan di Food Junction Grand Pakuwon. Ya, di sini bukan hanya menyediakan kuliner saja, namun juga banyak wahana yang bisa dicoba, seperti; permainan bebek air, festival of light, ada kereta mini, VW mini, dan masih banyak lagi. Dan salah satu sudut terkece di tempat ini sudah pasti danau buatannya yang begitu Instagrammable.

 

  1. Kebun Bibit Wonorejo

Alamat: Jalan Kendal Sari Blok RK No.70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya

Photo Credit: @putraadilaga

Murah meriah, namun indah dan memesona. Siapa sangka di Surabaya ada tempat wisata alam terbuka seperti ini. Memasuki lokasi wisata ini, kita seakan lupa kalau masih berada di kota Surabaya. Hawa yang sejuk serta asupan udara yang kaya oksigen akan membuat badan kita menjadi segar.Di tengah taman di kebun ini terdapat danau yang jadi spot paling favorit bagi para pengunjung. Tiap sudutnya dilengkapi dermaga yang sering digunakan untuk foto pre-wedding.

 

  1. Masjid Cheng Ho

Alamat: Jalan Gading, Kecamatan Genteng, Surabaya

Photo Credit: @fanisyarifah

Warna merah, kuning dan hijau membuat siapapun tak akan menduga kalau bangunan yang terlihat seperti klenteng ini sebenarnya adalah adalah masjid. Ya, arsitekturnya yang unik inilah yang membuat masjid ini populer tak hanya sebagai tempat ibadah namun juga tempat wisata. Didirikan pada tahun 2001, masjid ini merupakan bentuk rasa syukur dan penghormatan segenap muslim di Surabaya terhadap Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok yang beragama Islam.

 

  1. Wonorejo Mangrove Ecotourism

Alamat: Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya

Photo Credit: @khancel_weowee

Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantarmu menuju ke hutan yang rimbun. Untuk menyusuri hutan bakau ini kamu juga bisa berjalan di jalan setapak terbuat dari kayu yang dikelilingi hijaunya pepohonan. Di sinilah kamu bebas berfoto-foto sambil mencari angle terbaik.

 

  1. Palacio Wedding Chapel

Alamat: Jl. Nginden Semolo, Sukolilo, Surabaya

Photo Credit: @shafiraasalsabilaa8

Wedding chapel pertama yang ada di Surabaya ini, sekilas mengingatkan kita dengan kapel yang ada di Bali. Bangunan segitiga dengan struktur baja simetris dan atap serta dinding kaca membuat lokasi yang kerap dijadikan lokasi pernikahan ini tampak menarik untuk difoto, apalagi saat malam hari. Tapi kamu nggak harus menikah kok kalau mau ke sini, karena di sini juga terdapat café. Jadi sambil makan kamu bisa deh foto-foto!

 

  1. Pintu Air Jagir

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo No.74, Surabaya

Photo Credit: @saprolswt

Digunakan sejak tahun 1920-an, Pintu Air Jagir merupakan bendungan peninggalan Belanda yang masih berfungsi hingga saat ini. Saat sore menjelang petang, pengelola akan menyalakan lampu-lampu yang terpasang di badan pintu air yang menjadikan bangunan ini paling mencolok di antara pepohonan di sekelilingnya. Penampakan Pintu Air Jagir kala senja menjadi lebih indah karena cahaya lampu yang terpantul di air sungai berpadu dengan langit jingga di atasnya,

 

  1. Jalan Gula

Alamat: Jalan Gula, Surabaya

Photo Credit: @andreei_jr

Meskipun hanya berupa gang kecil yang diapit gedung-gedung tua, tapi cukup banyak orang yang mengunjungi jalan ini, terutama mereka yang hobi fotografi. Tempat ini hanya berupa gang kecil sepanjang sekitar 50 meter, yang di kanan kirinya berdiri bangunan kuno yang terbengkalai sehingga memberi kesan kota tua. Bahkan tak jarang lokasi bekas gudang tembakau ini dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding.

 

  1. Pura Agung Jagat Karana

Alamat: Jalan Ikan Lumba-Lumba No. 1, Desa Perak Barat, Kecamatan Krembangan, Surabaya

Photo Credit: @melyanastefani

Tenang, kamu nggak salah lihat kok. Meskipun suasananya seperti di Pulau Dewata, namun pura yang satu ini terletak di Surabaya. Meski juga merupakan tempat wisata, namun fungsi utama Pura Jagat Karana adalah untuk beribadah umat Hindu. Oleh karena itu, kalau kamu mau berkunjung ke sini jangan lupa untuk berpakaian yang sopan dan tidak mengganggu aktivitas ibadah jika sedang berlangsung.

 

 

Leave a Reply