12 Tips Agar tetap Aman Saat Menginap di Hotel

Traveling itu tak selamanya selalu mudah dan menyenangkan. Ada kalanya karena perjalanan yang lumayan jauh, kamu tiba di hotel dalam keadaan letih, kucel, ingin buru-buru membersihkan diri lalu beristirahat, atau langsung nguber jadwal agenda wisata yang harus dikunjungi.

Nah, di saat itulah biasanya kita jadi kurang awas akan keadaan sekitar. Kalau traveling bareng temen-temen atau bersama grup sih fine-fine saja, tapi bagaimana kalau kamu traveling seorang diri?

Inilah beberapa tips yang kami kumpulkan dari para ahlinya supaya liburan kamu nggak apes!

 

Saat baru tiba di hotel

Photo Credit: @hiusa

  1. Jangan jauh-jauh dari tas/kopermu. Apalagi meninggalkan koper di lobi saat kamu menuju meja resepsionis. Tak jarang situasi di lobi hotel cukup ramai dan sibuk, sehingga kalau kamu lengah sedikit saja bisa saja ada pihak yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencuri tas/kopermu.

 

  1. Jangan pilih kamar yang berada di lantai dasar. Banyak pakar keamanan yang merekomendasikan memilih menginap di kamar yang terletak di antara lantai tiga dan enam, karena kamar-kamar di lantai tersebut lebih sulit untuk dibobol maling, namun tetap aman dicapai menggunakan tangga pemadam kebakaran seandainya ada bencana.

 

Ketika sedang check ini

 

Photo Credit: @questfremantle

  1. Hotel yang baik dengan staf yang jujur biasanya paham dengan aturan untuk tidak memberitahukan nama atau nomor kamar orang yang menginap kepada orang lain. Tapi sayangnya nggak semua hotel seperti itu. Jika pada saat check in, si petugas menyebut nomor kamarmu dengan lantang sehingga satu lobi bisa mendengarnya, jangan ragu untuk minta ganti kamar. Jaga-jaga kan siapa tahu ada pencuri yang berkeliaran di lobi?

 

  1. Saat memberikan kartu kreditmu kepada petugas resepsionis, pastikan tanganmu menutupi badan kartu tersebut. Tujuannya adalah untuk menghindari pihak lain yang iseng memotret atau mengambil gambar nomor kartu kreditmu. Dan pada saat petugas resepsionis mengembalikannya, pastikan juga bahwa itu kartu kredit milikmu, bukan kartu kredit palsu yang mirip.

 

  1. Mintalah dua buah kartu nama yang mencantumkan nama dan alamat hotel tempat kamu menginap. Letakkan satu di dekat telepon di dalam kamar, jadi bila kamu dalam keadaan darurat dan ingin menghubungi seseorang/dokter/pihak berwajib/dsb., kamu tahu alamat pasti hotel tersebut. Lalu letakkan satu kartu nama lagi di dalam dompet atau tasmu. Jika nanti kamu naik taksi atau kesasar, kan tinggal tunjukkan saja kepada si pengemudi. Supaya nggak dikibulin!

 

Saat di dalam kamar

 

Photo Credit: @strokeofaneye

  1. Jika petugas room boy mengantarkanmu hingga ke dalam kamar hotel, pastikan supaya pintu kamar tetap dalam keadaan terbuka. Periksa ke dalam lemari, kamar mandi, sampai di balik shower sebelum kamu menyuruh petugas tersebut pergi.

 

  1. Cek apakah kunci kamar berfungsi dengan baik, entah itu dari arah dalam maupun dari arah luar.

 

  1. Kalau tersedia, selalu gunakan rantai pengunci kamar atau selot jika kamu hendak tidur atau mandi. Soalnya tak jarang ada pencuri yang bekerja sama dengan “orang dalam” sehingga mereka memiliki kunci/kartu cadangan untuk membuka pintu dan menggunakannya ketika tamu sedang tidur atau mandi.

 

  1. Letakkan senter atau ponsel di dekat tempat tidur. Jika tiba-tiba lampu mati, kamu bisa mudah mencari jalan keluar dengan pencahayaan darurat dari senter atau ponsel.

 

Saat meninggalkan kamar

 

Photo Credit: @pt.suksesdinamikalestari

  1. Simpan barang-barang berharga yang nggak kamu bawa jalan-jalan (laptop, atau barang elektronik lainnya) di kotak pengaman yang tersedia di kamar hotel. Kebanyakan hotel yang ada saat ini biasanya menyediakan kotak pengaman dengan kode pembuka yang bisa kamu setel sendiri. Oh iya, jangan pernah meninggalkan paspormu di kamar!

 

  1. Jika kamar hotel tempatmu menginap nggak memiliki kotak lemari pengaman, maka simpanlah barang-barang berharga tersebut di kotak deposit yang tersedia di hotel atau pada petugas hotel. Namun pastikan kalau kamu mendapatkan tanda terimanya. Kebanyakan hotel biasanya tidak mau menanggung barang-barang yang hilang di lemari besi yang ada di dalam kamar, tapi kalau kamu simpan di kotak deposit milik hotel, maka mereka pasti akan menjaminnya.

 

  1. Kalau kunci atau kartu pembuka kamarmu hilang, segera laporkan kepada pihak hotel dan mintalah untuk pindah ke kamar yang lain. Mungkin saja kunci tersebut memang hilang, tapi bayangkan kalau seandainya dicuri orang yang berniat jahat??

 

 

Leave a Reply