13 Tips Agar Enjoy Maksimal di WE THE FEST 2017 – Festival Musik Musim Panas Terbesar di Indonesia

 

Bersiaplah untuk kamu para pecinta musik, festival musim panas tahunan yang dijuluki Coachella-nya Indonesia, WE THE FEST, akan kembali digelar sebentar lagi tepatnya tanggal 11-13 Agustus 2017 di JIEXPO Kemayoran Jakarta. Line-up pengisi acara yang diusungpun nggak tanggung-tanggung, ada The Kooks, Kodaline, Charli XCX, Yuna, Phoenix, Big Sean, Dua Lipa dan masih banyak lagi. Musisi lokalnya yang akan tampil juga nggak kalah keren, dari Agrikulture, Silampukau, Mocca x Payung Teduh, Goodnight Electric dan belasan lainnya.

Penyelenggaraan tahun ini tergolong epik dan spesial, karena untuk pertama kalinya WE THE FEST digelah selama tiga hari berturut-turut! Oleh karena itu, persiapan kamu sebelum menghadapinya juga harus cukup matang, mengingat area JIEXPO cukup luas dan acara bisa berlangsung seharian dari siang sampai larut malam. Makanya, mumpung masih tiga hari lagi, simak dulu tips dan trik dari kami ini!

 

  1. Minum air putih yang banyak

Ini adalah tips utama agar kondisi kamu tetap prima selama menghadiri WE THE FEST. Banyak pengunjung (biasanya yang baru pertama kali) yang saking asiknya menyaksikan pertunjukan sambil berjoget sampai lupa minum air. Padahal di tengah cuaca yang begini panas, dehidrasi adalah ancaman yang serius. Minumlah sebotol air putih setidaknya setiap dua jam.

 

  1. Pakai tabir surya

Paparan sinar matahari dan panasnya suhu udara memang bikin adrenalin tambah memuncak. Tapi jangan sampai baru di hari pertama saja tubuh kamu sudah perih-perih karena terbakar matahari. Kenakanlah tabir surya dengan SPF 50.

 

  1. Kenakan sepatu dan pakaian nyaman

Photo Credit: @josedla

Saking pengen tampil kece saat menghadiri festival musik, banyak pengunjung yang lupa bahwa di festival semacam ini ada kemungkinan kamu bakal berdiri sampai belasan jam. Makanya, pakai saja sepatu flat, ankle boots, atau sneakers serta dress atau pakaian yang longgar. Tapi kalau kamu mau menyaksikan sampai larut malam, siapkan pula sweater untuk jaga-jaga.

 

  1. Perhatikan barang bawaanmu

Dalam festival yang dihadiri ribuan orang semacam ini, kehilangan ponsel, dompet, kunci mobil, sampai kamera bukan hal yang asing lagi. Bawalah tas kecil (ransel, tas pinggang, atau sling bag) untuk menyimpan itu semua, jangan simpan barang-barang penting di kantung celana.

 

  1. Beli merchandise di hari pertama

Kalau berencana membeli merchandise, belilah saat baru datang di hari pertama. Antrean di tempat penjualan merchandise biasanya bakal membludak saat waktu pulang maupun di hari terakhir. Jangan-jangan kaus yang kamu incar keburu habis!

 

  1. Tentukan meeting spot dengan teman-teman

Photo Credit: @alicaballero

Di acara-acara semacam ini, biasanya kita tidak bisa mengandalkan sinyal telepon. Oleh karena itu, jika berkunjung bersama teman-teman, tentukanlah tempat ngumpul seandainya nanti kalian terpisah. Misalnya “Di dekat area makanan jam 7 malam”.

 

  1. Bijaklah dengan minuman beralkohol

Mengonsumsi alkohol seperti bir di udara yang panas bukannya menghilangkan haus tapi justru tambah bikin dehidrasi. Oleh karena itu, kalau kamu mau membeli bir, sebaiknya saat mulai malam saja. Dan dalam batas wajar ya, apalagi kalau kamu mengemudi. Lagian, nggak usah ngebir juga boljug, mengingat bir di festival-festival semacam ini dijual dengan harga selangit.

 

  1. Bawa keperluan sanitasi pribadi

Photo Credit: @essentially.loved

Rasanya malas membayangkan kondisi toilet di tempat yang dihadiri oleh ribuan orang. Ada baiknya kamu bawa alat-alat kebersihan pribadi, seperti semprotan sanitasi untuk dudukan toilet, (kalau ada) kertas penutup dudukan toilet, tisu basah, gel anti bakteri pembersih tangan, dan sejenisnya.

 

  1. Bawa obat-obatan pribadi

Apakah kamu punya penyakit maag, mudah alergi, dan sebagainya? Maka yang satu ini wajib dibawa agar acara menonton kamu tak terganggu.

 

  1. Hemat baterai ponsel

Paling mengesalkan adalah jika kita terpisah dengan teman-teman dan tak bisa dihubungi/menghubungi mereka karena hp mati. Non-aktifkan saja wifi, Bluetooth dan aplikasi-aplikasi lain yang menguras baterai. Kalau perlu, bawa power bank sekalian! Lagian, tujuan kamu bayar mahal-mahal ke sini kan buat enjoy pertunjukan musik, bukan untuk live video di Instagram.

 

  1. Print atau simpan jadwal acara di ponsel

Agar setibanya di lokasi kamu tidak clueless karena kebingungan mau menyaksikan apa dan jam berapa, maka print dan bawa jadwal pertunjukan dari rumah. Atau cara lain yang lebih praktis adalah dengan menyimpannya di ponsel kamu.

 

  1. Datang ke festival lebih awal

Kalau kamu tinggal jauh dari lokasi penyelenggaraan WE THE FEST (JIEXPO Kemayoran), berangkatlah lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan dan supaya punya kemungkinan lebih besar mendapatkan tempat parkir. Rugi kan kalau sampai ketinggalan aksi artis yang sudah kamu nanti-nantikan sejak lama.

 

  1. Cari hotel di dekat lokasi festival

Photo Credit: ZEN Rooms Basic Near Sunter Mall

Jika kamu berasal dari luar kota atau tinggal jauh lokasi penyelenggaraan namun berencana menyaksikan festival secara penuh selama tiga hari berturut-turut, maka sebaiknya menginaplah di hotel yang berada tak jauh dari JIEXPO. Apakah kamu mau setiap hari selama tiga hari menghadapi perjalanan jauh, kemacetan, pulang larut malam, dan ribet cari parkir? Lebih baik simpan energimu untuk bergoyang mengikuti dentuman musik.

Dan untuk rekomendasi tempat menginap di sekitar lokasi WE THE FEST 2017, inilah beberapa pilihan kamar hotel murah dari ZEN Rooms di sekitar JIEXPO Kemayoran Jakarta.

 

 

Leave a Reply