19 Tips Penting yang Harus Dibaca Sebelum Kamu Liburan ke Luar Negeri

Tahun baru, resolusi baru. Pasti banyak di antara kamu yang punya resolusi untuk traveling ke luar negeri di tahun 2018 ini.

Kalau kamu belum pernah traveling ke luar negeri sebelumnya alias newbie, inilah beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan.

 

KESEHATAN & KEAMANAN

  1. Konsultasikan terlebih dahulu dengan doktermu. Hal ini amat vital, khususnya jika kamu merencanakan bepergian ke negara-negara tertentu yang amat jauh dan kondisi geografis berbeda dengan Indonesia. Apakah kamu perlu mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu? Apakah obat yang rutin kamu konsumsi bisa diperoleh dengan mudah di tempat tujuan? Dan sebagainya.

 

  1. Selalu bawa salinan paspor. Ini penting sekali setiap kali kita bepergian ke luar negeri: bawa fotokopi paspor. Seandainya nanti di luar negeri paspor kamu hilang, atau tas kamu dicopet dan lain sebagainya, kamu masih punya bukti bahwa kamu adalah warga negara Indonesia. Sebaiknya, setibanya di hotel langsung simpan paspor asli di safety box, dan yang kamu bawa di dalam tas harian adalah salinannya saja.

 

  1. Cari tahu lokasi kedutaan/konsulat Indonesia terdekat. Jika tiba-tiba kamu mendapatkan masalah hukum di sana, atau negara yang kamu kunjungi bergejolak, kamu tahu ke mana harus pergi dan meminta bantuan.

 

UANG

  1. Tukar uang sebelum berangkat. Jangan sampai kamu tidak bisa belanja oleh-oleh atau beli makanan di negara tujuan hanya karena mata uangnya berbeda. Sebaiknya tukar uang Rupiah kamu sebelum berangkat di tempat-tempat penukaran resmi. Kalau ingin menukar di negara tujuan, sebaiknya langsung ke bank.

 

  1. Pastikan kartu kreditmu berfungsi di negara tujuan. Hampir semua bank di negara-negara Eropa telah mengganti sistem kartu kredit mereka dengan teknologi cip dan PIN, sehingga kartu kredit dengan strip magnetik biasa tidak akan bisa digunakan.

 

  1. Selalu bawa uang tunai. Tak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit, khususnya toko-toko kecil dan warung kaki lima. Oleh karena itu pastikan kamu bawa uang tunai secukupnya.

 

  1. Hubungi bank yang menerbitkan kartu kreditmu. Tak jarang bank akan mengira transaksi yang terjadi di luar negeri adalah sebuah penipuan dan mereka membekukan kartu kreditmu. Agar itu tak terjadi, informasikan kepada mereka bahwa kamu akan pergi ke luar negeri.

 

  1. Periksa biaya masuk ke negara bersangkutan. Beberapa negara mewajibkan pengunjung yang datang atau keluar dari negara mereka membayar entrance/exit fee dalam jumlah tertentu. Ini di luar tiket pesawat lho!

 

RISET TEMPAT TUJUAN

 

  1. Beli tiket masuk di muka untuk tempat-tempat wisata yang benar-benar ingin kamu kunjungi. Di beberapa tempat wisata, terutama yang sangat terkenal, biasanya pengunjung tidak bisa langsung datang go-show dan mereka hanya melayani pengunjung yang sudah membeli tiket dari jauh-jauh hari secara online.

 

  1. Beli buku panduan. Meskipun sekarang segala sesuatu bisa dicari di internet, namun buku panduan berkunjung ke negara tujuan amat sangat membantu. Apalagi belum tentu kan internet ponsel kamu bakal aktif di sana?

 

  1. Cari tahu ada event apa saja di sana saat kamu berkunjung. Tak ada yang lebih seru ketika kita bisa menghadiri sebuah festival atau perayaan tradisional ketika sedang liburan. Selain menambah wawasan, tentu akan sangat menghibur.

 

  1. Cari info tempat makan halal. Jika kamu muslim dan berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya non-muslim, mencari makanan yang halal bakal jadi tantangan tersendiri. Sebaiknya riset dari jauh-jauh hari supaya nggak kelaparan.

 

ELEKTRONIK

 

  1. Bawa sambungan colokan listrik. Setiap negara memiliki bentuk dan sistem kelistrikan yang berbeda, oleh karena itu bawa universal power adaptor atau sambungan colokan listrik yang bisa digunakan di negara tujuan.

 

  1. Aktifkan fungsi roaming ponselmu. Ini tentunya berguna jika kamu masih ingin aktif berkomunikasi menggunakan ponsel ketika tiba di negara tujuan.

 

BARANG BAWAAN

 

  1. Simpan pakaian cadangan di tas jinjing/ransel saat berangkat. Jika pihak airlines lalai dan menghilangkan kopermu, jangan sampai kamu nggak punya pakaian ganti setibanya di negara tujuan.

 

  1. Simpan benda-benda cair di dalam bagasi. Merupakan aturan internasional, bahwa jika bepergian dengan pesawat terbang, maka benda-benda cairan dalam jumlah tertentu tidak boleh dibawa masuk ke kabin pesawat. Agar parfum mahal kamu tidak disita petugas bandara, maka simpan saja di dalam bagasi.

 

  1. Bawa camilan dari rumah. Liburan ke luar negeri dalam waktu yang lama biasanya bakal bikin kangen makanan Indonesia yang begitu kaya rasa. Kalau kamu nggak bisa hidup tanpa kecap atau sambal, silakan saja bawa beberapa sachet sebagai teman makan di sana.

 

  1. Jangan bawa koper kalau kamu bakal banyak berpindah-pindah kota. Ya, menyimpan baju di koper memang lebih rapi dan praktis, tapi jika kamu berencana untuk liburan lama dan bakal sering pindah-pindah kota, sebaiknya bawa carrier atau tas ransel.

 

HOTEL

Photo: ZEN Rooms Tabinay Beachfront, Philippines

  1. Pilih hotel yang murah namun nyaman. Ingat, di sana kamu bakal lebih sering berjalan-jalan dan akan jarang di hotel. Buat apa bayar hotel mahal dan mewah? Cukup sewa hotel yang murah namun memberikan kenyamanan yang nggak kalah dari hotel bintang lima seperti kamar hotel ZENROOMS yang kini bisa dijumpai di berbagai negara!

 

 

Leave a Reply