20 Alasan Kenapa ‘Staycation’ Lebih Asyik Daripada Liburan Ke Luar Kota

Siapa sih yang nggak suka liburan? Apalagi kalau diisi dengan traveling ke luar kota/negeri mengunjungi tempat-tempat baru. Tapi tahukah kamu bahwa ada acara hemat dan seru lain untuk menikmati liburan? Namanya: staycation.

Berasal dari kata ‘stay’ dan ‘vacation’, staycation adalah suatu alternatif liburan yang diisi dengan melakukan berbagai kegiatan santai dan ringan tanpa harus meninggalkan kota asal kamu.

Keuntungannya? Banyak sekali dan pastinya layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan liburan kamu yang berikutnya. Ini dia beberapa alasan yang membuat staycation lebih asyik ketimbang jalan-jalan ke luar kota/negeri!

 

  1. Tidak Menyita Banyak Waktu di Jalan

Kalau memutuskan untuk liburan ke luar kota atau bahkan luar negeri, perjalanan yang ditempuh tentu akan lebih jauh dan memakan waktu berjam-jam hanya untuk menuju ke tempat tujuan. Kalau kamu memilih staycation, paling-paling cuma menghabiskan maksimal satu jam saja di jalan.

 

  1. Hemat di Kantong

Dengan memilih staycation, kamu dapat memotong anggaran untuk tiket kereta api, tiket pesawat, visa, atau hotel. Dan budget lebih tersebut bisa dimanfaatkan untuk bersenang-senang dan memanjakan diri.

 

  1. Bebas Ribet

Meskipun memutuskan untuk liburan akhir pekan ke luar kota yang tak terlalu jauh, kamu tetap harus merencanakan banyak hal – mulai dari packing, booking tiket kereta atau bis,  sampai reservasi hotel. Dengan staycation, tinggal bawa barang bawaan seperlunya dan berangkat!

 

  1. Bebas Pegal dan Bosan dari Perjalanan Panjang

Bayangkan jenuh dan pegalnya duduk di kereta atau pesawat selama berjam-jam. Jika melakukan staycation menggunakan kendaraan sendiri, kamu dapat singgah dan berhenti kapanpun untuk sekadar meluruskan kaki atau bahkan jajan.

 

  1. Pilihan Destinasinya Nggak Kalah Seru dan Beragam

Mungkin rutinitas sehari-hari yang dijalani membuat kamu tak menyadari bahwa ada banyak hal seru seru yang dapat dilakukan di kota tempatmu menetap. Entah itu berjalan-jalan/piknik di taman kota, danau, museum, atau mencoba wahana baru di taman rekreasi.

 

  1. Menjadi Turis di ‘Rumah’ Sendiri

Bayangan mengunjungi kota lain sebagai turis mungkin merupakan hal yang bisa bikin sebagian orang menjadi was-was dan dipenuhi berbagai kekhawatiran – mulai dari takut nyasar, ditipu, dan sebagainya.  Dengan ‘berperan’ sebagai turis di kota sendiri, tentu kamu akan jauh lebih percaya diri.

 

  1. Tak Ada Perbedaan Waktu

Salah satu masalah utama yang kerap dihadapi apabila kita melakukan perjalanan jauh ke luar negeri adalah perbedaan waktu maupun jetlag. Dengan staycation, setelah puas bersenang-senang, kamu bisa pulang ke rumah dan melanjutkan aktivitas sehari-hari tanpa harus dilanda kelelahan atau rasa kantuk abibat jetlag.

 

  1. Bepergian Dengan Anak-Anak… Siapa Takut?

Kalau kamu memiliki anak kecil, sudah pasti staycation jauh lebih menguntungkan ketimbang bepergian ke luar kota/negeri. Anak-anak tentu tak akan bosan dan rewel di perjalanan karena waktu tempuhnya sangat singkat. Barang bawaan merekapun nggak akan seheboh kalau liburan ke tempat yang jauh.

 

  1. Tak Perlu Mengorbankan Kenyamanan

Photo: ZEN Rooms Near TB Simatupang Jakarta

Ingin liburan di dalam kota, tapi menginginkan suasana yang nyaman dan berbeda? Tenang, kamu tetap bisa melakukannya dengan menginap di hotel dalam kota. Apalagi sekarang pilihannya banyak dan harganya terjangkau. Kalau mau cari hotel di dalam kota dengan harga terjangkau, inilah beberapa rekomendasi kamar hotel murah dari ZEN Rooms yang bisa kamu pilih.

 

  1. Cuaca Tak Jadi Masalah

Apakah di tempat tujuan nanti musim dingin, musim hujan atau musim panas? Hal-hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh terhadap rencana liburanmu, termasuk barang-barang bawaan. Dengan memilih staycation, kamu tak perlu khawatir dengan cuaca karena sudah terbiasa sehari-hari. Kalau hujan, tinggal lakukan aktivitas dalam ruangan. Gampang, kan?

 

  1. Lokasi Rumah Tak Terlalu Jauh

Kalau semua berjalan lancar, kamu tentu bebas menikmati liburan tanpa ada gangguan sedikitpun. Namun tak jarang ada saja kendala maupun ‘bencana’ yang terjadi saat kita tengah berlibur, misalnya kecopetan atau kehilangan dompet. Nah, kalau itu terjadi, tinggal pulang saja ke rumah. Bayangkan kalau kamu kehilangan dompet di negeri orang. Repot, kan?

 

  1. Bisa Liburan Singkat Tanpa Menyita Waktu

Enaknya staycation, kamu bisa berlibur dan bersantai selama satu atau dua hari saja dan itu cukup untuk menjernihkan pikiran serta memulihkan energi setelah seminggu penuh melakukan rutinitas kerja yang melelahkan. Tak perlu menghabiskan banyak jatah cuti, atau paling enak pilih saja waktu di akhir pekan.

 

  1. Ada Berbagai Aktivitas untuk Seluruh Keluarga

Entah membawa anak kecil, kakek-nenek, atau seluruh keluarga besar, tentu ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan jika kamu memutuskan liburan bersama mereka di dalam kota. Coba bayangkan seandainya membawa kakek-nenek liburan ke pulau terpencil dengan medan yang berat… pasti bakal ribet!

 

  1. Bisa Liburan Bareng Hewan Peliharaan

Apakah itu anjing, kucing, atau iguana sekalipun, jika memilih staycation maka hewan kesayangan kamu tersebut bisa ikut diajak bepergian – misalnya ke taman kota atau tempat liburan yang ramah binatang. Dan ini tentu saja sangat menghemat biaya, karena kamu nggak perlu menyewa penjaga atau menaruh mereka di penitipan hewan.

 

  1. Menemukan Tempat-Tempat Favorit Baru

Dengan berlibur tak jauh dari rumah, kamu bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang sebelumnya tak pernah kamu ketahui. Siapa tahu nanti ketemu tempat nongkrong atau restoran yang kamu suka. Karena lokasinya tak terlalu jauh dari rumah, nantinya kamu bisa bebas bolak-balik ke sana kapanpun kamu mau.

 

  1. Keseruan Menghadapi Staycation

Meskipun tak serepot mengurus liburan jauh ke luar kota, merencanakan staycation ternyata cukup seru juga lho. Mulai dari memilih tempat-tempat yang ingin dikunjungi, hal-hal yang ingin dilakukan, bagaimana cara menuju ke sana, dan lain sebagainya.

 

  1. Nggak Perlu Bawa Kamus

Ini dia yang bikin staycation itu menyenangkan, karena ke manapun kamu pergi saat staycation, pasti semua orang mengerti apa yang kamu sampaikan, dan begitu pula sebaliknya.

 

  1. Membantu Perekonomian Lokal

Daripada membelanjakan uang dan memajukan perekonomian di kota atau negara lain, tentu alangkah lebih baik kalau kamu bisa mendorong perekonomian lokal di lingkungan kamu sendiri. Setuju?

 

  1. Nyaris Tak Butuh Waktu Pemulihan

Mungkin kamu akan sedikit lelah selepas melakukan staycation, namun waktu yang diperlukan untuk memulihkan tenaga tak akan selama pasca liburan di luar kota/negeri. Bahkan nyaris tak ada tuh yang namanya post-holiday blues atau sindrom pasca liburan.

 

  1. Nggak Perlu Belanja Oleh-Oleh

Kebiasaan di Indonesia, setiap kita liburan ke luar kota selalu ada saja orang yang mengharapkan dibawakan suvenir atau oleh-oleh – mulai dari orang rumah, sampai rekan kerja di kantor. Kalau kamu memilih staycation di dalam kota, kami jamin nggak ada satupun dari mereka yang menuntut dibawakan oleh-oleh.

Leave a Reply