20 Makanan Khas Makassar yang Harus Dicoba

Wilayah Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke ternyata tak hanya menyimpan keindahan alam menakjubkan untuk dikunjungi, tapi juga ragam kuliner. Hampir setiap daerah memiliki kuliner khasnya, sebut saja Makassar di Sulawesi Tenggara. Kota Makassar punya banyak kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Berikut makanan khas Makassar yang wajib kamu coba.

  1. Coto Makassar

Photo credit: @ fitri_nabilaaa

Ini adalah makanan khas Makassar yang sudah dikenal hampir di seluruh Indonesia. Terbuat dari daging sapi dengan kuah yang sangat gurih.

  1. Sop Konro

Ada juga sop lainnya yang harus kamu coba. Sop ini lebih memakai iga sapi yang direbus dengan air kayu manis dan juga asam Jawa. Jadi bisa kamu bayangkan, aromanya yang khas akan siap menggugah seleramu.

  1. Sop Saudara

Photo credit: @ yuliusdamyan

Sop ini juga terbuat dari daging sapi, namun ditambah dengan bihun dan kentang goreng. Biasanya juga dinikmati dengan sambal kacang.

  1. Pisang Epe

Ingin jajan pisang bakar di Makassar? Coba saja pisang epe. Cara membuatnya cukup unik. Pisang yang sudah dikupas kemudian dibakar. Lalu ditekan sampai pipih lalu dibakar lagi dan disajikan dengan saus yang dibuat dari durian, pandan, serta gula merah.

  1. Kapurung

Photo credit: @ dapur_tenggiri

Tak hanya daging sapi, ada juga sop yang terbuat dari daging ayam atau ikan, lho. Seperti Kapurung ini.

  1. Burasa

Burasa terbuat dari beras. Makanan ini biasa disajikan dengan bumbu kelapa kering. Tak jarang pula untuk menambah rasa pedas, orang menambahkan cabai ketika memakannya.

  1. Es Palu Butung

Photo credit: @simon_marantika

Es ini juga bisa ditemui di kota-kota lain di Indonesia. Es Palu Butung menggunakan pisang hijau sebagai bahan dasarnya. Rasa manis es ini sangat pasĀ  dinikmati untuk menghilangkan dahaga saat suasanya panas.

  1. Pallu Basa

Hampir sama seperti coto Makassar, namun Pallu Basa lebih banyak menggunakan bahan baku jeroan sapi seperti hati dan usus. Kuahnya sangat gurih, kamu wajib coba, ya!

  1. Gogoso

Gogoso terbuat dari beras ketan kemudian dibungkus daun pisang lalu dibakar. Gogoso ini merupakan makanan favorit orang Makassar dan mereka biasa menikmatinya dengan telur asin.

  1. Jalangkote

Photo credit: @ wahyunisari52

Mungkin kamu yang pernah makan pastel basah sudah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini karena bentuknya memang mirip. Pastel khas Sulawesi ini biasa dinikmati dengan saus tomat.

  1. Putu Cangkiri

Photo credit: @ tata_tasmin

Disebut demikian karena bentuknya memang mirip cangkir terbalik. Ada warna putih dan cokelat hal tersebut dipengaruhi oleh bahan dasarnya, memakai gula merah atau gula putih.

  1. Mie Titi

Photo credit: @ faridajafar

Nah, kalau mi yang satu ini sudah banyak ada bahkan di luar Makassar tapi tak ada salahnya kamu mencoba lagi saat datang ke sini untuk mendapatkan cita rasa yang asli.

  1. Sokko

Sokko dibuat dari ketan yang dikukus kemudian ditaburi parutan kelapa. Bukan parutan kelapa biasa, tapi digoreng terlebih dahulu. Ketan yang digunakan bisa berupa ketan putih atau ketan hitam.

  1. Cucuru

Kue ini cocok untuk kamu yang suka makanan manis. Bahannya terbuat dari tepung terigu dan gula merah. Bentuknya bulat pas untuk sekali gigit.

  1. Juku Pallu Cela

Di Makassar, kamu bakal banyak menjumpai hidangan yang bahan dasarnya terbuat dari ikan. Seperti Ikan Pallu Cella. Biasanya ikan yang dipakai untuk masakan ini adalah ikan Cakalang atau Layang.

  1. Kue Dange

Photo credit: @ ayumi_dhitya

Kue ini merupakan salah satu kue tradisional khas Makassar yang bisa kamu temui hampir di setiap tempat di Makassar. Rasanya manis karena dibuat dari gula merah. Rasa manis ini bercampur dengan parutan kelapa yang memberikan sensasi rasa gurih.

  1. Baje Canggoreng

Kalau kamu penggemar kacang, boleh deh membeli kue yang satu ini untuk oleh-oleh. Camilan ini bisa menjadi teman minum kopi yang pahit.

  1. Burongcong

Bentuknya mirip seperti kue pukis namun untuk rasanya, mungkin lebih mirip kue rangin. Buringcong terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula dan parutan kelapa.

  1. Sarabba

Photo credit: @ hasimarfah

Kamu pernah minum STMJ? Sarabba adalah minuman sejenis itu namun sedikit berbeda karena ada gula merah. Selain itu, tidak seperti STMJ yang menggunakan susu, sarabba menggunakan santan serta dengan tambahan pala dan kayu manis.

  1. Baruasa

Photo credit: @ ija.tahir

Ada burasa ada juga buruasa. Buruasa memiliki bentuk yang bulat. Warnanya putih lalu dalamnya berisi gula aren dan kayu manis. Kue ini dibuat dengan cara dipanggang.

 

Kalau berkunjung ke Makassar, jangan sampai kamu melewatkan kuliner di atas, ya. Tidak sulit kok untuk menemukan kuliner di atas. kamu pasti bisa menjumpainya di setiap sudut kota Makassar dan harganya pun juga terjangkau.

Leave a Reply