Ini Dia 20 Pantai Terindah di Pulau Jawa yang Wajib Dikunjungi!

Photo credit: Tidak perlu jauh-jauh terbang ke Maldives atau Hawaii untuk menikmati pantai-pantai indah. Cukup kemasi barang-barangmu ke dalam ransel dan jelajahilah 20 pantai yang berada di Pulau Jawa ini. Yuk!

  1. Teluk Hijau, Banyuwangi

Photo credit: @potretbanyuwangi

Jika kamu menyambangi Taman Nasional Meru Betiri di Kabupaten Banyuwangi, kamu akan melihat teluk cantik lengkap dengan air bewarna kehijauan dan ditemani dengan pasir putih dari atas bukit di sana. Teluk itu adalah Teluk Hijau, orang sekitar menyebutnya Teluk Ijo, berada sekitar 90 km dari Kota Banyuwangi. Teluk Hijau memiliki ombak yang cukup kuat, jadi hati-hati ya kalau main-main air di sana!

  1. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Selain dikenal sebagai kota lahir Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Pacitan juga terkenal dengan Pantai Banyutibo. Di pantai ini, kamu bisa menikmati suasana pantai yang indah sekaligus air terjun.

  1. Pantai Klayar, Pacitan

Photo credit: @claradillaap

Masih di daerah Pacitan, Pantai Klayar hanya berjarak 8.1 km atau sekitar 20 menit dari Pantai Banyu Tibo. Pantai Klayar dikelilingi oleh pasir putih dan tebing-tebing kokoh yang membuatnya tampak gagah.

  1. Kepulauan Seribu, Jakarta Utara

Photo credit: @pulauseribu.jakarta

Kamu adalah pejuang di Ibukota yang hanya memiliki waktu libur Sabtu dan Minggu? Tenang saja, kamu masih bisa menikmati pantai di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Selain pantainya yang cakap, Kepulauan Seribu juga menyediakan aktivitas menyelam dan snorkelling yang cocok untuk kamu yang senang menikmati keindahan bawah laut.

  1. Teluk Penyu, Cilacap

Teluk yang berada di kawasan Cilacap, Jawa Tengah, ini dinamakan Teluk Penyu karena menurut masyarakat setempat, teluk ini adalah habitat bagi para penyu. Sayangnya, lalu lintas kapal yang semakin padat membuat penyu-penyu disini merantau ke perairan lain. Jika berkunjung ke Teluk Penyu, kamu juga bisa sekalian berkeliling ke Benteng Pendem, sebuah markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun lebih dari 100 tahun yang lalu.

  1. Pantai Anyer, Banten

Photo credit: @pantaianyer

Pantai satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kecantikannya. Lokasi yang tidak jauh dari Ibukota Banten, Serang, membuat Pantai Anyer menjadi destinasi wisata pada akhir pekan. Di kawasan Pantai Anyer, kamu juga bisa berkunjung ke Pantai Florida dengan hamparan pasir putih yang bersih, Pantai Karang Bolong yang memiliki batuan karang besar yang memiliki lubang di bagian tengahnya, atau Pantai Marina.

  1. Pantai Balekambang, Malang

Dimana lagi kamu bisa menemukan sebuah pura di pinggir pantai selain di Pantai Balekambang? Pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia ini memang menarik karena memiliki pura kecil di atas pulau batu yang berada 100 meter dari lepas pantai.

  1. Pantai Batu Karas, Jawa Barat

Batu Karas adalah spot paling tepat untuk kamu yang gemar berselancar, berenang, atau bahkan hanya bersantai sambil menyantap hidangan laut segar. Batu Karas semakin unik karena memiliki warna pasri yang berbeda-beda pada pinggir pantainya.

  1. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Photo credit: @pantai_pangandaran

Pantai Pangandaran adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di saat senja. Keindahan panorama yang disajikan pasti sukses meredakan rasa lelah yang selama ini dirasa. Selain air laut yang jernih, kamu juga bisa menikmati situs gua yang terbentuk dari ratusan tahun yang lalu.

  1. Pantai Peh Pulo, Malang

Sebelum tabungan kamu terkumpul dan bisa pergi ke timur Indonesia untuk menikmati pantai-pantai disana, kamu bisa terlebih dahulu mengunjungi Pantai Peh Pulo di Malang. Bebatuan yang terletak di lautan Pantai Peh Pulo menyebabkan ia dijuluki sebagai “mini Raja Ampat” atau “Raja Ampat di Jawa”.

  1. Pantai Sawarna, Banten

Photo credit: @panjiandhikagustiputra

Menurut cerita orang-orang yang pernah berkunjung Sawarna, tidak ada kata-kata yang tepat untuk mendefinisikan keindahan pantai ini selain mengunjunginya sendiri kesana. Kamu bahkan perlu melewati jembatan gantung terlebih dahulu sebelum masuk ke kawasan pantai. Di Sawarna, kamu akan pertemu dengan air laut bewarna biru kehijauan dan air laut yang membentar sepanjang 65 km.
  1. Pantai Buyutan, Pacitan

Jika kamu ingin melihat surga tersembunyi di daerah sekitar Pacitan, maka pergilah ke Pantai Buyutan. Kamu tidak akan berhenti takjub melihat keindahan pantai yang disajikan.

  1. Pantai Tanjung Lesung, Banten

Pantai yang terletak di provinsi paling barat Pulau Jawa ini sering disebut pantai yang masih perawan. Jelas saja, air pantai ini masi bewarna kebiruan yang dipadupadankan dengan pasir putih lembut dan halus.

  1. Pantai Kukup, Yogyakarta

Photo credit: bingah_inawati

Belum banyak yang tahu tentang Kukup. Ia terletak di desa Kemadang, hanya 1.5 jam perjalanan dari Yogyakarta. Di Pantai Kukup, di atas tebing yang tersebar di sekitar pantai, kamu akan menikmati momen terbaik ketika matahari terbit dan tenggelam. Kamu bahkan bisa berenang dan memancing ikan disana.

  1. Pantai Tambakrejo, Blitar

Kalau kamu ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana sepi dan tenang, Pantai Tambakrejo adalah tempat yang tepat. Pantai ini juga dikelilingi dengan pohon karet yang bisa sekalian kamu jelajahi saat berkunjung kesana.

  1. Pantai Jolosutro, Blitar

Photo credit: @nonaseptiana

Masih di sekitar Blitar, ada satu lagi pantai yang menawarkan keelokan warna air dan pasirnya. Ia adalah Pantai Jolosutro, pantai yang telah lama dijadikan destinasi wisata tetapi keindahan alamnya masih terjaga.

  1. Pantai Watukarung, Pacitan

Photo credit: @antijamur

Pantai Watukarung tidak hanya memberikan keindahan pantai biasa, namun juga gulungan ombak yang tinggi kelas dunia cocok untuk kamu-kamu yang hobi berselancar.

  1. Pantai Lampon, Kebumen

Pantai ini tidak seluas pantai-pantai pada umumnya. Namanya juga kalah tenar dengan Pantai Pasir yang berada tidak jauh dari situ. Padahal, jika kamu telurusi lebih jauh, kamu akan bertemu dengan pantai kecil yang dikelilingi dengan pepohonan hijau.

  1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Photo credit: @rastiarahmaa

Yang terkenal dari Pantai Pulau Merah adalah bukit hijau kecil bertanah merahnya yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Kamu bahkan bisa mengunjungi bukit itu jika air laut surut. Pantai Pulau Merah juga dilengkapi dengan pasir putih yang terbentang sepanjang 3 km, membuatmu cukup punya wilayah untuk sekedar duduk-duduk mendengar suara deburan ombak.

  1. Tanjung Papuma, Jember

Tanjung Papuma menawarkan keindahan yang tiada dua, bahkan untuk orang-orang yang tidak terlalu menggemari pantai pun tetap terkesima. Papuma yang merupakan akronim dari “pasir putih malikan” ini sangat memanjakan mata dan menenangkan hati akibat suara gulungan tinggi ombak yang berbenturan dengan batu-batu besar di sekelilingnya.

Jangan lupa kalau ada ZEN Rooms di dekat pantai-pantai cantik tersebut. Langsung klik www.zenrooms.com untuk booking atau download applikasinya via iOS ddan Android.

Leave a Reply