5 Gunung yang Bisa Didaki di Bali

HeaderHeader: embunnusadamai.wordpress.com

Selama ini, Bali lebih dikenal dengan wisata pantainya. Setiap kembali ke Bali, rasanya selalu ada kawasan-kawasan terpencil yang memiliki surga pantai tersembunyi. Tapi, ternyata Bali juga cocok menjadi destinasi bagi para traveller yang suka mendaki gunung. Popularitas gunung-gunungnya mungkin belum setinggi Gunung Semeru atau Gunung Rinjani, namun pemandangan yang akan Anda dapatkan begitu sampai di puncak tidak akan kalah menakjubkan.

Gunung Catur

1. Gunung CaturPhoto Credit: fabulousubud.com

Di kalangan warga Bali, Gunung Catur lebih dikenal dengan nama Puncak Mangu. Terletak di kawasan Bedugul, Gunung Catur memiliki ketinggian sebesar 2.095 mdpl. Pendakian Gunung Catur hingga mencapai puncak bisa Anda lakukan selama kurang lebih 2,5 jam. Tidak terlalu lama, bukan? Nah, begitu sampai di puncak Gunung Catur, Anda akan disambut dengan pemandangan Danau Beratan dan Danau Buyan. Anda bahkan bisa melihat hampir semua gunung yang ada di Bali karena memang letaknya berada di tengah-tengah gugusan pegunungan di Pulau Dewata. Tidak hanya itu, di puncak Gunung Catur juga terdapat Pura Puncak Mangu yang keran dijadikan tempat beribadah oleh umat Hindu.

Gunung Batur

2. Gunung BaturPhoto Credit: katalogwisata.com

Pernah mengunjungi wisata Danau Batur di Bali, Nah, lokasi Gunung Batur ini tidak jauh dari sana. Keduanya bahkan masih berada di dalam satu kawasan. Danau Batur dan Gunung Batur telah secara resmi ditetapkan sebagai global geopark pertama dari Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Ketinggian dari Gunung Batur memang tidak seberapa, yakni hanya 1.717 mdpl, tetapi pemandangan di puncaknya tidak kalah bagus kok. Biasanya, para traveller yang mendaki Gunung Batur ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit dari ketinggian. Ada beberapa jalur yang bisa Anda lalui untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Batur, namun yang paling terkenal adalah Pura Jati dan Toya Bungkah.

Gunung Abang

3. Gunung AbangPhoto Credit: blog.villa-bali.com

Sama seperti Gunung Batur, lokasi gunung satu ini juga tidak terlalu jauh dari Danau Batur. Kaki gunungnya bahkan maish berada pada salah satu sisi danau tersebut. Bisa dibayangkan betapa cantiknya pemandangan Danau Batur dari puncak Gunung Abang ini. Selama melakukan pendakian, Anda akan menemukan banyak sekali pura dengan arsitektur khas Bali kuno. Hal ini masih ada kaitannya dengan suku Bali Aga (suku asli Bali) yang memang tinggal di sekitar kawasan Gunung Abang. Dengan ketinggian 2.151 mdpl, Gunung Abang memiliki jalur pendakian bernama Jalur Songan yang memiliki jalur pendakian horizontal terpanjang di Bali. Selain Jalur Songan, Anda juga bisa memilih untuk mendaki melalui Desai Suter.

Gunung Batukaru

4. Gunung Batukaru

Photo Credit: inbali.org

Memiliki ketinggian 2.276 mdpl, Gunung Batukaru menjadi gunung tertinggi kedua di Bali. Lebih dari sekadar wisata alam, Gunung Batukaru memiliki peranan yang cukup penting bagi masyarakat Bali, terutama kawasan Bali Tengah. Pasalnya, di kaki-kaki gunung inilah sebagian besar hulu sungai di Bali Tengah berasal. Kawasan di sekitar Gunung Batukaru juga merupakan kawasan konservasi cagar alam yang bertujuan untuk menjaga ekosistem alam. Mirip seperti Gunung Catur, Gunung Batukaru juga memiliki pura bernama Pura Puncak Kedaton di puncaknya. Kira-kira dibutuhkan waktu 3-4 jam agar Anda bisa sampai ke puncak Gunung Batukaru. Setidaknya ada tiga jalur terkenal yang bisa Anda pilih untuk menuju puncak, yakni Desa Jatiluwih, Pura Batukaru, dan Desa Pujungan.

Gunung Agung

5. Gunung AgungPhoto Credit: manusialembah.blogspot.com

Ini dia kawasan titik tertinggi di Pulau Bali, dengan ketinggian sebesar 3.031 mdpl. Jangan mengaku sebagai anak gunung kalau Anda belum mendaki gunung paling tinggi di Bali ini. Gunung Agung merupakan salah satu gunung terpenting bagi umat Hindu di Bali. Mereka percaya bahwa Gunung Agung merupakan istana dari para dewa. Agak berbeda dari gunung-gunung lain di Pulau Bali, puncak dari Gunung Agung berbentuk memanjang dan berujung pada sebuah kawah lebar. Dari puncak Gunung Agung, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok. Ada cukup banyak jalur yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai di puncak, namun yang paling populer adalah melalui Pura Bekasih.

Jadi, jika Anda berencana traveling ke Bali dalam jangka waktu dekat, pastikan bahwa hiking menjadi salah satu aktivitas yang masuk pada itinerary Anda. Nah, saat kembali dari pendakian dengan tubuh lelah, ZEN Rooms siap menyambut Anda dengan kamar-kamar yang nyaman, aman, dan tentunya ramah dengan kondisi kantong Anda.

Leave a Reply