5 Hal Kecil yang Harus Diperhatian Sebelum Mudik Lebaran

Mengingat akhir pekan nanti sudah Lebaran, minggu ini pasti banyak di antara kamu yang akan melakukan tradisi tahunan mudik lebaran. Selain urusan budget, tiket transportasi atau mengecek kesiapan kendaraan, masih ada hal-hal yang kedengarannya sepele, namun perlu juga untuk kamu perhatikan sebelum memulai perjalanan panjang ke kampung halaman. Apa sajakah itu? Yuk simak bersama…

 

  1. Mencukur Rambut

Photo Credit: @barberia_id

Tampil rapi di hari raya adalah sebuah keharusan. Bukan cuma pakaian saja yang harus rapi, namun juga rambut. Jangan meremehkan urusan yang sepertinya sepele ini dengan menunda-nunda mencukur rambut atau pergi ke salon. Semakin mendekati hari H, bisa-bisa salon langganan kamu dipenuhi antrean pelanggan atau bahkan tukang cukur favorit kamu sudah mudik duluan! Daripada mengalami bad hair day di hari raya, mumpung sempat sebaiknya potonglah rambut sekarang juga.

 

  1. Bawa Bekal

Photo Credit: @intan_0105

Perjalanan mudik biasanya cukup jauh dan memakan waktu lama. Ada baiknya persiapkan bekal makanan dan minuman (bawa termos jika perlu minuman hangat) seandainya terpaksa harus berbuka puasa di jalan – setidaknya cukup untuk mengganjal perut sebelum menemukan tempat makan di sepanjang rute perjalanan. Pilihlah bekal makanan yang tidak mudah basi dan tahan lama agar kamu tidak perlu repot untuk selalu memanaskannya.

 

  1. Bawa Peta Jalur Mudik

Photo Credit: @tigo_gt

Khusus buat kamu yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, peta jalur mudik sangatlah bermanfaat untuk mengetahui rute-rute alternatif seandainya terjadi kemacetan di daerah tertentu. Kalau perlu, pasanglah aplikasi di ponsel Anda yang dapat membantu, seperti Ayo Mudik, Waze atau Google Map. Dan yang tak kalah penting, cari tahu juga di mana letak rest area, bengkel siaga, SPBU, ATM dan tempat makan di sepanjang rute perjalanan.

 

  1. Jaga Keamanan Rumah

Photo Credit: @rumahbandung.jabar

Mudik berarti kamu bakalan meninggalkan rumah/kontrakan dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya, jangan tinggalkan barang-barang berharga, cabutlah semua colokan listrik yang tidak digunakan, matikan air, bersihkan isi kulkas, kunci semua pintu dan pagar, serta biarkan lampu luar tetap menyala. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa menitipkan rumah kepada petugas keamanan kompleks yang bisa dipercaya. Lebih baik berjaga-jaga kan daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan?

 

  1. Siapkan Power Bank

Photo Credit: @kikikhoiruu

Nah, yang satu ini sering jadi masalah jika kita melakukan perjalanan panjang. Jangan sampai ponsel kamu tiba-tiba kehabisan baterai saat dalam perjalanan. Diakui atau tidak, keberadaan ponsel saat mudik cukup banyak membantu, entah untuk berkomunikasi, melihat peta, mencari informasi, atau sekadar membunuh waktu. Makanya ponsel yang selalu terisi penuh adalah sebuah keharusan. Daripada sibuk cari-cari colokan setiap singgah di tempat makan/rest area, alangkah praktisnya jika kamu sudah membawa sendiri dari rumah.

Leave a Reply