5 Masjid Tersohor Di Indonesia Dan Keunikannya

00 - Cover image

Photo credit: www.amabeltravel.com

Sebagai negara dengan jumlah penduduk beragama Islam yang paling banyak, wajar bila terdapat ribuan bahkan mungkin jutaan masjid tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Setiap masjid memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri. Bahkan beberapa di antaranya memiliki seni arsitektur yang merupakan perpaduan dari berbagai budaya, baik budaya Jawa, Arab, bahkan Tiongkok. Berikut ini adalah beberapa masjid tersohor di Indonesia yang terkenal dengan keunikannya.

Masjid Kubah Emas (Dian Al-Mahri), Depok

01 - Masjid Kubah Emas

Photo credit: umrohmalang.com

Tidak jauh dari ibukota, berdiri megah masjid Dian Al-Mahri atau biasa dikenal dengan sebutan masjid kubah emas. Seperti namanya, masjid ini memiliki kubah yang berwarna emas. Siapa sangka, emas yang menempel di kubah masjid ini memang terbuat dari emas asli setebal 2-3 mm serta beragam mozaik kristal di sekitarnya. Mulai dibuka untuk umum sejak 31 Desember 2006, masjid yang memiliki luas tanah sekitar 50 ha ini mampu menampung hingga 20.000 jemaah sekaligus. Hebatnya lagi, di dalamnya tergantung lampu kristal seberat 8 ton yang langsung didatangkan dari Italia.

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

02 - Masjid-Agung-Jawa-Tengah

Photo credit: kontraktorkubahmasjid.com

Memiliki gaya arsitektur kombinasi antara gaya Romawi, Islam, dan Jawa, membuat Masjid Agung Jawa Tengah ini patut menyandang gelar masjid terindah di Indonesia. Meski demikian, gaya arsitektur Jawa sangat kental di masjid ini, ditandai dengan keberadaan atap limas yang selalu ada di bangunan-bangunan adat Jawa. Selain itu, sebuah menara tunggal dengan tinggi 99 meter menjadi salah satu daya tarik utama ketika berkunjung di masjid ini.

Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

03 - masjid agung annur

Photo credit: delmonstro.com

Banyak yang menjuluki masjid ini sebagai Taj Mahal-nya Riau. Memang, masjid yang terletak di Pekanbaru ini banyak mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Masjid yang dirancang oleh arsitek Ir. Suseno ini mulai dibangun pada tahun 1963 dan selesai dalam kurun waktu 5 tahun. Pada tahun 2000, masjid ini mengalami renovasi besar-besaran sehingga luas awalnya yang semula hanya 4 ha menjadi 12,6 ha. Selain masjid, beberapa fasilitas seperti pendidikan Playgroup hingga SMA, perpustakaan, aula, ruang pertemuan, serta kantor dapat Anda temukan di masjid yang terdiri atas tiga lantai ini.

Masjid Islamic Centre, Samarinda

04 - Masjid Islamic Center Samarinda

Photo credit: bppdkaltim.com

Masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal ini terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Dengan luas bangunan utama sebesar 43.500 meter persegi, 7 menara dengan menara utama setinggi 99 meter mengelilingi komplek masjid ini. Dinding luar menara dikelilingi dengan relief lafadz Asmaul Husna berbahan batu granit yang dibuat dengan teknik water jet. Menara tersebut terilhami dari Masjid Nabawi di Madinah, sedangkan kubah masjidnya terilhami oleh Masjid Hagia Sophia yang terletak di Istanbul.

Masjid Al-Irsyad, Bandung

05 - Masjid Al Irsyad

Photo credit: mustakagroup.com

Mungkin sekilas Anda tidak akan melihat bentuk masjid seperti pada umumnya. Pasalnya, bangunan masjid ini mirip kubus besar dengan warna dasar abu-abu. Masjid ini juga tidak memiliki kubah yang megah, melainkan menekankan kepada susunan batu bata dengan celah-celah di antara bata solid. Dirancang langsung oleh Ridwan Kamil, masjid ini mampu menampung hingga 1.500 jemaah sekaligus. Di dalam masjid, ada 99 lampu berbentuk kubus lengkap dengan lafadz Asmaul Husna.

Itulah tadi beberapa masjid yang terkenal akan keunikannya sekaligus sering menjadi lokasi wisata religi bagi banyak pelancong dari berbagai belahan negeri. Ingin jalan-jalan ke lokasi-lokasi di atas? Jangan lupa tetap yang paling penting adalah selalu menghormati serta mematuhi peraturan dimanapun Anda berada.

One thought on “5 Masjid Tersohor Di Indonesia Dan Keunikannya

  1. It is perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy.

    I’ve read this post and if I could I want to suggest you few interesting things or tips.
    Maybe you can write next articles referring to this
    article. I wish to read more things about it!

Leave a Reply