5 Tips Mengisi Libur Lebaran dengan Efektif

Di tengah rutinitas pekerjaan yang seolah tak ada habisnya, libur panjang hari raya ibarat angin segar yang memberi kesempatan kamu untuk sejenak menarik napas, bersantai, dan melakukan hal-hal yang selama ini tertunda. Supaya libur Lebaran dan cuti bersama kali ini tidak lewat begitu saja tanpa makna, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.

 

  1. Kurangi “Interaksi” dengan Ponsel

Seberapa sering sih dalam setahun kamu bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga lengkap? Mungkin bisa dihitung dengan satu tangan saja. Nah, di momen istimewa seperti hari raya ini, jangan biarkan layar ponsel menyita perhatian kamu sepanjang waktu. Luangkanlah waktu yang amat berharga ini untuk mempererat hubungan persaudaraan dengan mengobrol dengan saudara atau orang tua, bermain-main dengan keponakan, atau bercanda dengan para sepupu.

 

  1. Liburan = Bebas dari “Utang” Pekerjaan

Namanya saja liburan, masa kamu masih mau menyibukkan diri dengan urusan kantor yang nggak ada habisnya? Oleh karena itu, sebelum mulai liburan dan mengambil cuti, ada baiknya kamu selesaikan dulu semua pekerjaan yang menumpuk, supaya liburan kamu tidak terganggu sama sekali.  Kan jauh lebih asyik berjalan-jalan atau rekreasi dengan keluarga daripada terpaku di depan computer seharian.

 

  1. Momen untuk Merajut Nostalgia

Pulang kampung setelah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun merantau tentu amat sentimental. Tak jarang, banyak hal yang terlupakan selepas kamu tinggalkan untuk bekerja di kota lain. Oleh karena itu, jadikan momen mudik alias pulang kampung kali ini untuk merajut kembali kenangan-kanangan masa lalu tersebut dengan berkunjung ke tempat-tempat yang menyimpan berbagai memori, atau membuat temu janji dengan kawan-kawan lama.

 

  1. Silaturahmi di Lingkungan Sekitar

Apakah kamu termasuk dari sebagian orang yang tidak perlu mudik? Kalau begitu, jadikan libur panjang Lebaran kali ini untuk bersilaturahmi dengan tetangga-tetangga sebelah rumah. Karena kesibukan masing-masing, bahkan tetangga samping rumah pun mungkin jarang kamu jumpai. Padahal, katanya tetangga adalah saudara kita yang paling dekat. Oleh karena itu, taka da salahnya untuk mengakrabkan diri dengan penghuni komplek lainnya.

 

  1. Lakukan Hobi (yang Terabaikan)

Jika biasanya sebagian besar waktu kamu tersita oleh rutinitas, maka isilah libur panjang dengan banyak waktu luang kali ini dengan melakukan hobi yang kamu sukai – entah itu memasak, melukis, merajut, menulis, dan lain sebagainya.  Atau mungkin hobi kamu adalah membaca? Maka cobalah untuk menyelesaikan buku-buku yang selama ini sudah dibeli, tapi belum sembat dibaca dan dibiarkan menumpuk di sudut kamar.

 

Selamat liburan!

Leave a Reply