6 Kesalahan Diet yang Sering Dilakukan Orang (Mungkin Juga Termasuk Kamu!)

Sejak dulu, banyak orang terobsesi untuk punya tubuh langsing bak model. Segala cara pun dilakukan – mulai dari diet ketat, olahraga ekstrem, hingga ngecek timbangan setiap hari. Hasilnya? NIHIL! Ini dia kesalahan diet yang sering dilakukan banyak orang.

Tidak Tahu Arti Kata Diet yang Sebenarnya

Photo source:  @dieter_beagle

Diet adalah pengaturan pola makan, mulai dari porsi sampai kandungan gizinya. Jika kamu masih menganggap diet adalah mengurangi makan hingga hanya 1 kali sehari, kamu harus belajar lagi apa arti dari diet.

Melewatkan Sarapan

 

Photo source: @naturally.jo

Banyak orang beranggapan makan setelah bangun pagi ini bakal menambah berat badan. Padahal sarapan ini adalah kunci untuk mengawali hari. Fokus, energi dan stamina akan sangat bergantung dengan sarapan kamu.

Bertahan Saat Lapar

Photo source: @fodmapspaindiary

Ada orang yang ketika diet menahan diri untuk tidak makan ketika lapar. Padahal untuk aturan diet adalah jika lapar, makanlah sedikit untuk mengenyangkan. Ketika kamu terus-terusan bertahan ketika lapar, daya tahan tubuh kamu akan menurun dan kamu gampang terkena penyakit.

Tidak Makan Setelah Berolahraga

Photo source: shichan_nnnnn_

Kunci dari diet adalah berolahraga secara teratur, karena dengan berolahraga metabolisme tubuh akan meningkat. Olahraga memang bisa membuang kalori, tetapi bukan berarti sehabis berolahraga kamu malah mengurangi makan. Setelah olahraga mengisi perut dengan makanan dan minuman yang bergizi akan mengganti energi yang hilang.

Jarang Minum Air Putih

Photo source: @brimmalife

Ketika kamu jarang minum air putih, air yang ada di dalam tubuh tidak akan keluar jadinya berat badan kamu mudah bertambah. Jadi ketika kamu memutuskan untuk diet, perbanyak minum air putih agar pencernaan serta metabolisme tubuh menjadi lancar.

Terobsesi Dengan Timbangan

Photo source: spartansuppz

Ini mungkin yang menjadi kesalahan terbesar ketika orang memutuskan untuk diet, mereka terobsesi dengan timbangan. Setiap hari melihat apakah dietnya ini sukses atau tidak, padahal seharusnya mengecek berat badan ini dilakukan minimal 2-3 minggu sekali. Melihat timbangan ini tidak akan membuat berat badan kamu tiba-tiba turun drastis. Yang harus kamu lakukan adalah terus fokus mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, serta rajin berolahraga.

Leave a Reply