6 Tips Praktis Agar Liburan Akhir Tahun Kamu Lebih Tenang

Tahun Baru memang masih 2 bulan lagi, tapi justru sekaranglah saat terbaik untuk merencanakan liburan akhir tahun agar menjelang hari H kamu tidak panik dan bisa pergi liburan dengan hati tenang dan santai.

Kira-kira, apa saja hal yang harus diperhatikan saat mempersiapkan liburan akhir tahun? Simak artikel ini sampai tuntas, kalau perlu klik tanda bookmark pada laman ini!

 

  1. Tentukan suasana pergantian akhir tahun yang kamu inginkan

 

Apakah kamu ingin menutup tahun 2017 ini dengan suasana yang meriah dan penuh pesta pora? Atau justru ingin ke tempat yang sepi agar bisa introspeksi? Apakah ingin mengisinya dengan bertualang? Apapun suasana yang ingin kamu lalui di malam pergantian tahun, itu nantinya akan memengaruhi destinasi liburan yang bisa kamu kunjungi. Misalnya, jika ingin pesta pora dengan kembang api dan minum-minum, rasanya tempat paling asyik di Indonesia adalah di Bali. Sebaliknya, kalau ingin mencari tempat yang sunyi dan sepi, kamu bisa menyewa villa di tengah hutan di Lembang atau berkemah di puncak gunung di Garut, misalnya.

 

  1. Pilih jenis transportasi

Ada banyak opsi moda transportasi yang bisa kamu pilih, tergantung dengan tujuan liburan akhir tahun. Bisa membawa kendaraan pribadi, menyewa mobil, naik kereta, atau pesawat terbang. Kalau pilihan kamu adalah dua yang terakhir, sebaiknya buru-buru pesan dari sekarang karena menjelang akhir tahun banyak orang yang bepergian, apalagi mereka yang sekalian mudik untuk merayakan Natal bersama keluarga.

 

  1. Cari informasi tempat menginap yang strategis dengan harga terjangkau

Photo: ZEN Rooms Pajajaran Bandung

Kalau ingin merayakan malam tahun baru di Pantai Kuta, Bali maka segeralah booking hotel di sekitaran Kuta untuk akhir tahun. Begitupun kalau misalnya kamu ingin melewatkan pergantian tahun di Pantai Losari, Makassar atau di tempat-tempat lainnya. Pada malam tahun baru biasanya banyak jalanan yang ditutup ataupun tersendat karena macet. Oleh karenanya, akan lebih praktis kalau kamu menginap di tempat yang berada dekat dengan lokasi perayaan malam tahun baru. Apalagi kalau harganya murah!

 

Ngomong-ngomong soal kamar hotel murah dan strategis, ZEN Rooms menawarkan promo EARLY BOOKING untuk liburan akhir tahun. Jika kamu memesan kamar hotel ZEN Rooms untuk menginap selama bulan Desember 2017 dan Januari 2018, maka tinggal gunakan kode promo EARLY20 dan kamu akan mendapat diskon sebesar 20%! Makanya buruan pesan paling lambat tanggal 15 November 2017!!

 

  1. Pastikan kamu masih punya sisa cuti

Poin keempat ini berlaku untuk kamu yang sudah bekerja ya. Meskipun banyak orang merayakan malam tahun baru, sayangnya tidak semua perusahaan memberi karyawan libur panjang akhir tahun. Oleh karena itu, supaya bisa bepergian jauh dan liburan dengan santai, segera cek sisa cuti yang kamu miliki. Kalau masih banyak, segeralah ajukan cuti dari sekarang mumpung teman-teman kerja kamu lainnya belum mengajukan duluan.

 

  1. Siapkan anggaran

Nah, ini dia nih yang paling penting. Nggak enak juga kan liburan kalau lagi bokek berat. Mumpung liburan akhir tahun masih dua bulan lagi, sebisa mungkin mulailah berhemat dengan menabung dan persiapkan bujet dari sekarang. Abaikan dulu rayuan diskon belanja akhir tahun yang mulai menggema di pusat-pusat perbelanjaan. Jangan terlalu mengandalkan THR (khususnya untuk yang merayakan Natal), karena biasanya dana THR bakal habis duluan untuk membayar tagihan kartu kredit, membeli kado dan hadiah untuk keluarga dan orang-orang terdekat, dan sebagainya.

 

  1. Siapkan dokumen-dokumen penting

Tips terakhir ini amat berguna buat kamu yang ingin merayakan malam tahun baru di luar negeri. Jika berencana pergi ke negara-negara yang memerlukan visa, tentu kamu harus mempertimbangkan waktu pengurusan visa dan sebagainya. Jangan lupa cek dulu paspor kamu, siapa tahu sudah hampir expired. Karena ada banyak negara yang tidak memperkenankan kamu masuk jika sisa “umur” paspor kamu tinggal 6 bulan lagi. Untungnya, sekarang ngurus paspor cepat kok, malah bisa lewat WhatsApp. Makanya, mumpung masih 2 bulan lagi, rencanakan liburan kamu dari sekarang!

 

 

 

Leave a Reply