7 Tips Berlibur Aman Bersama Buah Hati

0. Header

Photo Credit: coolpicking.com

Jangan jadikan buah hati sebagai penghalang untuk berangkat liburan. Justru kehadiran mereka bisa membuat aktivitas liburan Anda berjalan lebih seru dan menyenangkan. Tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan karena tidak dapat dipungkrii bahwa berlibur bersama buah hati bisa menjadi sangat menantang. Anda tidak dapat memprediksi perubahan mood Si Kecil yang menyebabkannya mendadar rewel hingga menangis.

Perhatikan Iklim dan Cuaca Tempat Tujuan

1. Perhatikan Iklim dan Cuaca Tempat Tujuan
Photo Credit: blog.iconfinder.com
Hal satu ini cukup sering dilupakan saat hendak berlibur, baik bersama buah hati maupun tidak. Mungkin Anda terlalu bersemangat menyusun itinerary atau sibuk packing. Namun, ketika berlibur bersama buah hati, Anda wajib mengecek kondisi iklim dan cuaca di tempat tujuan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan pakaian dan barang-barang lain apa saja yang harus dibawa untuk memenuhi kebutuhan buah hati selama berlibur. Jangan sampai buah hati Anda merasa kedinginan atau kepanasan karena Anda tidak membawa pakaian dan perlengkapa yang sesuai dengan kondisi iklim dan cuaca di tempat tujuan berlibur.

Dampingi Buah Hati Saat Mengemas Barang

2. Dampingi Buah Hati Saat Mengemas Barang
Photo Credit: chasingthedonkey.com
Mengajarkan buah hati untuk mengemas barang-barang sendiri sebelum berlibur merupakan hal yang baik, namun jangan sampai Anda membiarkan mereka melakukannya sendiri. Biasanya, anak-anak akan membawa seluruh koleksi mainan favorit mereka untuk menghibur mereka selama perjalanan nanti. Meskipun mungkin Anda merasa tidak tega karena mereka memasang raut wajah menggemaskan, jangan pernah mengiyakan permintaan tersebut. Anda boleh saja membiarkan mereka memasukkan seluruh barang kesukaan mereka ke dalam tas, tapi setelahnya keluarkan barang-barang yang tidak perlu sebelum berangkat.

Benda-Benda yang Menghibur

Three girls (6-8 years) sitting on rear seat of car, smiling, portrait

Anak-anak memiliki kepribadian yang cenderung cepat merasa bosan. Oleh sebab itu, Anda wajib membawa benda, mainan, atau perlengkapan lain yang sifatnya menghibur, terutama jika Anda dan buah hati berlibur ke tempat yang cukup jauh. Sebagai opsi lain, Anda juga bisa men-download aplikasi permainan yang menyenangkan pada smartphone atau tablet Anda. Jadi, ketika buah hati Anda mulai menunjukkan tanda-tanda bosan, Anda bisa langsung mengajaknya bermain. Ingatlah untuk membawa tas khusus benda-benda menghibur tersebut agar Anda tidak perlu repot mencarinya di bagasi. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang berlibur menggunakan pesawat.

Memanfaatkan Child Locator

4. Memanfaatkan Child Locator
Photo Credit: thegoodthings.good.sg
Bagi yang memiliki buah hati dengan kepribadian cenderung hiperaktif, lebih baik Anda membeli alat pelacak anak (child locator). Anak yang hiperaktif biasanya memiliki intensitas gerak yang lebih tinggi, jadi risiko untuk hilang pun ikut meningkat. Harganya mungkin relatif mahal, namun child locator akan membantu Anda untuk mencegah Anda dari kehilangan buah hati , terutama di tempat-tempat ramai dan padat. Di sisi lain, child locator bisa memberikan kebebasan pada buah hati untuk menjelajah lokasi wisata dengan nyaman tanpa adanya alat gendongan atau kereta dorong yang menghambat pergerakan mereka.

Selalu Bawa Obat-Obatan

5. Selalu Bawa Obat-Obatan
Photo Credit: weekendnotes.com
Tidak ada yang tahu kapan penyakit akan menyerang tubuh Anda dan buah hati Anda. Karenanya, selalu bawa obat-obatan ketika berlibur dengan buah hati. Selain obat-obatan seperti pencegah mual atau pereda demam, barang-barang lain yang juga harus ada di dalam tas adalah tisu basah antibakteri, lotion anti nyamuk, dan hand sanitizer. Barang-barang tersebut akan sangat berguna ketika Anda dan buah hati sedang berada di tempat yang tidak memiliki fasilitas cuci tangan atau daerah yang banyak dijangkiti nyamuk. Dengan begitu, baik Anda dan buah hati akan terhindar dari risiko terserang penyakit ketika berlibur.

Hindari Makanan Manis

6. Hindari Makanan Manis
Photo Credit: sheknows.com
Anda mungkin pernah mendengar tentang dampak makanan manis terhadap anak yang mampu membuat mereka hiperaktif. Sebenarnya, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa konsumsi gula dan anak hiperaktif memiliki hubungan khusus. Namun, gula memang bisa meningkatkan kadar aktivitas buah hati Anda karena ketika gula memasuki aliran darah secara cepat, kadar gula langsung meningkat dengan signifikan. Tubuh anak akan merespon kenaikan kadar gula tersebut dengan mengirimkan hormon adrenalin. Jadi, sebaiknya, Anda menghindari makanan bercitarasa manis untuk buah hati selama liburan berlangsung.

Memilih Penginapan yang Nyaman

7. Memilih Penginapan yang Nyaman
Kualitas liburan yang baik juga ditentukan oleh pemilihan penginapan. Setelah seharian menjelajah kota tujuan liburan, tentu Anda dan buah hati akan merasa lelah dan butuh tempat istirahat yang nyaman agar tenaga bisa kembali pulih dan siap menjelajah lagi esok hari. Daripada bingung menentukan penginapan, pilih saja ZEN Rooms yang kualitas kenyamanan dan keamanannya telah terjamin. Harganya juga sangat terjangkau jadi tidak akan menjebol kantong keuangan Anda. Segera kunjungi situs resminya di zenrooms.com untuk mendapatkan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Semoga tujuh tips di atas dapat membantu Anda untuk berlibur secara aman dan nyaman dengan buah hati. Apapun tujuan berliburnya, jangan lupa untuk menjadikan ZEN Rooms sebagai pilihan penginapan. Dengan harga yang super terjangkau, Anda sekeluarga sudah bisa menikmati kualitas keamanan dan kenyamanan yang memadai.

Leave a Reply