8 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibawa Pulang

0. HeaderPhoto Credit: gandhibalitours.com

Pesona Bali memang susah untuk dilupakan. Ketika saat untuk pulang ke kota tempat tinggal datang, Anda akan membawa secuil “potongan” pesona tersebut melalui oleh-oleh. Untuk hal satu ini, Anda tidak perlu khawatir karena Bali memiliki beragam pilihan untuk dijadikan oleh-oleh, mulai dari pakaian hingga kuliner. Berikut adalah oleh-oleh khas Bali yang wajib Anda bawa pulang.

Pia Legong

1. Pia Legong
Photo Credit: promobali.wordpress.com
Tidak susah mengenali oleh-oleh kuliner khas Bali satu ini. Pia legong dibungkus dalam kemasan bergambar penari Legong. Makanan ringan satu ini masih tergolong tradisional karena pembuatannya yang tidak menggunakan mesin. Jumlah produksinya pun dibatasi demi menjaga kualitas rasa. Tidak heran jika banyak calon pembeli yang kecewa karena tidak berhasil mendapatkan pia legong untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pie Susu

2. Pie Susu
Photo Credit: piesusu.net
Ini dia oleh-oleh yang sepertinya tidak pernah tidak dibawa orang-orang ketika pulang dari Bali. Pie susu memiliki bentuk yang ceper, dengan bagian pinggir bertekstur pastry renyah. Rasa gurih dari pastry tersebut bercampur dengan fla susu pada bagian tengan pie. Karena kepopularitasannya ini, sekarang jadi banyak pie susu dengan beragam varian rasa, mulai dari original, choco chips, kismis, almond, hingga keju. Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh.

Bali Home Spa

3. Bali Home Spa
Photo Credit: lulurmurah.com
Bali memang merupakan tempat yang cocok untuk melakukan spa. Inginnya tentu saja mengunjungi Bali sesering mungkun agar bisa menikmati hal tersebut, tapi saat ini sebaiknya Anda membeli produk Bali Home Spa untuk melakukan perawatan spa sendiri di rumah. Ada beberapa varian produk yang bisa Anda pilih, seperti body scrub dan body butter. Aromanya pun bermacam-macam, mulai dari stroberi, rasberi, melati, teh hijau, hingga cokelat.

Baju Barong

4. Baju Barong
Photo Credit: anythingbali.com
Pernah bertemu dengan orang-orang yang mengenakan kaus berwarna-berwarni dengan gambar barong di depannya? Kemungkinan besar mereka mendapatkannya di Bali karena memang baju barong merupakan salah satu oleh-oleh khas Pulau Dewata ini. Kesan kasual yang diciptakan membuat baju barong nyaman sekali digunakan untuk bersantai di rumah. Sebaiknya Anda membeli baju barong di Pasar Sukawati atau pasar-pasar lain jika ingin mendapatkan harga murah.

Joger

5. Joger
Photo Credit: jogerjelek.com
Mengusung slogan “pabrik kata-kata”, tidak berlebihan rasanya jika menyebut Joger sebagai salah satu ikon Bali. Produk andalan Joger adalah kaus-kaus mereka yang desainnya berisi kata-kata unik dan kritis. Tidak hanya kaus, Joger juga menjual berbagai benda lain seperti mug, gantungan kunci, tas, dan sandal. Harga yang dipasang cukup bervariasi, bahkan ada yang lebih dari Rp 100.000. Tapi, kapan lagi membawa oleh-oleh kaus Joger untuk diri sendiri dan orang rumah?

Kacang Bali

6. Kacang Bali
Photo Credit: anekatempatwisata.com
Ada berbagai macam kacang khas Bali yang banyak dijual di toko oleh-oleh, namun sepertinya yang paling populer adalah kacang disko. Makanan ringan satu ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung berbumbu, lalu digoreng hingga kering. Rasanya sangat renyah. Mungkin kacang disko ini yang menjadi oleh-oleh kuliner terfavorit kedua setelah pie susu. Ada beberapa rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari original, pedas-manis, hingga barbeque.

Kopi Kintamani

7. Kopi Kintamani
Photo Credit: hipwee.com
Bali juga memiliki kopi yang enak untuk diseduh, yakni Kopi Kintamani. Kopi satu ini memiliki rasa yang sangat khas. Begitu meneguknya, Anda akan merasakan sedikit asam serta adanya aroma jeruk yang menguar. Kelezatan Kopi Kintamani ini sudah terdengar hingga mancanegara, terbukti dari sertifikat Geographical Indication yang didapatkannya. Artinya, Kopi Kintamani telah memiliki kualitas yang memenuhi standar internasional.

Kerajinan Tangan Bali

sukawati-art-market_3
Photo Credit: individualbali.com
Pesona Bali bisa Anda nikmati melalui produk kerajinan tangannya. Bentuknya pun bermacam-macam, jadi Anda memiliki cukup banyak pilihan, seperti gantungan kunci, lukisan, topeng, tempat lilin, seni ukir, dan masih banyak lagi. Anda bisa menemukan produk kerajinan tangan Bali di berbagai toko oleh-oleh, tapi jika ingin lebih merasakan unsur tradisional, segera saja kunjungi Pasar Sukawati atau beberapa kios di kawasan Nusa Dua.

Sedih juga rasanya harus pulang dari Bali dan kembali ke rutinitas di kota tempat tinggal. Semoga delapan oleh-oleh khas Bali di atas dapat mengobati kerinduan Anda terhadap keindahan Pulau Dewata ini. Sampai berjumpa lagi di Bali!

Leave a Reply