8 Tempat di Indonesia untuk Merayakan Natal yang Penuh Suka Cita

Tiga minggu lagi kita akan merayakan hari Natal yang pastinya selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Kristiani di seluruh dunia.

Apakah kamu sudah ada rencana hendak merayakan dan mengisi libur Natal nanti di mana? Kalau belum ada plan apa-apa, kami rekomendasikan beberapa tempat di Indonesia di mana kamu bisa merasakan suasana Natal yang amat meriah dan juga syahdu.

 

  1. Manado, Sulawesi Utara

Photo Credit: JIMMY ASIKU

Natal selalu tiba lebih awal di Manado. Ya, bahkan sejak bulan lalu Kota Manado sudah mulai menghias diri guna menyambut hari istimewa ini. Suasana Natal di Manado nggak cuma terasa di pusat perbelanjaan saja lho, bahkan di jalanan juga terdengar lagu-lagu Natal yang diputar di angkutan kota. Dan tahun ini, Dinas Pariwisata setempat juga mengadakan kegiatan Christmas Festival 2017 yang spektakuler dengan arak-arakan Sinterklas dan Malaikat, parade kendaraan hias, dan banyak lagi.

 

  1. Ambon, Maluku

Photo Credit: ROY WARELLA

Pesta kembang api selalu identik dengan malam pergantian tahun. Namun di Ambon, pesta kembang api paling meriah dan spektakuler justru akan kamu jumpai di malam Natal. Bahkan konon pesta kembang api saat Natal di Ambon termasuk yang paling meriah di seluruh dunia. Tak hanya itu, ada pula arak-arakan Sinterklas yang akan singgah ke rumah-rumah sambil memberi kejutan hadiah bagi anak-anak kecil. Seru!

 

  1. Yogyakarta

 

Photo Credit: Directory online Gereja Katholik Se-Indonesia

Kalau ingin merayakan Natal dengan cara yang unik, maka kamu harus berkunjung ke Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus di Dusun Ganjuran, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta. Misa Natal di sini biasanya diadakan dengan nuansa Jawa yang sangat kental dengan lantunan gamelan serta tembang berbahasa Jawa. Setelah perayaan Natal, kompleks gereja ini dipenuhi para peziarah di halaman Candi Mandala Hati Kudus, Ganjuran. Di pelataran candi bersemayam patung Yesus Kristus. Para peziarah biasanya mengambil air dari mata air Perwitasari yang tak jauh dari candi.

 

  1. Bali

Photo Credit: 3 Weeks and a Shoestring

Meskipun merupakan pulau dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, namun toleransi antarumat beragama sangat terasa di Pulau Dewata, termasuk pada saat Natal. Uniknya, nuansa adat dan budaya Bali pun melekat pada perayaan Natal sama seperti perayaan upacara Galungan umat Hindu. Ada penjor dan hiasan khas Bali didirikan di tiap sudut desa. Anda bisa menyaksikan keindahan dan semarak perayaan itu tidak hanya di Desa Wisata Blimbingsari, tapi bisa juga di Banjar Tuka, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

 

  1. Tomohon, Sulawesi Utara

Photo Credit: Liputan6.com/Yoseph Ikanubun

Kota yang terkenal akan parade bunganya ini merupakan tempat berhawa sejuk dengan pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Tahun lalu, warga Tomohon merayakan Natal dengan berbondong-bondong ke Danau Sineleyan untuk melihat ornamen lampu-lampu berwarna-warni yang membentuk karakter Sinterklas seperti seolah-olah sedang menyeberangi danau. Kalau mengingat kesuksesan tahun lalu, sepertinya tahun ini bakal terjadi lagi dengan lebih hits!

 

  1. Ruteng, NTT

Photo Credit: @kaka_ited

Sebagai tempat dengan julukan ‘Kota Seribu Gereja’, sudah pasti kemeriahan Natal di sini nggak main-main. Menyambut Natal, umat Katolik di seluruh Paroki, Keuskupan Ruteng, Nusa Tenggara Timur, memiliki tradisi tersendiri. Sebagian dari mereka memeriahkan perayaan malam Natal dengan menyalakan lampu pelita dari bambu berbahan bakar minyak tanah. Lampu tersebut dipasang di pintu gerbang gereja.

 

 

  1. Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Photo Credit: TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR

Bukan hanya tanggal 25 Desember, suasana Natal di dataran tinggi Toraja tahun ini akan begitu terasa mulai dari tanggal 5 hingga 31 Desember 2017 lewat Lovely December 2017 Festival yang bakal berlangsung sangat meriah. Bahkan rencananya di Lapangan Bakti Rantepao akan didirikan sebuah pohon Natal raksasa setinggi 45 meter yang direncanakan bakal memecahkan rekor MURI!

 

  1. Larantuka, NTT

 

Photo Credit: Edyra Guapo

Tempat ini dijuluki Vatikan-nya Indonesia. Oleh karena itu, Natalan di Larantuka tentu akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Selain bisa menyaksikan berbagai tradisi Natal yang tak ada duanya, di Larantuka kamu juga bisa berkunjung ke berbagai tempat-tempat ziarah umat Kristiani yang bertebaran di sini. Salah satunya adalah Patung Mater Dolorosa (Bunda yang Berdukacita) nan indah dengan latar pegunungan.

Leave a Reply