Baca Ini Kalau Ingin Belanja Nyaman dan Hemat di PRJ

Photo Credit: @jakartafairid

Merayakan ulang tahun Jakarta rasanya kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau yang juga dikenal dengan sebutan Jakarta Fair. Tak hanya menghadirkan pertunnjukan musik dan hiburan, event tahunan yang rutin digelar di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran ini juga menyuguhkan berbagai pameran dan promosi produk perdagangan dengan harga relatif miring. Itulah mengapa setiap tahun ribuan orang tak bosan berduyun-duyun datang ke sini. Akan tetapi, mengingat area PRJ amatlah luas dengan lebih dari 2.500 peserta, diperlukan beberapa trik dan tips agar kamu bisa nyaman berbelanja di sana.

 

  1. Lakukan ‘Riset’ Terlebih Dahulu

Photo Credit: @microsofthellas

Sebelum datang langsung ke JIE, ada baiknya kamu ‘mampir’ terlebih dahulu ke situs resmi Pekan Raya Jakarta, karena di situ terdapat informasi yang cukup lengkap mulai dari jadwal acara pertunjukan, berbagai promosi, aneka voucher, peta lokasi, dan tentu saja daftar peserta alias tenants.  Bahkan sekarang ada aplikasi yang bisa dipasang di ponsel untuk lebih memudahkan kamu mencari informasi. Nah, setelah melakukan riset dan tahu apa-apa saja produk yang diincar untuk dibeli beserta lokasinya, baru kamu bisa langsung meluncur ke sana.

 

  1. Gunakan Fasilitas Shuttle Bus Gratis atau Kendaraan Umum

Photo Credit: @jakartafairid

Mengingat banyaknya warga yang datang berkunjung ke sini dari seluruh penjuru Jakarta dan kota-kota sekitarnya, mencari tempat parkir di area JIE merupakan sebuah tantangan tersendiri. Kalau kamu gagal mendapat parkir resmi di dalam, maka pilihannya adalah parkir liar di area luar yang harganya bisa selangit. Kalau mau praktis, sebaiknya manfaatkan fasilitas TransJakarta atau shuttle bus gratis yang jadwal dan rutenya dapat dilihat di sini.

 

  1. (Tetap) Bawa Uang Cash Secukupnya

Photo Credit: @camank

Ya, meskipun sekarang tengah digalakkan penggunaan uang non-tunai alias kartu gesek, namun faktanya belum semua tenants di PRJ menerima pembayaran lewat kartu, apalagi mereka yang termasuk dalam bidang usaha kecil-menengah atau UKM. Oleh sebab itu, agar kamu tak kelimpungan mencari ATM di tempat seluas area JIE hanya demi membeli sebotol air mineral atau jajanan, sebaiknya bawalah uang cash secukupnya.

 

  1. Pilih Waktu Terbaik

 

Photo Credit: @kikyzhakia

Kalau kamu perhatikan, harga tiket berkunjung ke PRJ pada hari biasa jauh lebih murah daripada saat akhir pekan. Jika di hari Jumat sampai Minggu harga tiketnya adalah sebesar Rp35.000, maka pada hari Selasa – Kamis hanya Rp25.000 saja. Bahkan jika ke sana pada hari Senin kamu cukup membayar Rp20.000. Bonus lainnya, berkunjung pada saat weekdays tentu membuat suasana di sana tidak seramai akhir pekan. Waktu terbaik lainnya adalah datanglah mendekati event PRJ berakhir (16 Juli), karena biasanya para tenants akan menggelar diskon gede-gedean!

 

  1. Kenakan Pakaian yang Benar-Benar Nyaman

 

Photo Credit: @emmasekar

Tips terakhir namun tak kalah penting adalah mengenakan pakaian yang nyaman saat berkunjung. Jangan samakan kunjungan ke PRJ dengan ke mall-mall hits di pusat kota. Mengingat di sini kamu bakalan banyak menghabiskan waktu berjalan dan berkeliling dari satu tenant ke tenant lain, maka gunakan pula sepatu yang sesuai. Kaus/atasan longgar, celana panjang/pendek dan sandal atau sepatu flat/sneakers pun sudah cukup. Lagipula, tujuan kamu ke sini kan untuk berbelanja dan melihat-lihat, bukan untuk ngeceng.

 

Selamat menikmati Pekan Raya Jakarta!

 

Leave a Reply