Bukan Cuma Parangtritis: Ini Dia 10 Pantai Terindah di Jogja

Nggak bosan tiap liburan ke Jogja mainnya ke Pantai Parangtritis melulu? Mungkin sebagian dari kamu yang belum tahu, bahwa sebetulnya kawasan pesisir selatan Yogyakarta menyimpan banyak sekali pantai-pantai indah tersembunyi yang masih kurang diekspos. Makanya tak heran, kalau hampir setiap wisatawan mengidentikan Jogja dengan Pantai Parangtritis yang tersohor itu.

Khusus buat kamu yang ingin mengeksplor lebih jauh pantai-pantai indah di Jogja yang belum terlalu sesak oleh turis, kami telah memilihkan 10 diantaranya (dari sekian banyak!).

Dan supaya liburan kamu ke sana tambah hemat serta berkesan, jangan lupa memesan kamar hotel murah dari ZEN Rooms yang ada di Yogyakarta ini.

 

  1. Pantai Wedi Ombo

Lokasi: Kelurahan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @alifahsyani

Secara harafiah, wedi ombo dalam bahasa Jawa berarti “pasir yang luas”. Padahal kenyataannya pantai ini tak memiliki hamparan pasir yang luas. Bagian barat dan timurnya diapit oleh bukit-bukit karang, sehingga pasir pantainya tak seluas Parangtritis. Namun meskipun demikian, Pantai Wedi Oombo memiliki keindahan yang spektakuler. Apalagi di sana terdapat sebuah kolam alami dari batuan karang yang menjadi daya tarik tersendiri.

 

  1. Pantai Kesirat

Lokasi: Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @oktavinadia

Pantai yang satu ini memang bukan jenis pantai dengan hamparan pasir seperti pada umumnya. Namun pemandangan pantai dari atas bukit dengan deretan tebing yang membingkainya menjadikan keindahan Pantai Kesirat tak ada duanya. Mirip dengan pantai-pantai yang ada di Nusa Penida, Bali! Dan yang menarik, di atas bukit yang dikelilingi padang rumput hijau tersebut terdapat sebuah pohon yang dinamakan Pohon Abadi dan menjadi spot foto favorit traveler yang datang ke sini.

 

  1. Pantai Ngrenehan

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @ari.nchp

Di sini kamu bisa menyaksikan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dan deburan ombak samudera yang menghantam karang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berenang atau sekedar bermain air kerena pantai ini relatif aman – disebabkan oleh posisinya yang terletak di mulut teluk, sehingga ombak samudera tidak langsung menghantam pantai akibat terlindungi oleh bukit karang. Selain terkenal  dengan keindahan alamnya, Pantai Ngrenehan juga terkenal dengan seafood-nya.

 

  1. Pantai Wohkudu

Lokasi: Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

 

Photo Credit: @nugrowidiyanto

Pantai Wohkudu sering terlewatkan ketika menjelajahi kawasan Pantai Kesirat. Padahal lokasi Pantai Wohkudu hanya Sekitar 100-200meter ke arah timur dari Pantai Kesirat. Alasannya lokasi Pantai Wohkudu cukup tersembunyi dan akses jalan tidak dapat dilalui dengan menyusur tebing karena terdapat jurang tebing yang tidak dapat dilewati. Sebagian kawasan pasir Pantai Wohkudu ditumbuhi oleh rumput liar yang berduri tajam, oleh karena itu kamu harus berhati-hati.

 

  1. Pantai Watulawang

Lokasi: Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @andreiy_reiy

Pantai Watulawang dibagi menjadi 2 bagian berdasar letaknya. Pada bagian pertama berada di sebelah barat dari goa dan areal pantai yang tidak terlalu luas. Sedangkan pada bagian kedua terletak di sebelah timur memiliki areal pantai yang lebih luas. Pada bagian timur sering digunakan untuk kegiatan olah raga air. Di sini juga terdapat sebuah gubuk bambu yang menjorok ke laut yang dihubungkan dengan sebuah jembatan bambu yang unik.

 

  1. Pantai Ngobaran

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

 

Photo Credit: @ariefmegatama

Yang menjadikan pantai ini sangat unik bukan saja karena alamnya yang indah dengan air laut berwarna biru jernih dan pasir putih yang halus, melainkan karena di sini terdapat sebuah pura tempat ibadah umat Hindu sehingga suasananya seperti kita sedang berada di Bali. Konon pantai ini juga merupakan tempat petilasan Raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit, sehingga banyak juga penganut Kejawen yang berkunjung ke sini.

 

  1. Pantai Pok Tunggal

Lokasi: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @mammohasto

Pantai Pok Tunggal adalah sebuah pantai yang mempunyai panjang pantai cukup panjang, selain itu di pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang dapat dinaiki oleh wisatawan. Keindahannya tidak cukup di situ saja, pasir dari Pantai Pok Tunggal ini begitu putih dan bersih ditambah lagi dengan ombak air pantai yang cukup besar. Nama “Pok Tunggal” diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama dari pohonnya adalah Pohon Duras.

 

  1. Pantai Sundak

Lokasi: Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @nando_irawan

Pantai Sundak terletak tidak jauh dari Pantai Kukup, atau sekitar 3 Km dari Pantai Kukup. Meskipun Pantai Sundak tidak terlalu besar, pantai ini menyajikan keindahan alam yang alami dan menyenangkan. Dan asyiknya, fasilitas yang ada di pantai ini sudah termasuk cukup lengkap. Bahkan kamu bisa bersantai sambil menikmati sajian seafood dan minuman yang dijajakan di warung-warung, atau bermalam di tepi pantai menggunakan tenda.

 

  1. Pantai Siung

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Photo Credit: @pratikwijaya

Selain keindahan pantai, di sini kamu juga akan disuguhi pemandangan batuan karang yang menjulang tinggi nan kokoh yang kerap dijadikan spot wisata panjat tebing. Cocok sekali buat kamu penggemar olahraga ekstrem. Bahkan di pantai ini terdapat sekitar 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda, sehingga Pantai Siung dijuluki sebagai The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta.

 

  1. Pantai Dadap Ayam

Lokasi:  Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @shanti_andria

Pantai Dadap Ayam merupakan kawasan pantai yang tidak dikenal dan belum terjamah di sekitar kawasan Pantai Ngobaran. Tidak banyak orang yang mengetahui nama dan keberadaan pantai ini meskipun jaraknya cukup dekat dengan Pantai Ngobaran. Jadi, kalau kamu benar-benar ingin mencari pantai yang sepi, mungkin inilah pilihan yang tepat.

 

Leave a Reply