Hal-hal yang Harus Kamu Tanyakan dari Saat Memesan sampai Check-In Kamar Hotel

Nomor dan lokasi kamar bukanlah satu-satunya yang perlu kamu tanyakan ketika check in. Ada banyak hal yang perlu kamu ketahui dan cari jawabannya agar pengalaman menginap di hotel jauh lebih menyenangkan.

Kalau belum terpikir ingin bertanya apa saja, baca dulu artikel dari kami, siapa kamu “mata” kamu akan terbuka lebih lebar.

 

  1. Late Check Out

Photo Credit: @the_one_barcelona

Jika jadwal pesawatmu diundur dari siang atau sore menjadi malam hari, tentu akan lebih menyenangkan kalau bisa menghabiskan waktu di kamar hotel daripada menunggu berjam-jam di bandara. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menanyakan tentang kebijakan late check-out di hotel tempat kamu menginap ketika pertama kali datang. Tanyakanlah dengan sopan dan baik-baik agar pihak hotel bisa memberimu kelonggaran tersebut.

 

  1. Kamar dengan Pemandangan

Photo: ZEN Rooms Kerobokan Jalan Bidadari, Bali

Setiap hotel tentu ingin membuat tamunya puas dan bahagia. Jika menurut kamu pemandangan dari kamar hotel itu penting, tanyakanlah perihal hal tersebut pada saat reservasi, lalu pastikan untuk mengonfirmasi kembali agar kamu mendapat kamar yang kamu inginkan. Lebih baik pemandangan kolam renang, taman atau kota kan daripada begitu membuka jendela yang tampak hanya dinding bangunan di sebelahnya.

 

  1. Biaya-biaya Terselubung

Hadirnya pajak negara, pajak pelayanan dan lain-lain dengan jumlah tak sedikit sering menjadi “kejutan” kurang menyenangkan apabila kita membayar biaya hotel. Pastikan kamu tahu semua biaya-biaya terselubung lainnya, termasuk juga tanyakan apakah ada biaya parkir, biaya WiFi, biaya in-room entertainment, dan sebagainya.

 

Kalau nggak mau repot dengan biaya-biaya tak terduga, makanya pesanlah kamar hotel di ZEN Rooms, karena biaya yang tercantum adalah harga final, jadi kamu nggak perlu pusing lagi mikirin pajak, dan sebagainya. Malah kalau pake kode promo bisa dapet harga lebih murah lagi!

 

  1. Layanan Tambahan

Photo Credit: @jamesdillanheath

Ada beberapa hotel yang menyediakan jasa pelayanan tambahan bagi tamu-tamu yang menginap di tempat mereka, seperti misalnya airport pick-up (antar-jemput ke bandara), shuttle bus ke pusat perbelanjaan atau tempat-tempat wisata, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk memudahkan kamu dalam membuat rencana perjalanan tanyakan tentang jasa layanan tambahan tersebut ketika reservasi. Jika memang ada maka manfaatkanlah. Tentu akan sangat menghemat biaya dan waktu, bukan?

 

  1. Rekomendasi yang Terpercaya

Photo Credit: @ann.explores

Entah itu hotel budget, kelas menengah, ataupun yang mewah, biasanya mereka memiliki kerjasama dengan badan-badan usaha lain. Jadi kalau kamu menanyakan di mana tempat membeli oleh-oleh, makan, belanja, dan lain-lain, tak jarang mereka akan merekomendasikan toko-toko yang jadi rekanan mereka. Tips dari kami: kalau mau rekomendasi yang terpercaya, maka tanyakanlah kepada penjaga pintu, petugas keamanan, penjaga lift, atau bahkan bell boy yang membawa tasmu ke kamar, karena mereka biasanya akan lebih jujur ketimbang concierge atau petugas di belakang meja resepsionis.

 

  1. Toiletries Tambahan

Photo Credit: @auraaesthetica

Toiletries di hotel (sampo, sabun, odol, sikat gigi, sisir, dll.) sama halnya seperti teh tawar di warteg: GRATIS. Oleh karena itu jangan malu-malu untuk memintanya jika kamu membutuhkan tambahan karena ingin membawa sabun ekstra untuk ke pantai, atau persiapan di tas.

 

  1. Upgrade

 

Photo Credit: @vinolover_m

Siapa sih yang nggak mau mendapatkan upgrade kamar? Apalagi kalau gratis! Triknya adalah dengan diam-diam bertanya apakah ada kamar sudut yang tersedia dengan harga sama. Karena kamar yang berada di sudut biasanya memiliki ukuran lebih luas.

 

  1. Pilihan Kamar untuk Perokok

Photo Credit: @jessie_martyn_

Ya, kebiasaan merokok memang tak menyehatkan dan sebaiknya ditinggalkan. Namun kalau kamu termasuk perokok berat, menginap di kamar bebas asap rokok tentu menjadi pengalaman yang amat sangat menyiksa. Oleh karena itu, tanyakanlah pada saat check-in apakah mereka memiliki opsi kamar untuk perokok yang dilengkapi dengan asbak dan alat sirkulasi udara.

 

  1. Take-Away Breakfast

Photo Credit: @openairpicnics

Sarapan di hotel merupakan salah satu hal yang paling disukai para tamu, sehingga mereka tak akan melewatkannya. Apalagi kalau pilihan sarapannya adalah prasmanan dengan menu beragam. Namun jika kamu harus melakukan penerbangan atau trip pagi, sehingga tidak sempat sarapan di hotel, maka tanyakanlah apakah pihak hotel bersedia menyiapkannya untuk kamu take-away sebagai bekal di jalan. Hotel pasti nggak mau mengecewakan tamunya kok, lagipula sarapan itu kan hakmu juga.

 

  1. Kamar yang Tenang

Photo: ZEN Rooms Dago, Bandung

Tak ada hotel yang ingin memberikan tamunya pengalaman yang kurang berkenan, jadi biasanya mereka akan mendengarkan dengan seksama permintaan para tamu. Dan di hotel, apalagi yang bukan menjadi pertimbangan utama selain tidur yang nyenyak di malam hari? Mintalah kamar yang berada jauh dari lift, restoran, atau tempat orang ramai. Dan pastinya, kalau hanya memesan satu kamar, hindarilah menginap di kamar dengan connecting door.

Leave a Reply