Inilah Pria Dibalik Kualitas Kamar ZEN Rooms

Deddy, kepala auditor, memeriksa ceklis kualitas ZEN Rooms
Deddy, kepala auditor, memeriksa ceklis kualitas ZEN Rooms

Salah satu alasan mengapa setiap minggu ribuan tamu memesan ZEN Rooms adalah karena dengan harga murah, kami dapat menyediakan kamar berkualitas dengan konstan. Dengan harga mulai dari Rp.130.000 tamu ZEN Rooms mendapatkan 5 essentials. Ini unik. Tapi bagaimana sih proses dibalik itu?

5-promises-ICON-FOR-NEWSLETTER
5 kualitas yang dijamin hadir di setiap kamar ZEN Rooms

Untuk memastikan standar kualitas, kami mempunyai proses kontrol kualitas yang jelas. Semua ini sebelum kamar tercantum di website kami. Kami memiliki auditor di setiap kota yang memeriksa setiap kamar dengan seksama.

Perkenalkan ini Deddy Satriawan, Kepala Auditor yang sedang naik daun untuk Jakarta dan sekitarnya. Di tengah kesibukannya, kamu menanyakan beberapa pertanyaan.

Bagaimana caranya memeriksa semua hotel ini? Apa saja yang perlu diperhatikan?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui mana saja kamar ZEN Rooms. Kami tidak memeriksa semua kamar yang ada di satu hotel. Kami fokus pada kamar-kamar khusus yang kami persiapkan untuk tamu ZEN Rooms.

Ketika saya masuk ke ruangan, saya melihat sekilas 5 esensi ZEN Rooms, untuk tahu masalah-masalah utama.

  1. Apakah kamarnya bersih dan modern?
  2. Apakah sprei dan kain lainnya bersih? Kasurnya bagus?
  3. Apakah kamar mandinya di dalam dan ada air panasnya atau tidak?
  4. Apakah ACnya berfungsi dengan baik?
  5. Sinyal WiFi cukup kuat di kamar?

Jika ada masalah disini, saya berhenti dan kami perlu membereskan masalah ini secepatnya. Kami punya aplikasi ZEN untuk kontrol kualitas dengan ceklis hingga 100 poin! Saya cek setiap poin dan memang harus kritis disini. Untuk kebersihan kamar, kamar mandi, bed cover, sprei dan sarung bantal, saya beri nilai dari satu hingga lima. Saya juga coba menyalakan lampu, TV, dan AC, juga shower untuk memastikan semua berfungsi dengan baik. Untuk wifi, kami punya akses ke apps khusus untuk cek kekuatan sinyal. Wifi sama pentingnya kaya air jaman sekarang!

Setiap kamar dengan stiker ini, telah diaudit oleh team ZEN Rooms

Sudah berapa banyak kamar yang sudah Anda cek selama ini?

Saya bertanggung jawab untuk semua kualitas kamar di Jakarta dimana ada lebih dari 600 kamar sekarang. Saya sudah memeriksa semua kamar tersebut setidaknya sekali dan memastikan tidak ada partner hotel yang belum diaudit.

Berapa banyak hotel yang tidak lulus standar audit?

Ini terjadi cukup sering! Terutama di bagian kebersihan kamar, AC, Wifi, dan faktor keamanan. Ini masalah yang cukup besar di Jakarta. Saya cukup ketat untuk urusan kebersihan sehingga tidak ada tamu yang tidur di kamar kotor. Jika tidak kami coret langsung kamar yang bermasalah ini, kami melakukan pembersihan menyeluruh sebelum masuk ke website kami. Ini dilakukan kasus demi kasus setelah diskusi dengan Head of Operations.

Apakah Anda juga mengunjungi hotel secara teratur?

Ya. Saya memastikan semua partner hotel tetap menjalankan standar kualitas kita. Jadi saya lakukan audit reguler dan menghubungi partner hotel jika ada tamu yang komplain dengan satu dari 5 esensi tadi. Cukup membantu karena saya tahu setiap kamar seperti apa.

Misalnya ada masalah, kita cepat bertindak. Ini terjadi misalnya pihak manajemen berganti. Kami berkomunikasi cukup sering dengan pihak hotel untuk mempertanyakan kenapa masalah ini bisa terjadi. Kami menawarkan bantuan apa yang bisa kita lakukan bersama. Misalkan, soal kebersihan, kami akan meminta hotel untuk melakukan pembersihan gawat darurat untuk kamar ZEN Rooms. Jika soal masalah wifi, kami memasang wifi baru segera. Semua harus cepat. Dalam kasus yang parah, kami memutuskan kontrak dengan partner. Semuanya tentang kualitas dengan harga tetap murah.

Dari banyak hotel itu, ada cerita menarik?

Haha iya. Saya akhirnya jadi berteman baik dengan staf hotel dan tamu-tamu!

Kami pernah punya tamu yang bersepeda dari Belanda ke Australi! Luar biasa kan? Dia menginap di ZEN Rooms ketika singgah di Indonesia. Ceritanya bagus sekali dan saya bersyukur untuk bertemu orang orang seperti itu.

Pesepeda lintas benua, Matt Harris santai di ZEN Rooms Palmerah Barat
Pesepeda lintas benua, Matt Harris santai di ZEN Rooms Palmerah Barat

Terima kasih Deddy untuk ceritanya! Sekarang Anda tahu, ketika Anda di depan komputer memilih kamar ZEN Rooms, di suatu tempat banyak hal yang dipersiapkan untuk Anda!

Tidur Tenang, Harga Senang!

Leave a Reply