Jangan Balik dari Medan Kalau Nggak Bawa Salah Satu Oleh-Oleh Kuliner Ini!

Photo Credit: @rolandbp

Horas bah! Sambutan ramah dan hangat penuh semangat dari masyarakat Medan memang membuat setiap wisatawan merasa di rumah sendiri. Namun satu hal yang juga bikin Medan ngangenin banget adalah makanannya.

Makanya jangan heran kalau pulang liburan dari Medan berat badanmu bakal melonjak. Yah… namanya juga liburan kan? Tapi jangan sampai kelezatan kuliner Medan tersebut kamu nikmati sendirian. Bawalah oleh-oleh untuk keluarga, kerabat dan teman sekembalinya dari Medan.

Kalau bingung mau bawa apa dari Medan, inilah 10 rekomendasi oleh-oleh kuliner yang Medan banget!

 

  1. Bolu Meranti

Harga: Rp65.000 – Rp85.000

Saat mendarat di Bandara Kualanamu Medan atau akan terbang kembali ke kota asal dari bandara tersebut, maka kardus oleh-oleh dengan merek Bolu Meranti akan bertebaran, dijinjing oleh sebagian penumpang. Bolu gulung ini terdiri dari berbagai rasa, namun yang paling banyak penggemarnya adalah rasa keju. Ya, Bagi Cheese Lover, kue ini memang surga dunia karena porsi kejunya yang sangat melimpah. Jadi berasa ngemil keju yang didampingi bolu!

 

  1. Bika Ambon Zulaikha

Harga: Rp50.000 – Rp85.000

Mendengar namanya banyak yang mengira makanan tersebut berasal dari Ambon. Padahal, makanan khas tersebut berasal dari Kota Medan. Rasa yang pas alias tidak terlalu manis, kemudian tekstur yang lembut dan banyak celah serta lubang di tiap sisinya dengan serat-serat yang kenyal, membuatnya berbeda dengan kue pada umumnya. Warnanya kekuningan dan permukaan yang coklat serta aromanya yang harum bikin kue ini jadi favorit!

 

  1. Pancake Durian Ucok Medan

Harga: Rp70.000/box (isi 10)

Siapa yang tak kenal dengan Ucok Durian Medan? Kini kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh dalam bentuk pancake yang dibuat dari 100% daging durian. Rasanya yang legit, membuat penganan pencuci mulut ini banyak diminati masyarakat. Bahkan tak jarang, orang yang mengonsumsinya, menjadi ketagihan. Alasan untuk menjadikannya oleh-oleh tampaknya tak salah, apalagi produk tanpa pewarna dan pengawet itu bisa bertahan selama lima jam di ruang terbuka dan lebih 10 jam dalam kondisi beku.

 

  1. Sirup Markisa Ny. Lim

Harga: Rp145.000/botol

Walaupun sudah banyak kita temui sirup markisa di beberapa kota di Indonesia, namun sirup markisa Medan tidak pernah tergantikan kelezatannya dibandingkan dengan sirup-sirup markisa lainnya pada umumnya. Sirup markisa Ny. Lim ini sudah ada sejak tahun 1954 dan dibuat dengan olahan rumah tangga (home made) yang bebas dari zat pewarna, zat pengawet serta tahan lama dan nikmat tentunya.

 

  1. Kopi Tanpak Sidikalang

Harga: Rp30.000/250 gram

 

Photo Credit: @iraera_

Bagi para penikmat kopi sejati, pasti tahu jenis kopi-kopi terbaik dari Sumatera. Salah satunya adalah Kopi Sidikalang. Dijuluki sebagai rajanya kopi, Sidikalang merupakan nama dari ibukota kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Ini adalah jenis kopi robusta yang ditanam di daerah ini dengan ketinggian tertentu dan memiliki citarasa enak sehingga digemari banyak pecinta kopi lokal hingga mancanegara.

 

  1. Manisan Jambu Aguan

Harga: Rp25.000/kg

Photo Credit: @williamwongso

Ingin menikmati jambu dengan cara berbeda? Coba deh yang satu ini. Dibuat dari buah jambu biji berukuran besar, manisan jambu ini diolah hingga memiliki cita rasa yang khas dengan pelengkap sambal rujak yang begitu menggiurkan. Kalau biasanya di tempat lain,  manisan jambu cuman tersedia dalam satu rasa. Di kedai Aguan ini,  manisan jambunya terdiri dari 2 macam rasa. Yaitu rasa manis dan rasa manis – asin.

 

  1. Kacang Sihobuk

Harga: Rp28.000 – Rp50.000/bungkus

Kacang Sihobuk adalah makanan ringan atau jajanan khas Batak yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara. Cara memasak kacang Sihobuk terbilang agak rumit dan unik (karena menggunakan pasir dan kayu bakar) serta alami, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Untungnya kamu sekarang nggak harus jauh-jauh ke Tarutung karena di toko oleh-oleh di Medan kini sudah banyak dijumpai!

 

  1. Popiah Yose Rizal

Harga: Rp8.000/buah

Photo Credit: @mr.robertfr

Streetfood sejenis lumpia yang berada di Jl. Yose Rizal ini sangat terkenal karena kelezatannya. Sampai-sampai dijuluki rajanya popiah di Medan. Isinya sangat padat dan banyak, ada wortel, lobak, daging kepiting, daging merah (chasio), bawang goreng, telur dan selada. Ada dua jenis popiah, yaitu basah dan goreng. Kalau mau dibawa sebagai oleh-oleh, sebaiknya pilihlah popiah goreng supaya lebih tahan lama.

 

  1. Teri Medan

Harga: Rp70.000 – Rp100.000/kg

Photo Credit: @fenny_ciaa

Meskipun berukuran kecil, Teri Medan memiliki rasa yang cocok untuk segala macam olahan. Pelancong dari luar kota pun selalu memburu oleh-oleh khas Medan ini jika berkunjung ke kota Medan. Masyarakat kota Medan sering kali memasaknya dengan kacang tanah dan potongan kecil tempe yang digoreng.

 

  1. Medan Napoleon

Harga: Rp55.000 – Rp75.000

Ini dia oleh-oleh kota Medan paling hits dan kekinian yang banyak digemari para wisatawan untuk dibawa sebagai buah tangan. Kue ini terdiri dari tujuh varian rasa, yaitu Red Velvet, Great Chocolate, Caramel, Cheese, Durian, Green Tea dan Extra Cheese. Rasanya lumer banget di mulut!

 

 

Leave a Reply