Liburan ke Lombok Wajib Makan di Sini Biar Nggak Nyesel!

Mulai bosan dengan Bali? Melipir saja ke “tetangganya” yang tak kalah menawan namun tidak terlalu hiruk-pikuk: Lombok.

Dari pantai-pantai kece, air terjun eksotis, hingga pegunungan megah semua bisa dijumpai di sini. Namun satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Lombok adalah kulinernya. Rasa yang berani dan “meledak” di mulut pastinya bakal bikin kamu ketagihan.

Oh ya, Lombok dikenal juga sebagai Pulau Seribu Masjid karena penduduknya yang sebagian besar beragama Islam. Makanya kamu nggak perlu was-was, karena hampir dipastikan semua makanan khas Lombok halal. Cukup was-was soal berat badan yang bakal nambah saja!

Sebagai pilihan tempat menginap selama di Lombok, jangan lupa untuk memesan kamar hotel murah dari ZEN Rooms supaya liburan kamu lebih nyaman dan berkesan.

 

  1. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Alamat: Jalan Raya Puyung, Desa Puyung, Lombok Tengah

Photo Credit: @yugazulkarnain

Hampir di semua daerah memiliki nasi campur versinya masing-masing. Yang istimewa dengan nasi balap dari Desa Puyung ini adalah lauk pauknya yang sangat pedas. Ada suwiran daging ayam goreng yang diolah dengan cabai, kacang kedelai goreng, abon, serta belut goreng. Meskipun kini ada banyak tempat yang menjual nasi balap Puyung, namun yang paling asli adalah milik Inaq (Ibu) Esun di Desa Puyung.

 

  1. Ayam Taliwang Khas Pak Udin

Alamat: Jl. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Mataram, Lombok

Photo Credit: @foodventurewithkokoya

Bisa dibilang, Ayam Taliwang merupakan makanan khas Lombok yang paling terkenal di Indonesia. Biasanya, Ayam Taliwang menggunakan ayam muda berukuran sedang lalu dibumbui dan dibakar dengan aneka rempah kemudian disajikan bersama Plecing Kangkung dan Sambal Beberuk. Salah satu kedai Ayam Taliwang paling famous di Lombok adalah Ayam Taliwang Khas Pak Udin. Ada dua pilihan rasa, yaitu super pedas atau manis. Soal kelezatan tak diragukan lagi, bahkan seorang food blogger asal luar negeri menyebutnya sebagai ayam bakar terenak di dunia!

 

  1. Ayam Rarang Inaq Dellah

Alamat: Desa Rarang, Lombok Timur

Photo Credit: @weelovefood

Kalau di Jogja ada Oseng-Oseng Mercon yang pedesnya bikin merem melek, maka Lombok punya Ayam Rarang. Masakan ini berasal dari Desa Rarang dan terbuat dari ayam kampung yang diracik dengan berbagai bumbu dan cabe rawit melimpah. Makanya tak heran kalau banyak orang yang akan ketagihan setelah mencicipi masakan khas pedesaan ini.

 

  1. Sate Bulayak Suranadi

Alamat: Jl. Taman Wisata No. 7, Suranadi-Narmada, Lombok Barat

Photo Credit: @vanchan_diaries

Sate Bulayak menggunakan daging sapi atau ayam sebagai bahan utamanya. Daging tersebut lalu dibumbui rempah-rempah kas Suku Sasak, lalu dibakar langsung di atas bara api, kemudian disajikan bersama saus kacang yang encer dan juga bulayak, yaitu sejenis lepet dari beras ketan. Kalau ke Lombok, makanan ini WAJIB masuk daftar kunjungan kamu.

 

  1. Nasi Campur Sukaraja RM Murah

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Ampenan, Mataram, Lombok

Photo Credit: www.goodindonesianfood.com

Beroperasi sejak tahun 70an, banyak warga lokal yang merekomendasikan RM Murah sebagai pemilik Nasi Campur Sukaraja terenak di seantero Lombok. Sebetulnya tempat ini tak ubahnya seperti warung makan biasa, namun yang membuatnya istimewa adalah aneka lauk-pauk yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari ayam goreng, sate lilit, beberuk, sate pusut dan masih banyak lagi. Siap-siap kalap deh!

 

  1. Sate Tanjung

Alamat: Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara

Photo Credit: @warholcafe

Sate Tanjung adalah kuliner khas Lombok yang unik. Jika biasanya kita makan sate dari daging sapi, ayam atau kambing tetapi sate khas Desa Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini menggunakan ikan Cakalang dan disajikan tanpa menggunakan saus apapun. Namun bumbunya yang unik dalam olahan sate ikan ini justru yang membuat banyak wisatawan jatuh hati.

 

  1. Warung Sate Rembiga Utama

Alamat: Jl. Wahidin Sudirohusodo No. 5, Rembiga, selaparang, Mataram, Lombok

Photo Credit: @horizonhoman

Sajian sate rembiga merupakan salah satu ikon kuliner pulau Lombok. Kabarnya sate bercitarasa lezat karena baluran aneka rempah. Nama Rembiga sendiri berasal dari nama sebuah kelurahan di Selaparang, Mataram, Lombok. Seperti yang kebanyakan orang katakan, sate rembiga memang sangat enak! Dagingnya empuk, karena memakai daging bagian has dalam. Direndam dengan bumbu meresap yang manis pedas.

 

  1. Sop Buntut Istana Rasa

Alamat: Jl. Subak III No. 21, Cakranegara, Mataram, Lombok

Photo Credit: @r47natjan

Sop buntut memang ada di mana-mana dan sulit ditelusuri asal-muasalnya, namun yang membuat sop buntut di Istana Rasa ini istimewa adalah kuahnya yang lebih pekat dan lebih kaya rasa dibanding sop buntut pada umumnya karena menggunakan bumbu rahasia tambahan (sekilas malah mirip semur). Apalagi dagingnya yang begitu empuk dan mudah lepas dari tulang, membuat siapapun yang makan jadi lahap dan lupa diri.

 

  1. Bebalung Warung Klebet

Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto

Photo Credit: @joekingbing

Warung Klebet menyajikan menu andalan berupa Bebalung, atau biasa disebut sop tulang. Bahan utamanya adalah daging tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit ditambah jahe agar rasa pedas cabenya memiliki ciri khas tersendiri. Disajikan dengan nasi panas, Bebalung diyakini berkhasiat untuk menambah stamina.

 

Leave a Reply