Makanan buat Pemberani: 10 Kuliner Pedas di Jogja yang Bikin Keringat Mengucur Deras

Jogja identik dengan makanannya yang manis-manis, seperti gudeg, tempe bacem, ayam kalasan dan sebagainya. Bagi penyuka makanan pedas, tentu momen liburan di Kota Pelajar akan sangat menantang terutama soal urusan perut. Tenang saja, ternyata banyak juga kok pilihan kuliner di Jogja yang menawarkan citarasa yang jauh dari rasa manis. Beberapa kuliner berikut ini misalnya, rasa pedas yang ditawarkan pasti bikin nafsu makan kamu tambah membara!

 

  1. Waroeng Spesial Sambal

Alamat: Jl.Kaliurang km 4,5 Gg.Kinanthi No 19 Pogung Kidul, Yogyakarta

Photo Credit: @artinirezkisri

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kan menu andalan di sini apa? Ya, Waroeng SS merupakan surganya para penggemar makanan pedas. Dan asyiknya, kedai makan yang menawarkan berbagai pilihan jenis sambal (hingga 33 macam!) ini sekarang sudah memiliki banyak cabang di Yogyakarta, jadi kamu bisa melipir ke cabang terdekat. Pilihan lauknya pun beragam, dari ayam, bebek, ikan dan sebagainya.

 

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta

Photo Credit: @secendry

Membahas kuliner pedas Jogja, tentu nggak bisa dilepaskan dari yang satu ini. Bisa dibilang, warung sederhana di emperan jalan ini adalah salah satu pelopor sajian membakar lidah di Kota Pelajar. Oseng Mercon terdiri dari kikil, gajih, kulit, dan tulang muda yang dioseng-oseng dengan cabai rawit melimpah, minyak, dan bumbu lainnya. Ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh? Mereka kini juga menjualnya dalam bentuk kalengan yang tahan lama lho!

 

  1. Gudeg Mercon Ibu Tinah

Alamat: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta

Photo Credit: @giokgox

Jika selama ini gudeg dikenal dengan rasanya yang manis, maka gudeg di sini memiliki rasa yang super pedas hingga dijuluki Gudeg Mercon. Meskipun hanya berada di pinggir jalan, tetapi karena rasanya yang lezat, antrean panjang pun hampir selalu terlihat setiap kita berkunjung ke sini. Pokoknya cocok banget deh buat kamu yang ingin menikmati gudeg khas Jogja, tapi nggak doyan manis.

 

  1. Entok Slenget Kang Tanir

Alamat:  Jl. Pakem – Turi, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Photo Credit: @javafoodie

Olahan itik yang satu ini termasuk langka dan tiada duanya. Jadi kalau ke Jogja, kamu nggak boleh melewatkannya. Dari penampilannya, sekilas entok slenget ini mirip semur, berkuah pekat tanpa santan. Yang membedakan slengetan entok ini dari semur adalah rasa pedas menyengatnya yang menggigit lidah. Warung ini buka dari pukul 16.30. Tapi dalam tiga jam saja, terkadang tulisan tanda habis telah dipasang. Jadi, bila memang ingin mencoba nikmatnya slengetan entok ini, lebih baik datang saat warung baru buka supaya nggak kehabisan.

 

  1. Ayam Setan Angkring Jentik

Alamat: Jl. Selokan Mataram, Caturtunggal, Kec. Depok, Yogyakarta

Photo Credit: Chairuliningtyas Hapsari

Nama-nama menu makanan di tempat makan ini cukup menyeramkan. Ada ayam setan, ceker setan, serta telur iblis. Tenang, nggak ada hubungannya sama dunia klenik kok. Nama itu diberikan karena rasanya sangat pedas dan bikin keringat bercucuran ketika bersantap.Namun justru  karena lezat dan pedasnya itulah menu ayam setan cukup diburu konsumen penasaran akan nikmatnya ayam setan. Mau mencoba ‘tantangan’ ini?

 

  1. Sate Petir Pak Nano

Alamat: Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Tirtonirmolo, Bantul, Yogyakarta

Photo Credit: @fina_sengkey

Tahu kan betapa menggelegarnya suara petir? Sensasi seperti itulah yang bakal kamu dapatkan saat pertama menggigit sate petir ini – rasanya begitu pedas bak tersambar petir! Sekilas, penampilannya memang tak jauh berbeda dengan sate kambing pada umumnya, tetapi yang irisan cabai rawitnya sangat banyak dan tumpah ruah, sehingga rasanya menjadi begitu pedas. Ada beberapa level tingkat pedas di sini: mulai dari level PAUD (Pendidikan Anak Usai Dini), playgroup, hingga level profesor.

 

  1. Bakso Demit

Alamat:  Jalan Raya Piyungan KM. 4,5, Jogotirto, Sleman, Yogyakarta

Photo Credit: @puas_kulineran

Bakso merupakan comfort food favorit orang Indonesia, apalagi kalau disantap saat musim hujan seperti sekarang ini. Tapi siapkah kamu mencoba bakso yang dari penampilannya saja sudah bikin ketar-ketir ini?  Lihat saja, penyajiannya lebih mirip semangkuk sambal yang diberi “lauk” bakso! Komposisi baksonya terdiri dari bakso urat dan bakso telur juga bakso biasa. Untuk 1 porsi bakso demit dihargai 18 ribu. Siap mules?

 

  1. Mie Setan The Demit

Alamat: Jalan Kaliurang KM 14,5 Yogyakarta

Photo Credit: @jogjafood

Salah satu tempat makan bercitarasa pedas yang sedang hits di kalangan anak muda Jogja ini menawarkan aneka olahan mie yang serba pedas dengan penyajian yang sangat unik sehingga sumpitnya terlihat sedang melayang di atas piring. Di sini, para pembeli bisa memilih level wani piro dari level 0-10 sesuai dengan selera. Harganya pun sangat ramah di kantong para pelajar.

 

  1. Sego Sambel Surabaya Iwak Pe

Alamat: Jl. Seturan Raya, Caturtunggal, Yogyakarta

Photo Credit: @segosambelsurabayaiwakpe

Pernahkah kamu mencicipi rasa daging ikan pari? Kalau belum pernah, mampirlah ke tempat makan khas Surabaya yang satu ini. Seperti namanya, menu yang dihadirkan di sini adalah seporsi nasi putih dengan iwak pe (ikan pari) panggang, telur dadar, tempe, serta guyuran sambel yang pedesnya lumayan bikin megap-megap.

 

  1. Rica-Rica Pak Fadhil

Alamat: Jl. Kaliurang KM 3, Yogyakarta

Photo Credit: @ricapedasfadhil

Datang ke tempat ini merupakan salah satu agenda yang harus dijadwalkan ketika berlibur ke Jogja. Tempat yang selalu ramai ini buka dari sore hingga malam hari dengan menu andalan berupa rica-rica. Pilihan dagingnya ada bermacam-macam, ada rica-rica ayam, ceker, menthok (sejenis itik),hingga kambing. Soal rasa? Pokoknya siapin tisu yang banyak buat ngelap keringet!

 

 

 

Leave a Reply