Maksimalkan Pengalaman Menginap Kamu di Hotel dengan Melakukan 7 Hal Ini

Adakalanya hotel bukan sekadar tempat untuk tidur dan menginap saja. Ada banyak hal-hal menyenangkan yang bisa kamu dapatkan dengan menginap di hotel, mulai dari fasilitas, layanan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar lain kali hotel yang kamu inapi tidak “mubazir” begitu saja, lakukanlah hal-hal ini agar pengalaman menginapmu jadi lebih berkesan.

 

  1. Tiba lebih awal, keluar lebih lama

Kebijakan early check-in serta late check-out adalah hal biasa di sebuah hotel, dan ini adalah salah satu cara untuk membuat pengalaman menginap kamu di hotel menjadi lebih lama. Memang, tak semua hotel fleksibel soal kebijakan yang satu ini, tapi biasanya asalkan kamar yang akan/sedang kamu tempati kebetulan sedang available –  dalam artian sedang tak ada penghuni maupun tak akan ditempati tamu lain dalam waktu dekat, maka hotel tak akan segan untuk menuruti permintaan kamu. Tinggal sampaikan saja permintaanmu ini pihak hotel sebelum check-in/check-out. Lumayan kan bisa menginap lebih lama satu atau dua jam.

 

  1. Rayakan momen istimewa

Hotel yang baik tahu bahwa selain menyediakan akomodasi mereka juga senantiasa ingin memberikan para tamunya pengalaman yang tak terlupakan dan tak terduga. Sehubungan dengan hal ini, kamu harus memberi tahu pihak hotel sebelumnya bahwa kamu menginap di sana dalam rangka merayakan sesuatu, entah itu ulang tahun, hari jadi pernikahan, bulan madu, dan lain sebagainya. Siapa tahu pihak hotel akan memberikan kejutan istimewa yang tak kamu duga-duga, seperti kue, paket spa gratis, makan malam gratis, atau apapun.

 

  1. Ketahui hak kamu

Photo Credit: @gruposumma

Ada baiknya, sebelum tiba di hotel kamu sudah memiliki informasi yang lengkap tentang apa-apa saja fasilitas yang bisa kamu nikmati secara cuma-cuma selama menginap di hotel. Coba browsing atau telepon dan cari tahu terlebih dahulu keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan jika menginap di sana, misalnya layanan antar jemput gratis, penggunaan ruang fitness gratis , afternoon tea gratis, diskon ke tempat-tempat wisata, dan lain sebagainya. Jangan sampai yang terjadi malah sebaliknya, di mana hal-hal yang kamu kira gratis dan merupakan bagian dari layanan ternyata justru ada biaya tambahan.

 

  1. Komunikasikan dengan baik

Entah untuk meminta upgrade kamar, ganti kamar, atau menyampaikan keluhan, pastikan kamu mengomunikasikannya dengan baik dan benar. Jika menggunakan istilah-istilah perhotelan seperti tingkat hunian, kepuasan, loyalty, dan sebagainya, pihak hotel akan menyadari bahwa kamu adalah orang yang sering menginap di hotel dan tahu akan hak-hakmu sebagai tamu. Ingat: bukan dengan siapa kamu berbicara, melainkan bagaimana cara kamu berbicara. Tapi kalau ingin menyampaikan keluhan yang serius, ada baiknya langsung ke manajer yang bersangkutan, bukan dengan staf.

 

  1. Cari tahu program atau promo istimewa

Kecuali kamu Paris Hilton yang uangnya segudang, mendapatkan harga istimewa saat menginap di hotel tentu menjadi sesuatu yang amat menyenangkan. Oleh karena itu, sebelum memesan kamar cari tahu apakah ada program diskon maupun promo harga khusus yang mereka tawarkan. Mulai dari potongan harga jika menggunakan kartu kredit bank tertentu, hingga diskon jika menggunakan kode promo saat melakukan pemesanan saat online.

Seperti di ZEN Rooms misalnya, jika menggunakan kode promo EARLY15 saat melakukan pemesanan hingga 31 Desember 2017, maka kamu akan mendapatkan potongan harga sebesar 15% di semua ZEN Rooms yang ada di Indonesia maupun Asia dengan periode menginap bebas.

 

  1. Kalau mau sesuatu, minta saja

Photo Credit: @cestlv_

Jangan ragu untuk meminta sesuatu yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma saat menginap di hotel, seperti misalnya tambahan sampo, sabun, kopi, pasta gigi, ganti bantal, handuk tambahan, kabel komputer, dan lain sebagainya.

 

  1. Akrabkan diri dengan para staf

Cara terbaik untuk mendapatkan pelayanan terbaik saat menginap di hotel adalah dengan bersika ramah terhadap para staf yang kamu jumpai. Misalnya dengan memanggil mereka menggunakan nama, atau sekadar bertanya tentang tentang tempat-tempat asyik di kota tersebut yang layak dikunjungi. Apalagi kalau kamu memberikan mereka tip, dijamin para staf hotel akan menjadi lebih ramah kepadamu.

 

 

 

Leave a Reply