5 Menu Unik Berbuka Puasa yang Ada di Indonesia

“Berbukalah dengan yang manis.” Pasti kamu sering banget mendengar anjuran itu. Memang, idealnya berbuka puasa harus diawali dengan takjil alias sajian manis yang tujuannya untuk mengganti energi tubuh yang hilang.  Walaupun demikian, ada lho menu khas berbuka puasa yang tidak identik dengan makanan manis, seperti kolak atau sop buah. Penasaran kan? Ayo ikut kami jalan-jalan keliling Indonesia untuk mengetahui sajian khas berbuka puasa di berbagai daerah.

  1. BUBUR KAMPIUN (PADANG)

Photo source: @resepkokiid

Nama kampiun sendiri berasal dari bahasa asing “Champion” yang artinya juara. Kenapa dinamai “bubur juara”? Karena sejatinya makanan yang banyak ditemui saat Bulan Ramadan ini terdiri dari berbagai jenis takjil yang digabungkan menjadi satu, mulai dari kolak pisang, bubur kacang hijau, bubur candil, bubur sumsum dan ditambah dengan ketan. Satu porsi saja biasanya cukup mengenyangkan. Memang cocok sebagai menu buka puasa para juara!

  1. MIE GLOSOR (BOGOR)

Photo source: @mikhaanissa

Bagi orang Bogor, buka puasa tanpa kehadiran mie glosor rasanya belum lengkap. Menu ini termasuk menu musiman yang hanya mudah dijumpai saat Bulan Ramadan saja, oleh karena itu kalau kamu penasaran, jangan sampai melewatkannya! Berbeda dengan mie biasa yang terbuat dari terigu, mie glosor berbahan dasar sagu dan diwarnai kuning lalu disajikan bersama saus kacang dan aneka gorengan.

Kalau kamu mau liburan ke Bogor dan mencicipi mie glosor, jangan lupa lihat beberapa referensi kamar hotel di Bogor dari ZEN Rooms.

  1. PAKAT (TAPANULI SELATAN)

Photo source: @herra.pahlasari

Makanan khas suku Mandailing yang muncul setiap bulan puasa ini terbuat dari rotan yang masih muda. Setelah dipotong-potong, batang-batang rotan muda ini dibakar di atas bara api hingga masak, kemudian dikupas dan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih. Daging rotan itulah yang kemudian disantap dengan dibubuhi sambal, saus atau kuah santan kelapa campur serundeng. Unik ya?

  1. BONGKO KOPYOR (GRESIK)

Photo source: @gresiktourism

Bongko kopyor adalah makanan khas Gresik yang biasa dijadikan menu takjil.  Sajian ini terbuat dari tebung terigu yang diolah bersama santan, kelapa parut dan isian roti, nangka, serta pisang raja, kemudian disajikan dengan cara dibungkus daun pisang. Selain tampilannya yang menggoda, rasanya pun sangat manis, legit dan segar. Pas untuk menu berbuka puasa!

  1. KOLAK AYAM (GRESIK)

Photo source: @gresik_trip

Iya, kamu nggak salah baca. Makanan ini memang bernama kolak ayam! Kalau biasanya kolak dibuat dari pisang atau ubi, maka yang satu ini dari ayam kampung, gula merah, jinten, daun bawang merah dan santan kelapa. Uniknya, yang masak pun harus laki-laki! Tradisi kolak ayam di Desa Gumeno, Gresik ini sudah berlangsung selama lima abad dan biasa disajikan pada malam ke-23 setiap Bulan Ramadan. Oh ya, katanya kolak ayam banyak khasiatnya lho! Mau coba?

Leave a Reply