Ngapain Jauh-Jauh ke Tiongkok! 10 Tempat di Indonesia yang Mirip Negeri Tirai Bambu

Perayaan tahun baru Imlek merupakan salah satu hari besar yang dirayakan oleh kaum Tionghoa di seluruh dunia. Dan Imlek untuk menyambut tahun anjing kali ini akan jatuh tepat pada tanggal 16 Februari besok.

Sama seperti lebaran, pada perayaan Imlek biasanya masyarakat Tionghoa di seluruh dunia juga banyak yang melakukan tradisi mudik lho. Tapi kalau kamu ingin sekadar merasakan suasana seperti di Tiongkok, kini nggak perlu jauh-jauh keluar negeri kok. Pasalnya, sekarang di Indonesia ada banyak tempat-tempat wisata yang suasananya sangat mirip dengan di negeri Tiongkok.

Percaya deh, kalau kamu foto-foto di sini pasti banyak yang ngira kalau kamu sedang mudik atau bahkan liburan ke Negeri Tirai Bambu!

 

  1. Vihara Dewi Kwan Im, Belitung

Alamat: Desa Burung Mandi, Manggar, Kabupaten Belitung

Photo Credit: @meilianz

Photo Credit: @paqueena

Vihara yang hampir berumur 300 tahun ini ini menjadi vihara terbesar dan tertua yang ada di Pulau Belitung. Setiap harinya, vihara ini ramai didatangi pengunjung baik yang ingin beribadah maupun berwisata. Konon, Dewi Kwan Im bersembahyang di atas batu yang ada di Kon Im, salah satu tempat sembayang paling besar di vihara ini. Selain sebagai tempat ibadah, vihara ini juga memiliki pemandangan indah Gunung Burung Mandi yang terletak persis di belakang vihara ini. Jika sedang beruntung, kamu juga bisa melihat kawanan monyet yang turun dari bukit untuk mencari makan ke vihara.

 

  1. Chinatown Bandung

Alamat: Jl. Kelenteng No. 41, Bandung

Photo Credit: @andiputra_wicaksono

Photo Credit: @adeeva.z.a

Begitu melangkahkan kaki ke dalam area Chinatown Bandung, warna merah dan kuning mendominasi berbagai ornamen dan desain tempat ini. Sebuah ruangan bertuliskan Bandung Chinatown Museum langsung terlihat di sisi kiri pintu masuk. Di dalamnya terdapat berbagai macam perabotan kuno yang memiliki keterkaitan dengan kebudayaan Tionghoa di Indonesia. Selain itu terdapat juga beberapa ruangan yang dijadikan toko-toko souvenir dan kuliner pada bagian sisinya. Kamu bahkan bisa membeli segala pernak-pernik berbau Tiongkok di sini.

Cek juga kamar hotel ZEN Rooms di Bandung yang terdekat dari lokasi ini.

 

  1. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Tanjung Pinang

Alamat: Simpang Jl. Asia Afrika Km 14, Tanjungpinang

Photo Credit: @lukman_hakim2909

Photo Credit: @azizahh0998

Ikon terbaru di Kota Tanjungpinang ini terkenal dengan julukan vihara seribu wajah atau seribu patung. Hal itu dikarenakan di sini terdapat 500 patung Lohan dengan berbagai wajah dan juga memiliki 40 lebih patung dewa-dewa dalam kepercayaan Budha yang berukuran orang dewasa. Vihara ini termasuk vihara terbesar se-Asia Tenggara setelah China. Bahkan seniman pembuat patung-patung itu sengaja didatangkan dari Tiongkok supaya terlihat lebih otentik!

Cek juga kamar hotel ZEN Rooms di Bintan yang terdekat dari lokasi ini.

 

  1. Petak Sembilan, Jakarta

Alamat: Jl. Kemenangan III No. 13, Glodok, Jakarta Barat

Photo Credit: @ivancandinegara

Photo Credit: @chel17michelle

Menjelajah kota Jakarta tak lengkap rasanya bila belum mengunjungi Pecinan Petak Sembilan di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Selain akan mendapatkan pengalaman baru, mengunjungi Pecinan Petak Sembilan juga akan menambah pengetahuan baru tentang sejarah etnis Tionghoa di Jakarta. Melewati pintu masuk Pecinan Petak Sembilan, kamu bakal disuguhi banyak lampion merah yang terbentang di sepanjang jalan. Sedangkan di kanan kirinya, ada banyak sekali bangunan yang menyediakan berbagai rupa peralatan ibadah umat Buddha dan Konghucu. Oh ya, tempat ini juga surga kuliner khas Tionghoa lho!

Cek juga kamar hotel ZEN Rooms di Jakarta yang terdekat dari lokasi ini.

 

  1. Istana Panda Taman Safari, Bogor

Alamat: Taman Safari Indonesia, Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cisarua, Bogor

Photo Credit: @denbobibarker

Photo Credit: @ratihrac

Jarang-jarang lho kita bisa melihat panda hidup selain di habitat aslinya di Tiongkok. Maklum, hewan ini termasuk dilindungi banget. Makanya beruntung sekali Indonesia karena diberikan kepercayaan untuk merawat sepasang panda, yaitu Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina). Di Istana Panda terdapat wahana edukasi, mulai dari maket habitat asli panda di Cagar Alam Nasional Wolong, Chengdu. Salah satu yang unik ialah wahana bioskop. Wisatawan akan disuguhkan film tentang panda, dan prosesi kedatangan panda dari Chengdu ke Bogor.

Cek juga kamar hotel ZEN Rooms di Bogor yang terdekat dari lokasi ini.

 

  1. Janjang 1000 Koto Gadang, Bukittinggi

Alamat: Kayu Kubu, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi

Photo Credit: @donnirenaldy

Photo Credit: @yasintaw

Melihat kemegahan Great Wall tak perlu jauh-jauh ke China. Kendati tidak sebesar dan sepanjang di China, Kota Bukittinggi di Sumatera Barat juga punya, Janjang Koto Gadang namanya. Inilah tempat wisata di Sumatera Barat yang membawa kamu serasa di Tembok China. Letaknya ada di antara Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi di Sumatera Barat, berupa jembatan tembok sepanjang 1,7 km. Kira-kira butuh 1.000 langkah dari Lubang Jepang di Bukittinggi menuju Koto Gadang di Agam. Kalau lelah, berhentilah sejenak di tengah jembatan, rasakan sejuknya angin berhembus.

 

  1. Pagoda Tian Ti, Surabaya

Alamat: Kenjeran Park, Jl. Sukolilo No. 100, Surabaya

Photo Credit: @achongarsa

Photo Credit: @friskakhristi

Pagoda yang terdapat di kawasan wisata Kenjeran Park  ini merupakan salah satu spot foto favorit tiap wisatawan yang datang berkunjung. Namanya adalah Pagoda Tianti (Langit-Bumi) atau juga disebut Sky World. Gedung bundar ini berdiameter 60 meter dengan tinggi 58 meter dan merupakan duplikat dari bangunan serupa yang ada di Beijing. Simbol kerajaan berupa naga dan phoenix juga terlihat di semua relief bangunan. Bahkan di sisi bawah terdapat lima naga – empat sebagai simbol empat arah mata angin, sedangkan satu naga sebagai pilar bangunan.

Cek juga kamar hotel ZEN Rooms di Surabaya yang terdekat dari lokasi ini.

 

  1. Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

Alamat: Jalan Raya R. E. Martadinata No. 1, Tuban

Photo Credit: @siscawungu

Photo Credit: @chikam_kham

Klenteng dengan luas 4 hektar (konon terbesar di Indonesia) yang dibangun pada abad ke-18 ini konon merupakan satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap laut lepas. Uniknya, jika di kelenteng-kelenteng lain yang menjadi simbol di pintu masuknya adalah naga, maka simbol di pintu masuk Kelenteng Kwan Sing Bio ini adalah kepiting. Dewa utama yang dipuja di Kelenteng ini adalah Dewa Kwan Kong. Tidak ada satupun klenteng lain di dunia ini menggunakan lambang kepiting. Karena itu symbol patung kepiting ini memilik nilai keunikan atau ciri khas bagi Klenteng Kwan Sing Bio.

 

  1. Klenteng Sam Po Kong, Semarang

Alamat: Jalan Simongan No. 129, Semarang

Photo Credit: @rahmatdiharjo

Photo Credit: @yolandalst

Klenteng Sam Po Kong diyakini sebagai bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Hampir di keseluruhan bangunan bernuansa merah khas bangunan China. Selain sebagai tempat wisata terkenal di Semarang, klenteng ini juga masih aktif digunakan sebagai tempat bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien.

 

  1. Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Jakarta

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Photo Credit: @utsawaphotography

Photo Credit: @khalimr

Taman ini merupakan sebuah wahana edukasi yang dibangun dengan menyuguhkan konsep bernuansa khas etnik Tionghoa. Pembangunan Taman  Budaya Tionghoa ini bertujuan untuk memamerkan artefak, foto-foto, arsitektur bangunan, taman dan lain-lain yang berkaitan dengan eksistensi suku Tionghoa di nusantara. Nuansa Tionghoa tampak menghiasi keseluruhan taman, mulai dari arsitektur bangunan, jembatan, termasuk tanaman dan bentuk perahu naganya. Taman Budaya Tionghoa ini juga mempertegas toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

Cek juga kamar hotel ZEN Rooms di Jakarta yang terdekat dari lokasi ini.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply