Nggak Kalah Sama Cafe: 10 Kuliner Kaki Lima di Bandung yang Enak dan Murmer

Salah satu tujuan orang liburan ke Bandung adalah karena kulinernya. Bahkan ada beberapa orang yang sengaja ke Bandung hanya untuk wisata kuliner. Ya, setiap minggu sepertinya ada saja tempat makan baru yang menawarkan sesuatu yang unik dan menarik.

Tapi kalau makan di café lagi-café lagi apa nggak bosen? Lagipula di Jakarta juga banyak café. Sesekali, cobalah kuliner kaki lima alias streetfood.  Dengan harga yang jauh lebih murah, namun soal rasa nggak kalah deh kalau disandingkan dengan sajian di café-café mewah dan trendi. Malahan, beberapa di antaranya ada yang sudah melegenda dan berjualan selama beberapa generasi.

Yuk ikut kami berkunjung ke kuliner kaki lima di Bandung yang enak dan murah meriah.

Oh iya, kalau mencari tempat menginap yang murah dan nyaman di Bandung, inilah beberapa pilihan kamar hotel murah dari ZEN Rooms untuk kamu.

 

  1. Sate Anggrek

Alamat: Jl. Anggrek No. 35, Cihapit, Bandung 40114

Jam Buka: Mulai pukul 16.00

Harga: Sekitar Rp20.000/10 tusuk

Photo Credit: @endahtrisnaa

Tak salah kalau CNN baru-baru ini memasukkan sate ayam ke urutan 14 makanan terenak di dunia. Siapa sih yang tahan dengan godaan dari potongan daging ayam atau kambing yang dibakar dengan arang hingga matang dan sedikit hangus lalu disajikan dengan saus kacang/kecap manis? Tak terkecuali dengan Sate Anggrek. Keunikan lain dari Sate Anggrek ini adalah bakarannya yang panjang yang bisa membakar hampir 100 tusuk sekaligus! Asapnya yang ngebul dan aroma harumnya bahkan sering bikin pengendara motor atau pejalan kaki yang lewat bisa tiba-tiba tergoda untuk mampir. Plus, potongan dagingnya besar-besar. Puas deh!

 

  1. Kupat Tahu Gempol

Alamat: Jl. Gempol Kulon No. 53, Citarum, Bandung 40115

Jam Buka: 06.00 – 12.00

Harga: Rp15.000/porsi

Photo Credit: @silvafauziah

Tempatnya memang sederhana, namun siapa sangka tempat yang menjual kupat tahu ini termasuk kuliner kota kembang paling legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1975. Bahkan pengunjung yang membawa mobilpun rela parkir jauh-jauh karena hampir setiap pagi tempat ini selalu dipadati oleh mereka yang ingin sarapan. Yang menjadikan Kupat Tahu Gempol istimewa dibandingkan makanan sejenis adalah bumbu kacangnya yang lebih kental tanpa campuran kentang tumbuk. Saus spesial itu lalu disiramkan di atas potongan ketupat, tahu kuning goreng, toge, kemudian beri taburan bawang goreng dan kerupuk. Ini yang namanya breakfast for champion!

 

  1. Bebek Ali Borromeus

Alamat: Jl. Hasanuddin, Dago, Bandung (samping RS Borromeus)

Jam Buka: Mulai pukul 17.00

Harga: Nasi Bebek Rp21.000

Photo Credit: @duniakulinerbdg

Dikenal juga dengan nama Bebek Ali Borme, warung pinggir jalan dekat RS Borromeus ini menjadikan bebek goreng sebagai menu andalannya. Jangan bayangkan daging bebek yang amis atau alot, karena Ali Renaldi, sang pemilik mengolah daging bebek sedemikian rupa hingga benar-benar empuk dan tak meninggalkan aroma amis. Bebek goreng tersebut disajikan layaknya pecel bebek, dengan sambal tomat serta lalapan dan tempe goreng, lalu disantap bersama nasi putih yang pulen. Kalau jam makan, tempat ini rame luar biasa, bahkan beberapa orang memilih untuk reservasi dulu dari beberapa jam sebelumnya demi merasakan kenikmatan Bebek Ali Borme.

 

  1. Bubur Ayam Pa’ Otong

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 451, Andir, Bandung 40231

Jam Buka: 18.00 – 01.00

Harga: Rp15.000/porsi

Photo Credit: @kuliner_168

Tak seperti umumya tukang bubur ayam yang berjualan dari pagi untuk sarapan, Bubur Ayam Pa’Otong justru baru mulai buka setelah matahari terbenam, yaitu pukul 6 sore. Sekilas, secara tampilan memang tak terlihat berbeda dengan bubur ayam biasanya, namun setelah mencobanya sesuap, pasti kamu bakalan nagih. Buburnya tidak terlalu lembek atau keras, teksturnya pas. Tapi yang istimewa adalah toppingnya yang melimpah – bahkan tak jarang sampai luber. Ada suwiran daging ayam yang begitu banyak, cakwe, irisan daun bawang dan taburan bawang goreng.

 

  1. Nasi Campur 88

Alamat: Jl. Cibadak No. 152, Astana Anyar, Bandung 40241

Jam Buka: 18.30 – 00.00

Harga: Rp40.000/porsi

Photo Credit: @mytummyrules

Tak hanya terkenal akan kuliner halal, buat kamu yang non muslim, Kota Bandung juga menawarkan kuliner kaki lima yang terlalu lezat untuk dilewatkan, yaitu Nasi Campur 88. Terletak di kawasan pecinan Cibadak, kedai kaki lima ini berada tak jauh dari pusat kuliner Sudirman Street. Saking enaknya, pengunjung yang datang harus antre dan mengambil nomor seperti ke dokter. Hanya ada satu menu di sini, yaitu Nasi Campur Babi, yaitu seporsi nasi putih yang diberi topping daging merah, samcan, telur kecap, suwiran daging ayam, otak-otak dan bakso goreng. Pastikan ke sini saat perut kosong karena porsinya lumayan WOW. Oh ya, hati-hati dengan sambelnya… pedesnya kelewatan!

 

  1. Batagor Hanjuang

Alamat: Jl. Astina, Cicendo, Bandung 40173 (depan RM Anugerah)

Photo Credit: PJTV

Belom sah ke Bandung kalo nggak mencoba makanan favorit sejuta umat, batagor alias bakso tahu goreng. Di kalangan wisatawan, mungkin nama Batagor Kingsley atau Batagor Riri jauh lebih terkenal, tapi kalau ngomongin batagor kaki lima maka Batagor Hanjuang ini adalah salah satu yang terenak! Soal harga, tentu lebih murah meriah. Citarasanya pun khas, karena menggunakan ikan tenggiri. Bakso dan tahu goreng berwarna cokelat keemasan lalu diguyur dengan bumbu kacang yang manis dan gurih, kemudian diberi kecap manis dan perasan jeruk limau. Ini baru batagor Bandung yang sebenarnya.

 

  1. Warung Ceu Mar

Alamat: Jl. Cikapundung, Bandung

Jam Buka: 16.00 – 03.00

Photo Credit: @rizkibyan02

Pernahkah kamu terbangun tengah malam dalam kondisi kelaparan, lalu tidak menemukan makanan apapun di rumah? Nah, Ceu Mar adalah solusinya. Ya, Warung Ceu Mar merupakan kuliner malam yang legendaris di Bandung. Dulu, jaman belum ada jam malam, Ceu Mar jadi tempat favorit anak muda untuk nongkrong dan mengisi perut sepulang dari clubbing alias dugem. Meskipun kini tidak terlalu berkonsep kaki lima lagi, namun Ceu Mar tetap menyediakan bangku-bangku di trotoar hingga ke pinggir-pinggir jalan. Menu yang disajikan beragam, dari sayuran, tumisan, gorengan, daging dan lain-lain. Tapi yang jadi favorit adalah gulainya. Must try!

 

  1. Nasi Bistik Astana Anyar (AA)

Alamat: Jl. Astana Anyar No. 218, Astana Anyar, Bandung 40242

Jam Buka: 19.00 – 00.00

Harga: Rp19.000

Photo Credit: @meliciachan

Kalau tadi CNN menempatkan sate ayam di posisi 14, maka nasi goreng Indonesia berada di peringkat kedua makanan terenak di seluruh dunia. Siapa sih yang nggak suka nasi goreng? Dunia pun mengakuinya. Bagaimana kalau nasi goreng dipadukan dengan steik ayam, bisa membayangkan? Daripada penasaran, datang saja ke sini dan coba sendiri Nasi Goreng Bistik – nasi goreng dengan toping bistik atam, kentang goreng, serta potongan wortel dan buncis rebus serta saus barbekyu rumahan. Komentar kami hanya satu: spektakuler!

 

  1. Cuanki SERAYU

Alamat: Jl. Serayu No. 2, Cihapit, Bandung 40114

Jam Buka: 11.00 – 19.00

Harga: Rp15.000/porsi

Photo Credit: @sittara06

Bagi pendatang, nama cuanki mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun bagi warga Bandung, cuanki adalah jajanan pengganjal perut yang enak dinikmati kapan saja – apalagi saat udara dingin. Sepintas terlihat mirip bakso malang, tapi seporsi cuanki biasanya berisi campuran bakso, tahu goreng dan putih, siomay, serta batagor. Dan yang membedakan cuanki dengan bakso biasa, kuahnya menggunakan rebusan tulang ikan, bukan kaldu daging sapi. Saat jam makan, pengunjungnya biasanya membludak. Jadi asyiknya ke sini di luar jam makan.

 

  1. Seafood Kiloan Bang Bopak

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No. 33, Cibeunying Kaler, Bandung 40122

Jam Buka: 18.00 – 03.00

Harga: Mulai Rp25.000/100gr

Photo Credit: @the_foodiary

Jika kebetulan kamu menyusuri Jalan Brigjend. Katamso di malam hari dan melihat ramai orang berkumpul di satu sisi jalan, bisa dipastikan mereka sedang mengantre makan di Seafood Kiloan Bang Bopak. Uniknya sebagian besar menu seafood di sini tidak dijual per porsi melainkan per kilogram, jadi kamu bisa lebih menyesuaikan pesanan dengan isi kantong atau kapasitas perut. Pilihannya proteinnya pun banyak, dari beragam kerang, cumi, ikan, kepiting, udang, baby octopus, sampai lobster. Setelah memilih dan menimbang, sajian laut pesananmu akan diolah dengan berbagai saus sesuai keinginan: saus spesial, saus padang, asam manis, nanas, dan kacang.

Leave a Reply