Nggak Usah ke Swiss: 10 Padang Rumput Terindah di Indonesia

Apakah kamu  pernah nonton film klasik The Sound of Music dan membayangkan betapa asyiknya kalau bisa berlarian di padang rumput nan hijau dan membentang luas seperti yang dilakukan oleh karakter di film tersebut?

Pasti di kamu mengira padang rumput atau savanna seperti itu hanya ada di Benua Eropa, Amerika, Australia atau New Zealand saja. Well, salah besar! Ternyata di Indonesia kamu juga bisa menemukan panorama hamparan “permadani hijau” yang nggak kalah dengan di negara Swiss. Daripada penasaran, yuk buruan kita liat satu per satu!

 

  1. Padang Rumput Savana Ollon Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Photo Credit: @ilhamsyahasan

Kalau kamu berfoto di sini dan mengunggahnya ke social media, pasti teman-temanmu akan mengira kamu sedang liburan mewah ke Pegunungan Alpen. Padahal ini 100% ada di Indonesia lho, tepatnya di Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja! Spot yang satu ini bisa dibilang surga tersembunyi di Sulawesi Selatan, karena belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Pemandangan deretan pegunungan berwarna hijau, lembah, serta sungai yang berkelok-kelok kian menambah kesan bahwa tempat ini ada di benua lain. Amazing!

 

  1. Puru Kambera, Sumba, Nusa Tenggara Timur

Photo Credit: @dynthaar__

Tak banyak tempat di Indonesia di mana kamu bisa menjumpai padang rumput yang sangat luas dengan segerombolan kuda liar yang berlarian atau mencari makan seperti di wild west. Salah satunya ada di Puru Kambera, Sumba Timur. Sebenarnya Puru Kambera, lebih dikenal oleh traveler sebagai suatu nama dari sebuah pantai, yakni Pantai Puru Kambera. Namun, savanna yang terletak di tengah perjalanan menuju lokasi pantai ini juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif bagi kalian yang hendak mengeksplorasi keindahan alam Sumba Timur.

 

  1. Kawah Wurung, Bondowoso, Jawa Timur

Photo Credit: @dwi_indrasari

Terletak tak terlalu jauh dari Kawah Ijen, Kawah Wurung merupakan kawasan perbukitan dengan hamparan padang rumput dengan cerukan yang berbentuk seperti kawah gunung. Ya, hal ini disebabkan karena areal Kawah Wurung merupakan sebuah kaldera yang telah mati, dan lama-kelamaan ditumbuhi berbagai vegetasi yang membuat pemandangannya begitu eksotis seperti di New Zealand.

 

  1. Bukit Teletubbies, Nusa Penida, Bali

Photo Credit: @gungsamira

Pasti kamu bisa menebak kenapa tempat ini dijuluki Bukit Teletubbies. Ya, tak lain dan tak bukan karena bukit yang berada di bagian timur Nusa Penida ini sekilas menyerupai rumah para alien dalam acara TV anak-anak Teletubbies. Gundukan perbukitan Teletubbies yang berjajar satu dengan yang lain ini begitu memikat para pelancong sehingga sering dijadikan lokasi untuk pemotretan foto pre-wedding.

 

  1. Padang Savana Sadengan, Banyuwangi, Jawa Timur

Photo Credit: @alamsyah53_07

Berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Sadengan merupakan padang rumput seluas kurang lebih 80 hektar tempat habitat bagi para satwa liar, seperti banteng, babi hutan, kijang, rusa sampai macan tutul untuk merumput dan mencari makan. Belum lagi berbagai spesies burung. Karena beragamnya satwa liar yang bisa dijumpai di padang rumput ini, banyak orang yang menjulukinya sebagai Afrika-nya Jawa Timur. Dan asyiknya, di sini tersedia spot dan menara pandang untuk menyaksikan satwa-satwa tersebut dari kejauhan.

 

  1. Savana Cikasur, Probolinggo, Jawa Timur

Photo Credit: @kabut_syahdu

Hamparan padang rumput nan dibelah sungai yang indah ini berada tepat di lereng Gunung Argopuro yang berhawa sejuk. Perjalanan untuk menuju ke sini memang menyita waktu dan tenaga, namun begitu kamu melihat pemandangan bak “screensaver” ini di depan mata, dijamin semua rasa lelah dan penat musnah seketika.

 

  1. Savana Lembang, Bandung, Jawa Barat

Photo Credit: @sangga_3393

Sekilas memang padang rumput di Cihideung ini mirip seperti padang savana di New Zealand. Bahkan menurut orang – orang yang pernah mengunjunginya, tempat ini adalah miniatur dari padang savana yang berada di New Zealand sana. Pemandangan alam yang sangat indah seperti di New Zealand pastinya akan membuat siapapun terkesan. Oleh karena itu, ada banyak cara asyik untuk menikmati tempat ini. Jika kamu hobi fotografi, tempat ini bisa jadi best spot untuk hunting foto.

 

  1. Lembah Sumurup, Banjarnegara, Jawa Tengah

Photo Credit: @gslnanda

Padang Savana Gunung Pangonan Dieng merupakan sebuah hamparan padang rumput yang luas dan juga disebut-sebut sebagai Lembah Sumurup, kata sumurup sebenarnya berasal dari Bahasa Inggris yaitu Summer Up yang berarti ketika musim panas fenomena ekstrem di padang savana terjadi, Rerumputan yang tadinya menghijau menjadi kering dan terlihat menyala. Karenanya warga setempat menyebut Padang Savana Dieng sebagai Lembah Sumurup.

 

  1. Pulau Kenawa, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat

Photo Credit: @terwelly

Walau kecil, namun pemandangan alam di pulau tak berpenghuni seluas 13 hektar ini sangatlah indah dengan pantai berpasir putih dan padang rumput hijau yang menyelimuti hampir seluruh daratannya.  Uniknya, di tengah-tengah pulau terdapat bukit yang tidak terlampau tinggi. Hanya butuh 10 menit untuk mendaki sampai ke puncak. Bukit ini seolah menjadi ‘mata’ Pulau Kenawa. Sebab, dari puncaknya, pengunjung bisa leluasa melepas pandangan, menikmati keindahan rumput savana Pulau Kenawa

 

  1. Padang Mengatas, Payakumbuh, Sumatera Barat

Photo Credit: @havilfandi

Sering melihat iklan susu dengan padang rumput yang dipenuhi sapi? Nah, biasanya iklan tersebut syutingnya di Australia. Tapi ternyata pemandangan semacam itu juga bisa ditemukan Ranah Minang lho. Namanya adalah Padang Mengatas atau yang biasa di sebut Padang Mangateh oleh penduduk setempat. Komplek peternakan ini merupakan warisan sejak jaman penjajahan Belanda yang sempat menjadi area perternakan terbesar di Asia Tenggara. Nggak heran kalau di sini ada banyak sapi yang berkeliaran.

Leave a Reply