10 Tempat Makan Kuliner Non-Halal di Bandung yang Enaknya Bikin Ketagihan

Buat mereka yang non-muslim, selain di Bali, Medan atau Menado, mencari kuliner non-halal yang mengandung daging babi adalah tantangan tersendiri.

Sebagai salah satu surga wisata kuliner di tanah air, mencari kuliner non-halal di Bandung pun ternyata gampang-gampang susah. Umumnya yang paling gampang adalah ke daerah Pecinan (kawasan Cibadak dan Jl. Sudirman). Nah, supaya kamu nggak bingung muterin seluruh kota hanya untuk mencari sajian daging babi lezat, kami telah memilihkan 10 di antaranya yang paling mak nyosss….!

 

  1. Bakmie Aloi

Alamat: Jalan Kebon Jati No. 179, Bandung

Photo Credit: @jajelombok

Berbeda dengan kedai bakmie pada umumnya, topping bakmie di Bakmie Aloi terbilang sangat beragam lho. Ada ayam, rica-rica, cincang, jamur, cahsiu, atau kalau mau lebih puas, pilih yang toppingnya campur. Namun salah satu menu yang paling sering bikin orang bolak-balik ke sini adalah Mie Ayam + Bak Cincang. Rasanya yang manis gurih berpadu dengan tekstur mie yang kenyal, serasa pesta di dalam mulut!

 

  1. Nasi Campur 88 Siang-Siang

Alamat: Jalan Cibadak, Bandung

Photo Credit: @ncekkuliner

Saat deretan pertokoan di kawasan Jalan Cibadak mulai tutup, deretan pedagang kulinerpun mulai membuka lapak mereka di depan toko-toko yang tutup tersebut. Jadi kalau mau kulineran di daerah ini, pastikan datang di atas jam 18.00 (Kamis tutup). Salah satu lapak yang paling ramai sampai pengunjungnya antre membludak adalah Nasi Campur 88 Siang Siang. Sajian nasi campur khas Tiongkok ini terkenal akan toping aneka olahan daging babi yang membludak dan sambelnya yang superpedas!

 

  1. Sate Babi Wibisana

Alamat: Sudirman Night & Day Street Food Market, Jl. Jend. Sudirman, Bandung

Photo Credit: @vanchan_diaries

Tak terlalu jauh dari Nasi Campur 88, kamu akan menjumpai sebuah kedai yang selalu ngebul oleh asap namun dipenuhi banyak orang. Ya, itulah Sate Babi Wibisana. Bisa ditebak, menu andalannya adalah sate babi manis yang begitu empuk dan juicy. Saking empuknya rasanya sampai lumer di mulut! Kalau tak terlalu suka rasa manis, kamu bisa menyantapnya dengan sambal matah yang enak banget.

 

  1. Se’i Lelebo

Alamat: Jalan Raya Punclut No. 234, Bandung

Photo Credit: @guyeatsalot

Kawasan Punclut sudah sangat terkenal di kalangan anak muda Bandung untuk nongkrong murmer di malam hari, karena lokasinya yang ada di dataran tinggi dan menawarkan view Kota Bandung yang memukau. Siapa sangka di sini ada satu warung sederhana yang menjual se’i – daging babi panggang khas Kupang, Nusa Tenggara Timur. Ada Se’i babi woku, se’i babi rica, dan sebagainya. Ingin mencoba semuanya? Pesan Se’i Platters aja. Menurut kami, tempat ini bener-bener hidden gem!

 

  1. Tanggo Pork Resto

Alamat: Jalan Taman Cibunut Utara No. 14, Bandung

Photo Credit: @narga_leonardy

Pernah makan Babi Panggang khas Sumatera Utara? Nah di sini ada Babi Panggang Tanggo yang mirip tapi beda. Nah loh! Iya, beda karena disajikan dengan irisan bawang bombay yang membuat tampilannya lebih menarik dan aromanya tambah menggoda. Tak salah rasanya kalau Babi Panggang Tanggo jadi menu andalan di sini. Namun kalau kamu penyuka pedas, maka Nasi Goreng Rica yang disajikan dengan daun kemanginya wajib dicoba.

 

  1. Rumah Makan Gundaling

Alamat: Jalan Bagusrangin III No. 126/50

Photo Credit: @guyeatsalot

Lapo atau Rumah Makan Gundaling ini merupakan tempat makan yang menyajikan aneka kuliner khas Batak Karo. Konon ini adalah salah satu lapo paling hits yang ada di Bandung. Kalau ke sini, maka yang harus dicoba adalah Babi Panggang Karo-nya yang begitu lezat. Aroma asap yang menambah citarasa serta potongan daging yang empuk bener-bener match made in heaven! Selain Babi Panggang Karo, ada juga Sup Babi, Saksang, Ikan Mas Arsik, dan lain-lain.

 

  1. Mie Rica Kejaksaan

Alamat: Jalan Kejaksaan No. 7, Braga, Bandung

Photo Credit: @mgdalenaf

Tempatnya emang sedikit nyempil, tapi kelezatan dan rasa pedas Mie Rica di sini sudah melegenda. Jadi kalau kamu bukan penggemar makanan pedas jangan coba-coba pesan yang satu ini. Pilihan buat yang nggak suka pedas ada Mi Ca Ciang, yaitu mie yamien dengan topping daging cincang mirip Mie Rica namun dengan rasa yang lebih manis asin. Ada pula Mie Casao dan Mie Udang Goreng. Semangkuk nggak bakal cukup deh!

 

  1. KenKen Bigul Kitchen

Alamat: Jl. Karapitan No. 34, Bandung

Photo Credit: @wiwi_hu

Ngidam seporsi babi guling khas Bali? Kini kamu nggak usah terbang jauh-jauh ke Pulau Dewata, cukup ke Bandung saja. Kalau ke sini, pastinya harus coba BiGul alias Babi Guling-nya yang rasanya cukup otentik. Tak hanya BiGul lho yang jadi favorit setiap pengunjung, begitu BaGor alias Babi Goreng-nya juga punya banyak fans. Tempatnya yang luas dan lumayan ngejreng membuat tak ada lagi alasan untuk nggak mampir ke sini.

 

  1. Nasi Samcan Goreng Epenk

Alamat: Jalan Cibadak No.166, Bandung

Photo Credit: @makanmain

Banyak yang setuju kalau samcan alias daging perut babi merupakan bagian terenak dari daging babi. Betapa tidak, daging samcam terkenal begitu empuk karena dilapisi oleh lemak yang gurih dan juicy. Dan di sini, daging samcan tersebut digoreng garing sampai crispy, lalu diiris tipis-tipis. Jangan lupa menikmatinya sambil dicocol ke sambal cuka yang asem, pedes, dan seger. Ngiler, nggak?

 

  1. Angkringan Oink-Oink

Alamat: Jalan Bima No. 5, Bandung

Photo Credit: @lets.go.eat

Angkringan identik dengan sajian nasi kucing dengan aneka lauk pauk seperti oseng-oseng tempe, ikan tongkol, ayam, serta aneka sate-satean (usus, telur puyuh, dan lain-lain). Namun angkringan yang satu ini bukanlah angkringan biasa, karena menu favorit di sini adalah nasi kucing dengan lauk aneka olahan daging babi. Ini baru namanya East meet West… eh, Javanese meet East!

Leave a Reply