Resolusi Tahun Baru 2018 Untuk Kamu yang Hobi Traveling!

Apakah kamu termasuk orang yang suka membuat target ataupun resolusi setiap menjelang pergantian tahun?

Jika hobimu adalah traveling, maka kami telah mengumpulkan beberapa inspirasi resolusi tahun baru yang cocok buat kamu!

 

  1. Liburan ke tempat di luar zona nyaman kamu

Photo Credit: @tatum_is_curious

Sesekali, tak ada salahnya untuk menantang diri sendiri dan mengetahui sampai di mana batas kita – termasuk dalam hal liburan. Bersantai di pantai di Bali atau kulineran di Bandung memang menyenangkan, namun cobalah lakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya karena takut tak sanggup. Mendaki ke puncak Gunung Rinjani, menyelami keindahan bawah laut Wakatobi, atau merasakan sensasi menginap di perkampungan Suku Badui misalnya. Pasti akan jadi momen yang tak terlupakan!

 

  1. Melakukan solo trip

Mengaku traveler tapi belum pernah melakukan solo traveling ke tempat-tempat baru? Nah, inilah momenmu untuk mengetes keberanian dan jiwa petualanganmu. Nggak usah pilih tempat-tempat yang terlalu ekstrem dulu, coba ke tempat yang menarik seperti Lombok, Medan atau Makassar. Jangan takut nyasar, karena itu adalah bagian dari pengalaman.

 

  1. Maksimalkan waktu liburan akhir pekan

Apa kebiasaanmu tiap weekend? Tidur seharian, nge-mall, pergi ke bioskop, nongkrong di café? Mulai sekarang, gunakan waktu liburan singkat tersebut untuk berkunjung ke tempat-tempat yang tak terlalu jauh. Kalau kamu tinggal di Jakarta, bisa coba mengunjungi Cirebon, Sukabumi, atau Purwakarta.

 

  1. Jelajahi sekitarmu

Buat apa selalu muluk-muluk merencanakan liburan ke tempat-tempat yang berada nun jauh di sana. Sudahkah kamu menjelajahi setiap sudut kota tempat kamu tinggal? Pasti kamu akan terkejut mendapatkan begitu banyak hal-hal baru yang kamu dapatkan di sekitarmu yang tak kamu ketahui sebelumnya. Bisa ke museum-museum, gedung-gedung bersejarah, taman kota, dan sebagainya. Plus, liburan model gini nggak perlu budget mahal!

 

  1. Bangun lebih awal dan sambut matahari pagi

Photo Credit: @robbypurba

Pasti nggak ada yang suka dipaksa bangun pagi saat liburan. Padahal, menyaksikan momen matahari terbit di pagi hari merupakan pengalaman yang teramat luar biasa. Inilah saat di mana kamu bisa mensyukuri nikmat Tuhan atas keindahan alam yang spektakuler. Cobalah ke Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta saat pagi hari untuk melihat lautan awan, atau ke Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo untuk menyambut semburat warna keemasan membelah langit. Priceless!

 

  1. Puasa gadget saat liburan

Seberapa sering kamu memeriksa email dan sosial media dalam sehari? Seberapa sulitkah bagimu untuk meninggalkan ponsel di rumah atau di kamar hotel saat bepergian? Nah, di tahun 2018 ini cobalah menikmati liburan dan tempat-tempat indah secara maksimal tanpa distraksi gadget. Kalau mau update-update foto atau status, nanti saja sekembalinya kamu ke hotel. Percaya deh, it’s totally worth it!

 

  1. Cobalah lebih impulsif

Kalau biasanya kamu selalu merencanakan liburan jauh-jauh hari, di tahun 2018 ini cobalah untuk menjadi lebih spontan dan impulsif. Jangan biarkan diri terpaku pada itinerary dan ikuti saja ke mana kakimu melangkah. Seorang teman tiba-tiba mengajak traveling bareng ke Pulau Sumba dua hari lagi? Siapa takut. Terima saja ajakannya! Eits, asal kamu nggak sampai bolos kerja atau sekolah ya.

 

  1. Kenali setiap daerah di Indonesia dan dunia

Dapatkah kamu menyebutkan nama-nama seluruh ibukota provinsi yang ada di Indonesia? Bagaimana dengan ibukota negara-negara di Eropa? Kalau nggak bisa, maka tahun 2018 perdalam lagi kemampuan geografimu. Pasang peta dunia di dinding kamar. Siapa tahu ilmu tersebut bisa menjadi inspirasi untuk bepergian ke tempat-tempat tersebut.

 

  1. Menabung lebih banyak

Untuk traveling dibutuhkan dana yang nggak sedikit, terutama bila kamu mau bepergian ke tempat-tempat yang jauh. Kalau selama ini impian kamu liburan ke Turki selalu mentok di dompet, di tahun 2018 ini kelolalah keuanganmu dengan lebih baik. Bisa dengan menabung lebih giat, mencari pekerjaan sampingan, mengurangi kebiasaan konsumtif, berhenti merokok dan gunakan uangnya untuk ditabung!, minta kenaikan gaji kepada atasan, belajar masak sendiri dan nggak melulu jajan di luar, dan banyak lagi. Siapa tahu nanti kamu bisa merayakan Tahun Baru 2019 di Istanbul!

 

  1. Bikin/upgrade paspor kamu jadi E-Paspor

Photo Credit: @salvatorian18

Banyak yang beranggapan, buat apa repot-repot ngurus E-Paspor kalau masa berlaku paspor kamu belum habis. Eits, jangan salah… Memiliki E-Paspor atau paspor elektronik itu sangat menguntungkan, lho. Diantaranya: a) khusus di Jakarta dan Bali, pemegang E-paspor nggak perlu ngantre di pintu pemeriksaan imigrasi, namun dapat langsung menuju autogate di bagian penerbangan internasional. Kalau sering ke luar negeri bermanfaat banget nih! b) Pemegang E-paspor dapat mengunjungi Jepang selama 15 hari tanpa harus repot mengurus dan membayar visa, cukup mendaftarkan E-paspormu saja sebelum keberangkatan. Tunggu apa lagi, sekarang prosesnya cepat dan mudah kok!

 

Leave a Reply