Destinasi Wisata Alam Keren di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi di Tahun 2018!

Dengan wilayah yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menyimpan banyak potensi keindahan alam yang tak pernah habis untuk digali dan dikunjungi.

Dari sekian banyak pilihan tempat wisata yang ada di seluruh Indonesia tersebut, mungkin hanya sebagian kecil saja yang pernah kamu kunjungi – dan biasanya itu-itu saja. Oleh karena itu, untuk menginspirasimu agar mau mengeksplorasi Indonesia lebih jauh lagi, buatlah resolusi untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu datangi.

Bingung mau mulai dari mana? Inilah beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata di Indonesia yang perlu kamu masukkan dalam bucket list tahun 2018!

 

  1. Pulau Keluang, Aceh

Photo Credit: @agusfernando

Dengan pasir putih di salah satu sisi pulau ditambah dengan tebing batu kokoh akan membuat keindahan pulau ini memanjakan matamu. Keindahan di Pulau keluang tidak sampai di situ saja karena tempat ini memiliki perairan yang sangat jernih yang tentu akan memberikan pemandangan bawah laut yang cukup mengesankan. Ditambah dengan gua kelelawar yang cukup menantang untuk dijelajahi akan membuat kamu semakin jatuh cinta.

 

  1. Bukit Takuruang, Sumatera Barat

Photo Credit: @mindc.great

Berada di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat, bukit ini terletak di tengah hamparan sawah sehingga dinamakan Bukit Takuruang. Nama “Bukit Takuruang” sendiri jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah “bukit terkurung”. Di sekitar bukit ini juga terdapat aliran sungai yang tidak begitu deras. Pemandangan alam asri yang masih hijau dan berkesan purba, suasana di sini sekilas mengingatkan kita akan setting film Jurassic Park!

 

  1. Air Terjun Kapas Biru, Lumajang, Jawa Timur

Photo Credit: @billyruanda

Air terjun Kapas Biru adalah sebuah air terjun tunggal yang terletak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Kecamatan Pronojiwo ini berada di Lumajang. Berbatasan dengan Kecamatan Ampelgading yang masuk Kabupaten Malang. Dinamakan kapas biru karena air dari air terjun ini berwarna putih jernih, namun jika diperhatikan dengan seksama, terdapat warna biru di bagian sisi air yang jatuh. Cantik, kan!

 

  1. Air Terjun Tanggedu, Pulau Sumba, NTT

Photo Credit: @amazingsumba10

Air Terjun Tanggedu di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang merupakan tempat rekreasi baru bagi warga Kabupaten Sumba Timur. Air terjun ini memiliki julukan Grand Canyon-nya Sumba Timur atau Twin Canyon, karena tebing-tebing batu dan aliran airnya yang begitu memukau. Enggak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Tanggedu mengalir dari tebing bebatuan yang rendah. Relief-relief tebing yang alami dan unik bisa menjadi latar yang kece saat kamu mengambil foto dari bawah tebing. Belum lagi aliran airnya yang jernih berwana biru kehijauan akan menjadi tambahan spot-spot foto di kawasan air terjun ini.

 

  1. Wisata Ollon, Toraja, Sulawesi Selatan

Photo Credit: @areanusantara

Bukit bernama Ollon ini terletak di Bua Kayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Kabupaten Toraja. Kawasan wisata itu dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau nan asri. Saking indahnya, sebagian warga menyebut lokasi itu sebagai The Lost Paradise karena lokasinya yang berada di pedalaman Toraja. Butuh kerja keras untuk mencapai Ollon, perlu waktu sekitar dua jam lebih dengan menggunakan sepeda motor dari Makale, ibu kota Kabupaten Toraja. Namun perjalanan melelahkan itu, tak akan terasa karena di sepanjang jalan ada deretan pegunungan yang menakjubkan.

 

  1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Photo Credit: @muhammadyoke

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Mengapa dinamakan Labuan Cermin? Ini dikarenakan Labuan Cermin memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang akan terasa bila kita mengecap air dari permukaan danau, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul.

 

  1. Pulau Bair, Maluku

Photo Credit: @pepsgultom

Pulau yang menyuguhkan air laut yang masih sangat jernih dengan warnanya yang biru kehijauan ini memang sangat indah sekali. Makanya, kamu pun harus sempatkan diri untuk mengunjungi Pulau Bair! Tak hanya pesisir pantainya yang indah, pulau ini memiliki berbagai macam jenis mangrove dan banyaknya tebing-tebing dengan bebatuan yang tinggi yang menjadikan daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau kebanyakan di sekitarnya.

 

  1. Pulau Sombori, Sulawesi Tengah

Photo Credit: @thomas_fernando

Meskipun tergolong tempat wisata baru, namun Pulau Sombori sudah digadang-gadang sebagai tempat wisata populer di masa depan. Soalnya, Pulau Sombori nggak kalah indah dengan Raja Ampat. Keindahan Pulau Sombori terlihat dari gugusan pulau-pulau karang yang indah. Di sekitarnya banyak tebing karang yang tinggi, sehingga membuatnya tampak begitu eksotik. Ombak-ombak kecil yang menyisir tebing seolah-olah menyambut datangnya pengunjung. Dengan luas yang nggak kalah jauh dari Raja Ampat, tentu aja Pulau Sombori bisa dijadikan tempat yang pas untuk snorkeling dan diving.

 

  1. Terasering Panyaweuyan Argapura, Majalengka, Jawa Barat

Photo Credit: @hens4m

Ladang menghijau yang berkelok dan tersusun rapi menjadi buruan para traveller yang berkunjung ke sini. Berada di ketinggian, menjadi spot argowisata ini sebagai titik yang pas untuk menyambut matahari terbit. Datanglah sebelum jam setengah 6 pagi, kamu akan menyaksikan kemolekan panorama syahdu pagi hari yang diselimuti kabut putih seperti kapas yang berarak-arakan di balik terasering.

 

  1. Danau Sentani, Papua

Photo Credit: @adithazmara

Apabila tengah berkunjung ke ibukota Papua di Jayapura, pandangan pasti akan tertahan pada Danau Sentani. Sebelum tiba di Jayapura, Danau Sentani akan menyambutmu. Keheningan air yang menenangkan menimbulkan kesan seolah kita sedang berada di alam lain. Areanya meliputi Pegunungan Cyclops ke utara dan vegetasi yang subur sebagai latar belakangnya. Ada beberapa desa dan pulau yang bisa kamu kunjungi di sekitarnya, dan masing-masing keunikannya tersendiri.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply