5 Restoran Halal di Bali yang Nggak Bikin Kantong Bolong

Bagi umat Muslim, salah satu tantangan terbesar saat liburan ke Bali adalah urusan perut. Ya, sebagai destinasi wisata berkaliber internasional dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, mencari tempat makan yang benar-benar halal (selain restoran Padang!) bukan perkara mudah. Dan perjuangan itu akan terasa lebih berat ketika kita mencari tempat makan halal yang sekaligus ramah di kantong.

Kamu nggak perlu khawatir lagi, karena kami telah memilihkan beberapa di antaranya. Tinggal pilih saja mau coba yang mana!

  1. THE HALAL BOYS BALI

Alamat: Jl. Petitenget No. 8M, Kerobokan, Bali

Kisaran Harga: Rp55 ribu

Website

Photo source: www.kintamani.id

Dari namanya saja sudah ketebak kalau tempat makan yang satu ini hanya menyediakan menu yang benar-benar halal! The Halal Boys ini asalnya memang dari New York, namun mereka hanya menyajikan menu khas Timur Tengah dengan konsep ala food truck yang “kekininan”.

Photo source: @thehalalboys

Kamu bebas memilih mau menggunakan daging ayam atau domba atau mengombinasikan dua-duanya sekaligus! Lalu disajikan dengan nasi dan pilihan saus spesial berwarna putih atau merah. Selain menu nasi, baru-baru ini mereka juga menghadirkan menu Lamb Kebab yang menggiurkan!

 

2. NASI AYAM KEDEWATAN IBU MANGKU

Alamat: Jalan Raya Kedewatan No. 18, Ubud / Jalan Tukad Badung No. 3, Renon, Denpasar / Jalan Kayu Jati No. 12 Seminyak

Kisaran Harga: Rp25 ribu

Photo source: @chya_nur

Kata siapa semua nasi campur Bali itu tidak halal? Kalau nggak percaya, coba saja ke Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Uniknya, di sini kamu hanya akan menemukan satu jenis menu saja, yaitu seporsi nasi yang dilengkapi lauk pauk berupa sate khas Bali, ayam berbumbu, telur rebus, sayuran, dan kacang goreng. Soal rasa? Tak perlu diragukan lagi!

Photo source: @junkwisnu_

Saking populernya, kini Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku sudah memiliki tiga cabang, yaitu di Ubud, Seminyak dan Denpasar. Tapi kalau kamu mau mencoba yang aslinya, ya harus pergi ke Ubud. Pokoknya must-try banget deh!

 

3. NASI PEDAS IBU ANDIKA

Alamat: Jalan Raya Kuta No.100X, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Kisaran Harga: Mulai dari Rp15 ribu

Photo source: @eatlahjkt

Jangan ngaku pecinta makanan pedas kalau belum mencoba seporsi nasi dan aneka lauk pauk yang ada di tempat makan yang satu ini! Tempatnya memang sederhana, seperti warung nasi biasa, namun popularitasnya tak bisa dipungkiri lagi. Malah di jam-jam tertentu antreannya luar biasa. Katanya, belum ke Bali kalau belum mencoba Nasi Pedas Bu Andika.

Photo source: @veboluz

Kamu bebas memilih lauk pauk apa saja yang tersedia (tapi jangan lupa bayar ya!). Ada aneka olahan ayam maupun kulit ayam yang diberi bumbu pedas, serta bermacam-macam pilihan sayuran dan menu pendamping lain yang semuanya juga so pasti membakar lidah. Berani, nggak?

 

4. NASI PECEL BU TINUK

Alamat: Jalan Raya Kuta (di samping apotik Kimia Farma), Kabupaten Badung, Bali

Kisaran Harga: Mulai dari Rp25 ribu

Photo source: @hobijajan

Setelah puas jajan dan ngemil di sana-sini, jangan lupa makan sayur. Nah, di Nasi Pecel Bu Tinuk ini menu andalannya adalah seporsi nasi pecel dengan berbagai sayuran yang diguyur saus kacang nan gurih, pedas, manis, lalu disajikan dengan tempe goreng dan rempeyek yang kriuk banget!

Photo source: @tiya_my

Nggak mau makan sayur saja? Tenang, di restoran khas Jawa ini juga menyediakan menu-menu lain seperti ayam goreng, empal, terong balado, sop buntut, dan masih banyak lagi. Soal kehalalan tak nggak perlu ditanyakan lagi, lihat saja logo halal yang terlihat begitu kamu datang ke sini.

 

5. PAWON PASUNDAN

Alamat: Jalan Raya Kuta (di samping apotik Kimia Farma), Kabupaten Badung, Bali

Kisaran Harga: Mulai dari Rp35 ribu

Website

Photo source: @herudwisoesilo

Nggak ada salahnya kok jalan-jalan ke Bali tapi menikmati makanan Sunda. Yang penting kan halal, enak, dan sudah pasti terjangkau! Kalau berbicara soal restoran Sunda, maka yang nggak boleh kelewatan adalah nasi timbel dan sambelnya yang bener-bener menggoda. Pilihan lauknya juga ada banyak dari ikan, ayam, sampai daging.

Photo source: Pawon Pasundan

Kalau mau mencoba menu spesial di sini, pesan saja paket istimewa yang terdiri dari nasi timbel, pepes ayam, lotek, lalapan, sambal, ikan asin dan juga tahu tempe yang semuanya disuguhkan di sebuah wadah anyaman yang unik. Selain makanannya, tempatnya juga adem lho buat kumpul-kumpul keluarga. Bahkan bisa sambil lesehan di saung samping kolam.

Leave a Reply